Pengikut

Stres, Login Sebagai Admin di Wordpress Tanpa Dasbor

Tidak mudah lagi di Wordpress. Ini bukan berita resmi dari penyedia layanan wordpress, hanya terbatas pengalaman pribadi. Penyebabnya karena hal remeh. Bisa masuk atau log in sebagai admin, namun yang kita temui hanya laman berupa laman depan website tanpa ada kemampuan untuk sekedar posting artikel. Ini sebenarnya apa penyebabnya ya? Sudah beberapa kali log in, ini terutama di web dengan hosting wordpress pribadi, di beberapa alamat situs berbeda, tapi tetap saja tidak bisa update artikel. Begitu juga dengan kemampuan lainnya.


Artinya kita log-in tanpa benar-benar hanya sebatas log-in. Kesel bener kan? Untuk web yang memiliki user berbeda dengan level kemampuan beraneka pula, hasilnya bisa beda tipis. Disatu web, user dengan level editor berhasil ketemu dasbor, namun justru di web lain, dengan level admin malah tak ada link ke dasbor.

Dari beberapa kejadian serupa, penyebab kita tidak berhasil mengakses ke dasbor wordpress antara lain karena :
Setelah update versi wordpress beberapa file inti tidak terbawa update
Bermasalah dengan beberapa plugin yang terpasang
Kita mengarahkannya ke https:// lalu akan terus berputar-putar hingga pesan kesalahan muncul
Mungkin ada file yang ternyata telah berubah dalam hostingan yang sama
WordPress kita terjangkit malware

Untuk mengakalinya, biasanya saya masuk via phpmyadmin. Untuk keperluan mengganti level user menjadi admin, karena dia yang bisa melakukan hampir semua yang bisa dilakukan, dan satu lagi nih. Mengganti kemampuan alias capabilities. Jadi role dan capabilities menjadi penentu utama untuk mendapatkan akses ke dasbor secara penuh.

Untuk itu, masuk ke database wordpress kita melalui phpmyadmin. Setelah itu kita menuju tabel wp_usermeta, kemudian sesuaikan user dengan beberapa field di bawahnya, saat mencapai kolom wp_capabilities, isikan dengan a:1:{s:13:"administrator";b:1;}. Ingat, level administrator harus disejajarkan dengan angka 13.


Coba ya~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer