Pengikut

16 Juni 2006

HTML : Read More on Internet Explorer

Untuk mencoba membuktikan kebenaran berita perihal artikel "Read More" yang tidak muncul di browser Internet Explorer (IE) versi 6.x seperti di blognya mbak Hanan sengaja saya menuliskan beberapa kalimat di artikel di bawah untuk mengujinya.

Hasilnya, kata-kata "baca lengkapnya" yang mestinya muncul, mendadak hilang di IE.Sangat berbeda hasilnya dengan browser lainnya .Baik di Opera,Firefox maupun Netscape.Untuk itu saya mencoba mengakalinya dengan tambahan tag HTML biasa untuk menggantikan kata-kata "baca lengkapnya" agar bisa dimunculkan di IE.

Hal yang pertama adalah mengganti kata-kata "baca lengkapnya" dengan "lengkapnya" saja.Ini dilakukan dibagian CSS dibawah <$BlogItemBody$>. Atau secara lengkapnya :


<a class="more" href="<$BlogItemPermalinkUrl$>"title="baca lebih lengkap..."> lengkapnya</a>


Selanjutnya saat kita menulis artikel, kita bisa menambahkan tag HTML tautan, seperti <a href="URL"> baca </a> di depan <span class="fullpost">.URL ini akan kita ganti nanti pada saat artikel kita telah dipublish.(Mengingat tag <$BlogItemPermalinkUrl$> tak mungkin untuk disatukan dengan postingan/artikel.)Ok, skarang kita cari cara untuk mendapatkan alamat URL itu.

Setelah dipublish dan kita melihat halaman depan blog kita, bagi pengguna browser selain IE kita akan menemukannya dari tautan saat kita mendekatkan mouse kita di tautan "lengkapnya".Kita bisa mengkopi alamat URL ini.Atau cara kedua, bagi pengguna IE kita bisa melihatnya di "Recent Post" dibagian Sidebar blog kita.Copy alamat URL yang muncul paling atas.

Selanjutnya kita edit artikel kita dengan cara menekan tomobol Back atau menekan tombol "Edit Post" bergambar pensil (bagi yang mengaktifkannya).Langkah terakhir adalah mem-paste alamat URL tadi untuk menggantikan tulisan URL pada <a href="URL">.

Hasilnya?

Bagi pengguna non-IE akan mendapatkan kata-kata "baca selanjutnya".
Bagi pengguna IE hanya akan mendapatkan kata "baca".
Dimana keduanya merujuk ke halaman yang sama.Pengunjung mungkin hanya kecewa karena pada saat melihat artikel keseluruhan, terselip kata "baca" di dalamnya.Berharap saja pembacanya tidak menyadari kesengajaan munculnya 4 huruf ini ;) atau kita bisa mengganti "baca" dengan "->" agar tidak mengganggu artikel keseluruhan.