Pengikut

Web : Add URL to Yahoo and Google

Setelah kita memiliki blog tentu yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengelola dan mempublikasinya. Mengelola berarti selalu melakukan pengkinian (updating) akan isi blog. Sedang mempublikasikan berada pada jalur menyebarkannya seluas mungkin agar banyak yang mengenal blog yang kita miliki.

Maka tak heran bila pertanyaan awal yang sering diajukan blogger pemula yang sadar akan pentingnya blog terindeks oleh mesin pencari adalah "bagaimana cara mendaftar ke Google/Yahoo?". Kedua mesin pencari yang disebut barusan adalah situs pencari rujukan paling terkemuka. Tentu banyak yang sudah memanfaatkan mesin pencari Google dan Yahoo kan? tentu pula sadar akan ampuhnya kemampuan mereka untuk menunjang publikasi blog yang lebih luas.

Nah, bila setuju untuk melakukan pendaftaran ke mesin pencari tadi, berikut cara yang bisa kita tempuh :

1. Mendaftar ke Google.
Buka alamat tautan berikut : http://www.google.com/addurl/
Masukan alamat URL, kata kunci (pada kolom Comments) dan masukan rangkain huruf untuk verifikasi. Terakhir klik tombol Add URL.

2. Mendaftar ke Yahoo.
Buka alamat berikut : https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit
Namun persyaratannya untuk mendaftar ke Yahoo adalah kita harus memiliki akun Yahoo. Maka bila kita akan membuka alamat diatas akan diminta untuk masuk log (log in) terlebih dahulu.
Masukan alamat URL blog pada kolom seperti tertayang berikut :
.

OK, selamat!, kini blognya menjadi semakin dikenal luas :).

Tag : add url google, memasukan url ke search engine, mendaftar ke mesin pencari, add to google, add to yahoo, agar blog muncul di google atau yahoo, addurl google indonesia.
Add to Technorati Favorites

181 komentar:

  1. ass wr wb kumaha damang kang..baru kali ini mampir lagi sibuk deh..biasa ngurus anak hehehe...postingan ini kan yang pernah aku tanyain ya kang.....makasih ya semua infonya udah aku coba semuanya...terus semangat !!!!

    BalasHapus
  2. Anonim11:09 AM

    Wah, kayaknya kalau memakai cara seperti itu, belum tentu dalam 1 -2 bulan terindex. Sebenarnya kalau kita ngeblog di blogger, ndak perlu melakukan itupun blog kita sudah terindex kok. Mungkin hanya butuh beberapa hari saja. Kalau mau lebih cepat contact webmaster yang PRnya 6 atau 7, dijamin hanya 2-3 hari udah terindex

    BalasHapus
  3. pro belajar wordpress : tulisan ini memang untuk membantu para blogger yang ingin terindeks ke mesin pencari, soal efektifitas tentu tak ada jaminan dalam berapa hari blognya terindeks, namun ini sangat berguna bagi blogger yang lupa mengaktifkan pilihan publikasi dalam setingan dasbornya. Ingin cepat terindeks menghubungi webmaster dengan PR 6 / 7? wah hubungi saja http://agushery.blogspot.com :D

    BalasHapus
  4. thanks banget atas info ini...sgt membantu

    BalasHapus
  5. Mo tanya bang, kenapa blog saya lama amat ya masuk ke google?

    BalasHapus
  6. memang tak ada ukuran pasti jangka waktu yang dibutuhkan untuk masuk ke mesin pencari. ini lebih cenderung ke ilmu SEO. namun selama pengaturan dalam dasbord kita memang sudah dibuka untuk mengijinkan Googlebot masuk, maka peluangnya menjadi lebih besar. dan lagi, sering- seringlah posting :)

    BalasHapus
  7. mas akhirnya saya udah buat blog,
    dan udah tak coba publikasikan ke google dan yahoo. tapi masih banyak yg harus dilakukan karena masih terlalu sederhana dan belum banyak postingnya. makasih bukunya, sangat bermanfaat.
    blog saya http://radick1175.blogspot.com
    tolong dilihat blog saya, saya tunggu sarannya

    BalasHapus
  8. halo mas radick....selamat datang di dunia blogger!
    saya sudah mampir ke blognya, tertanggal 24 desemver menulis blognya.

    ternyata mudah kan memiliki blog? agar tak sesederhana ini, bisa juga gunakan fitur yang ada, gunakan html seperti yang ada di buku untuk edit css atau pasang header misalnya.

    sukses ya!

    BalasHapus
  9. Matursuwun bimbingannya, sekarang blog i sudah di add yahoo ma google

    BalasHapus
  10. mas, gimana sich caranya supaya blog bisa urutan atas dalam mesin pencarian? thanx ya.

    BalasHapus
  11. untuk muncul di urutan teratas, kita perlu tahu optimalisasi mesin pencari, atau biasa dikenal dengan istilah SEO. biasanya yang memiliki page ranking lebih tinggi akan dimunculkan dihalaman muka atau teratas. triknya beberapa ditulis di blog ini (kategori SEO)...silakan dibaca baca dulu ya....

    BalasHapus
  12. Anonim3:09 AM

    mas salam kenal saya hikmah gini mas saya sudah ikuti saran mas saya punya blog sebelumnya dengan alamat hikmahgumelar.blogspot.com saya sudah add di google dan yahoo selang beberapa hari saya rubah alamatnya di setingannya saya rubah menjadi pojok-teknologi.blogspot.com setelah itu saa ulangi untuk add alamat yg baru tapi setelah saya tes yang muncul tetap alamat yg sebelumnya hikmahgumelar.blgspot.com padahal alamat itu sudah tidak ada saya coba berulang-ulang tetap sama dan alamat yang baru tidak muncul sama sekali kira-kira kenapa yah mas tolong bimbinganya dan tolong saran atas blog saya

    BalasHapus
  13. boleh saya tahu endingnya mendaftarkan untuk pojok-teknologi? apakah sudah berhasil diterima? dan juga tes yang dimaksud, tes dimana? karena saat saya tes tanggal 10 agustus ini, alamat http://hikmahgumelar.blogspot.com/ masih bisa diakses...demikian...

    BalasHapus
  14. Anonim7:58 PM

    memang kalo di search engine hikmahgumelar.blogspot.com memang masih ada tapi klo di akses halamannya tidak bisa ,mendaftarkan pojok-teknologi endingnya berhasil diterima ,yg di maksud tes saya coba masukan keyword judul postingan saya yg muncul bukannya pojok-teknologi.blogspot.com melainkan hikmahgumelar.blogspot.com

    BalasHapus
  15. Pernah coba mengetikan sendiri alamat hikmahgumelar.blogspot? munculkah tulisan "Texas Pay Day Law"? ada kemungkinan setelah diremove, dan nama ni statusnya jadi available, dia diambil orang luar nih....
    sedang bila googling masih ke yang lama? ini karena alamat lamanya sudah aktif (meski misalnya dipakai orang lain).

    BalasHapus
  16. Mau tanya Bro,
    kenapa blog saya yang http://tuxlaptop.blogspot.com udah bisa dengan keyword site:tuxlaptop.blogspot.com sedangkan untuk yang satunya, dengan perintah site:ubuntugenic.blogspot.com tidak ditemukan apapun.

    Semuanya udah kudaftarkan.

    Salahnya dimana?

    BalasHapus
  17. coba sekali lagi,karena untuk googling dengan keyword "ubuntugenic.blogspot"beberapa menampilkan link ke blognya.
    hanya butuh waktu nih, silakan dicoba ya...

    BalasHapus
  18. mas tolong kunjungi blog saya
    www.someexp.blogspot.com, tolong beri komentar donk.oiy, blog saya blm msk SEO, apakah memank prosesnya lama y??

    BalasHapus
  19. blognya sudah bisa ditemukan di google,coba gunakan kata kunci "someexp blogspot". malah ada di urutan pertama dgn kata kunci diatas.

    BalasHapus
  20. Anonim5:00 PM

    duh.. ternyata kalo mau ada di urutan atas pake yg gratisan susah jg boss, kuncinya kerja keras dan ujung2nya duit deh..hehehehe

    BalasHapus
  21. Anonim2:26 AM

    halo mas, saya juga da punya blog ni yaitu http://www.ceritajambi.blogspot.com
    baru beberapa hari saya buat eh langsung nongol dipaman google

    BalasHapus
  22. alhamdulillah...selamat ya miko....
    kalo dah gini, mesti rajin2 tuh posting, biar makin sering keindek, kan makin asik tuh kalo bisa dapat banyak pengunjung gratis dari google :D

    BalasHapus
  23. Anonim8:39 AM

    ikut nyumbang blog saya ya mas.... makluum baru kenal blog minggu lalu...
    http://maincurang.blogspot.com buat yg suka game,silahkan donlot... :)

    BalasHapus
  24. Anonim11:24 PM

    mas, apa blog nya FS bisa di masukin google? ato saya harus bikin via blogspot? masih baru mengenal dunia blog mas...harap maklum...belum ada isi yang bermanfaat blog nya...^^

    BalasHapus
  25. kalo pertanyaan bisa apa engga, jelas bisa, dan boleh2 saja.
    karena hasil pencarian google juga ada yg merujuk ke halaman blog fs.

    BalasHapus
  26. Anonim2:12 PM

    halo mas saya newbie nih ,iya mas saya blog saya ga bisa ditemukan di om google dan yahoo padahal saya sudah daftar.ada cara lain lagi ga mas yang bisa di coba. trims sebelumnya.

    BalasHapus
  27. coba salin satu kalimat dr postingan yang lama, ketikan di mesin pencari google, bila masih tak muncul,ketikan alamat blognya...

    BalasHapus
  28. Anonim10:13 AM

    thanks...thanks......

    itu sangat membantu

    BalasHapus
  29. Anonim5:12 PM

    nuhun kang informasina, nepangkeun sim kuring pun andri hasan, presenter bewara bandung pjtv, saya coba, ternyata berhasil yang telah akan sarankan.

    BalasHapus
  30. Terima kasih, tulisanya sangat bermanfaat bagi saya, salam kenal...

    BalasHapus
  31. wah...mksih kang atas tutorialnya...,saya akan coba. dan kalau misalnya mendaftar almt url kita berulang-ulang boleh ga ya ? sama si google or yahoo

    BalasHapus
  32. tanya donk mas
    gini saya sudah add di google maupun di yahoo, tapi di minta untuk verifikasi dengan cara add HTML atau META file, nah bagaimana cara ngeaddnya? saya sudah coba, tapi masalahnya page sourcenya gk bisa di edit, kl pun bisa di edit, saya gk bisa mengupdate page source yang ada di blog saya

    thanks ya

    BalasHapus
  33. tips sederhana tapi penyampaiannya execellent, enak dibaca. penting buat pemula.

    BalasHapus
  34. Saya mau add url blog saya di yahoo. Apa memang harus bayar? Klo yang gratisan apa saja ya?
    http://pambiworo.blogspot.com

    BalasHapus
  35. Kalo ngikutin link yang di atas masih gratis, jadi saat kita masukin alamat URLnya, ada tulisan submit for free, silakan dilanjutkan.

    BalasHapus
  36. salam kenal kang dan semuanya saya baru belajar bikin blog nih, jadi mohon masukkannya ya.
    blog saya http://sejukembunpagi.blogspot.com (masih sederhana). makasih atas tulisan2nya....

    BalasHapus
  37. Anonim12:59 AM

    salam kenal dari Jawa nih... sekalian numpang lewat dan mohon kritik /saran...

    monggo dikoreksi blog saya kang...:
    http://uangmengalirsaldomembengkak.blogspot.com

    sekalian klo tertarik dengan artikel saya bisa dijalankan..

    sementara ini blog saya nongol di mbah google pada urutan bongkot (hampir akhir).. gmn yach solusi nya biar trafic nya kenceng???

    thank's

    e-mail / YM: ciwor_bus@yahoo.co.id

    BalasHapus
  38. matur nuwun atas ilmunya. tapi saya dah submit ke google addurl, kok belum muncul di search,walau dengan kata kunci lengkap ya?
    kunjungi blog saya di akhsubkhan.blogspot.com
    atau di faza-pulsa.com ya
    tengkyu

    BalasHapus
  39. baru daftarnya kali ya? coba nanti ketikan site:http://akhsubkhan.blogspot.com, coba aja bsok, moga mulai ketemu di google ya!

    BalasHapus
  40. Halo mas,sy newbie nh.. Kunjungin blog bru aq y.. Skalian Minta tolong donx gmn spy blog sy cpt trindex di search engine.. Dah mw prustasi nih.. Blog aq=uang-masuk-bisnis.blogspot.com

    BalasHapus
  41. trimaksih infonya coba lihat blogkku yang sudah di add url hasilnya seperti ini www.herbaqu.co.cc

    BalasHapus
  42. mas salam kenal,mau numpang tanya nih...pertama saya buat blog dan di daftarkan ke google bisa langsung beberapa jam masuk dan terdaftar,abis itu saya ubah nama URLnya nah jadi kaga masuk2 tuh padahal udah di add URL apa ada yg salah ya?
    makasih

    BalasHapus
  43. http://geraiparabola.blogspot.com

    kok saya lupa ya cara ngedaftarin blog saya di google.....

    BalasHapus
  44. nyimpen jejak kang buat blog nu dihandap ieu

    http://downloadsoftwareman.blogspot.com/
    http://making-money-man.blogspot.com/2009/02/freelance-writers.html

    BalasHapus
  45. Anonim11:20 AM

    Terima kasih atas infonya!

    BalasHapus
  46. mas koment ke blog aku dong?
    tripeljicloth.blogspot.com
    daftar ke yahoo ko ribet ya mas?
    ajarin dong?

    BalasHapus
  47. Gw Sekarang pengangguran tapi ada hasilnya gw sekarang punya website...Yeahhhh......dilihat ya bagus ga....http://www.konsultan-arsitektur.com/

    BalasHapus
  48. cara paste kode mt-tagx dimana ? sampe skrg blog aku blm bisa kbc juga, knp ya ? mhn infox and thank

    BalasHapus
  49. Anonim4:36 PM

    waduh mas,, keren ya.. :D

    BalasHapus
  50. Mantap oom infonya.
    tapi klo cara pasang widget nya gimana yah oom
    mohon petunjuk ke :
    http://globalartikrl.blogspot.com

    BalasHapus
  51. pasang widget apa nih kalo boleh lebih jelas?

    BalasHapus
  52. makasih atas artikelnya,
    menurut saya itu sangat membantu..

    kalau ada waktu kunjungi juga bloggku

    dsilent.blogspot.com

    BalasHapus
  53. Mantabs nih blog-nya....
    Helping banget

    Sukses yaaa,salam buat para blogger sejati

    maen atuh kang ke blog saya, di

    http://solusibuatpasutri.blogspot.com/

    BalasHapus
  54. Anonim4:09 AM

    ga ada ruginya di coba.Mau tanya juga nih,apakah peran bookmark social juga berpengaruh untuk SEO blog kita?
    berkunjung ke blog saya mas.Mohon saran dan kritiknya

    BalasHapus
  55. Anonim6:35 PM

    Artikel di blog atau web memang harus dipromosikan supaya orang lain mengetahui apa yang kita tulis, kalau tidak buat apa di onlinekan

    BalasHapus
  56. Anonim12:51 PM

    salam kenal

    thanks atas infonya...

    jangan lupa mampir ke blog saya...

    andhikaokoj.wordpress.com

    BalasHapus
  57. niatnya mau add url di google dan yahoo, eh taunya ada penjelasannya. (saya sampe di blog ini lewat google).. saya pasang bannernya di blogroll saya. terima kasih (www.blogsohib.com)

    BalasHapus
  58. makasih blogsohib!

    BalasHapus
  59. Terimakasih atas tipsnya...moga2 aka webku juga bisa dikenal ma search engine and traficnya naek..

    BalasHapus
  60. Ths ya sob atas share nya :D

    BalasHapus
  61. sama-sama admin dan affandy....

    BalasHapus
  62. Anonim12:33 PM

    thank you very much

    BalasHapus
  63. Anonim2:28 AM

    mas :) dan para blogger mania . .. liat2 donk blog saya
    bettabitte.blogspot.com
    ...mohon tips dan saran2 nya
    makasih . ..

    BalasHapus
  64. Wah sebenarnya ini tulisan siapa to? kok saya kunjungi ke beberapa blog sama persis tulisannya tanpa mengubah susunan kata??? but terlepas dari itu tulisannya sangat membantu saya sebagai blogger junior. O...iya bagi pecinta game PC, utak-atik PC, overclocking PC semuanya tentang PC silahkan mampir ke http://gmc2009.blogspot.com/ ditunggu.......

    BalasHapus
  65. Kalo tulisannya sama persis, pasti ngambil dari sini, bisa dicek di copyscape buat buktinya.

    BalasHapus
  66. mohon tips n saran trims (fitnesmagelang.blogspot.com)

    BalasHapus
  67. thanks atas infonya. gimana kalo yg yahoo.co.id. koq aku nggak di-indeks ya sama yahoo padahal dah lama. thanks
    --------------
    InfoBandung

    BalasHapus
  68. heheee..
    aku cari kmanan mana akhirnya ketmu juga ...

    BalasHapus
  69. Terimakasih atas informasi yang berguna ini sdn Cijawura

    BalasHapus
  70. Numpang lewat Neeeee......

    BalasHapus
  71. makasih ya ... infonya bermamfaat

    (kok-bisa.com)

    BalasHapus
  72. Postingan yang bagus

    BalasHapus
  73. Wah bagus blognya,pantesan selalu ada di halaman pertama google,sukseslah....
    coba mampir ya

    BalasHapus
  74. makasih mas/ mbak?

    semoga blognya menjadi tambah maju dan oke.

    BalasHapus
  75. Halo mas postingnya bagus mas. Saya juga newbie dan sedang membuat blog. Saya suka menulis, ;-) dan rajin posting tiap ada hal yang menggugah hati saya.
    Alamat blog saya di majalahsehat.blogspot.com
    Terimakasih saran dan postingnya,saya memang tahu mengenai submit url ini,cuma malas mempraktekan krn online hp.
    Silahkan berkunjung,trims

    BalasHapus
  76. Thanks infonya brooo... sangat bermanfaat buatku nih...

    http://purwokoiwan.blogspot.com
    http://pistools.blogspot.com
    http://klikpriasejati.blogspot.com

    BalasHapus
  77. Anonim6:15 AM

    thanks bror atas iformasinya

    BalasHapus
  78. Blog punyaku sudah di add ke google, cuma sampai 2 hari ini belum terindex juga..
    Aduh gimana nih..
    http://www.elmuzanibisa.blogspot.com

    BalasHapus
  79. Udah ada di Google ko, coba ketikan pencariannya : site:http://elmuzanibisa.blogspot.com

    BalasHapus
  80. aku ada masalah, dulu blog saya http://ilmucomputer2.blogspot.com, masih terdaftar di google, dengan kata kunci Ilmu Komputer, tapi sekarang kenapa gak terdaftar lagiya...
    tolong bantuannya......

    BalasHapus
  81. yang kedua, sama juga , dulu blog saya http://sistem-informasi-manajemen.blogspot.com, masih terdaftar di google, dengan kata kunci Sistem Informasi, tapi sekarang kenapa gak terdaftar lagiya...
    tolong bantuannya......

    BalasHapus
  82. mungkinkah berada di halaman berikutnya? karena sesuai dengan kata kunci tertentu, posisinya bisa silih berganti.

    BalasHapus
  83. makasih inponya. sudah dicoba boss....

    BalasHapus
  84. Om Gua Newbie, Gua baru punya blog nih, tapi masalahnya gua mau ganti template gua om, (dari template for you) kok ada bacaan aneh tuh kayak gini :

    Harap perbaiki kesalahan di bawah, dan kirimkan template Anda lagi.
    Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar.
    Pesan error XML: Content is not allowed in prolog.


    padahal udah gua download dan mengikuti cara yang benar benar sekali. Gua bosen ma standard tempalte di Blog gua. Tolongg om frustasi nih, and coba dong kunjugi blog gua :

    http://lookiesoccer.blogspot.com/
    http://photoshoplhoe.blogspot.com/

    BalasHapus
  85. template for you? coba kirim komentar ke blognya, kalo memang copy paste atau langsung upload juga masih ada masalah, berarti memang ada kutipan kode yang kurang lengkap dari penyedia templatenya.

    BalasHapus
  86. Mas mengkoneksi blogspot dengan webhosting gimana ya...
    Trus klo bikin READ MORE di blogspot gimana tuch biar tulisanya ga panjang..
    Thanks

    BalasHapus
  87. read more bisa baca di http://edittag.blogspot.com/2009/09/read-more-tak-perlu-lagi-manual-di.html
    kalo untuk webhosting, kita butuh DNS untuk disambungin ke akun blogger.

    BalasHapus
  88. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  89. Hi, Mas Edittag, mo minta wangsit nih, gimana pasang meta tag di blogger? saya coba daftarkan blog saya ke Google Webmaster (GW), tapi GW gak bisa crawling katanya. apakah masalahnya pada meta tag?
    Lalu boleh tau gak, gimana cara sisipkan "Kategori" yang mas Edittag buat di blog ini?
    Makasih banyak sebelumnya lho Mas.^^

    Sekalian numpang promosi boleh ya Mas.hihihi....

    Buat yang suka info games, silakan mampir ke blog saya ya. trima kasih sebelumnya.

    http://omagz.blogspot.com/

    BalasHapus
  90. meta tag, pemasangannya bisa dibuka disini : http://edittag.blogspot.com/2007/07/blogger-meta-tag-on-layout-blogger.html

    kalo kategori yang disini, pake dari gadget, jadi silakan tanbahkan elemen baru dengan tipe label.

    BalasHapus
  91. makasi mas info ny bagus bgt untuk newbie spt saya.. :D

    please visit http://www.darkfarmer.com

    BalasHapus
  92. OK Yere, segera ke TKP!

    BalasHapus
  93. terima kasih banyak
    atas informasinya boss smoga sukses selalu :)

    jangan lupa kunjungi http://etvtrax.com

    BalasHapus
  94. mo tanya nih boss,
    apakah kita cukup sekali saja add url atau harus setiap harinya???
    selain add url google n yahoo apakah ada refernsi free add url yang lain??, kalo boleh bagi2 dunks maklum masih newbie..hehhehe

    terima kasih.

    BalasHapus
  95. cukup skali saja...kalo skarang coba juga ke bing.com yg masih baru....

    BalasHapus
  96. kang, saya sudah submit ke yahoo, tapi kok ndak di index-index ya? kenapa tuh?

    BalasHapus
  97. coba sambil kasih atau alamat yg didaftarin ke yahoo!

    BalasHapus
  98. Anonim9:49 AM

    permisi numpang lewat

    http://chandra-unikom.blogspot.com/

    terima kasih.

    BalasHapus
  99. Anonim1:37 PM

    Sejarah Fisika

    Sejarah fisika sepanjang yang telah diketahui telah dimulai pada tahun sekitar 2400 SM, ketika kebudayaan harapan menggunakan suatu benda untuk memperkirakan dan menghitung sudut bintang di angkasa. Sejak saat itu fisika terus berkembang sampai ke level sekarang. Perkembangan ini tidak hanya membawa perubahan di dalam bidang dunia benda, matematika dan filosofi namun juga, melalui teknologi, membawa perubahan ke dunia sosial masyarakat. Revolusi ilmu yang berlangsung terjadi pada sekitar tahun 1600 dapat dikatakan menjadi batas antara pemikiran purba dan lahirnya fisika klasik. Dan akhirnya berlanjut ke tahun 1900 yang menandakan mulai berlangsungnya era baru yaitu era fisika modern. Di era ini ilmuwan tidak melihat adanya penyempurnaan di bidang ilmu pengetahuan, pertanyaan demi pertanyaan terus bermunculan tanpa henti, dari luasnya galaksi, sifat alami dari kondisi vakum sampai lingkungan subatomik. Daftar persoalan dimana fisikawan harus pecahkan terus bertambah dari waktu ke waktu.

    Fisika Awal

    Sejak zaman dulu, manusia terus memperhatikan bagaimana benda-benda di sekitarnya berinteraksi, kenapa benda yang tanpa disangga jatuh keb bawah, kenapa benda yang berlainan memiliki sifat yang berlainan juga, dan sebagainya. Mereka juga mengira-ira tentang misteri alam semesta, bagaimana bentuk dan posisi bumi di tengah alam yang luas ini dan bagaima sifat-sifat dari matahari dan bulan, dua benda yang memiliki posisi penting dalam kehidupan manusia purba. Secara umum, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini mereka secara mudah langsung mengaitkannya dengan pekerjaan dewa. Akhirnya, jawaban yang mulai ilmiah namun tentu saja masih terlalu berspekulasi, mulai berkembang. Tentu saja jawaban ini kebanyakan masih salah karena tidak didasarkan pada eksperimen, bagaimanapun juga dengan begini ilmu pengetahuan mulai mendapat tempatnya. Fisika pada masa awal ini kebanyakan berkembang dari dunia filosofi, dan bukan dari eksperimen yang

    Kontribusi Islam

    Saat itu kebudayaan didominasi oleh Kekaisaran Roma, ilmu medik dan fisika berkembang sangat pesat yang dipimpin oleh ilmuwan dan filsuf dari Yunani. Runtuhnya Kekaisaran Roma berakibat pada mundurnya perkembangan ilmu pengetahuan di dataran Eropa. Bagaimanapun juga kebudayaan di timur tengah terus berkembang pesat, banyak ilmuwan dari Yunani yang mencari dukungan dan bantuan di timur tengah ini. Akhirnya ilmuwan muslim pun berhasil mengembangkan ilmu astronomi dan matematika, yang akhirnya menemukan bidang ilmu pengetahuan baru yaitu kimia. Setelah bangsa Arab menaklukkan Persia, ilmu pengetahuan berkembang dengan cepat di Persia dan ilmuwan terus bermunculan yang akhirnya dengan giatnya memindahkan ilmu yang telah ada dari kebudayaan Yunani ke timur tengah yang saat itu sedang mundur dari Eropa yang mulai memasuki abad kegelapan.

    BalasHapus
  100. Interfero Michelson bagi orang fisika pastinya sangat familier, apalagi bagi yang fisika modern nya beberapa kali ngulang, he….. Holografi merupakan aplikasi dari gejala optis ini. Hari ini penulis mendapat sebuah ilmu baru yang merupakan pengembangan dari interferometri ini. Optical Coherence Tomography (OCT) sebuah topik baru yang baru sekali penulis kenal dalam hubungan aplikasi IM dalam bidang medis.

    Prinsip desain sama persis dengan IM, hanya berkas yang satu tidak dipantulkan dicermin tapi dikenakan pada sebuah jaringan biologi atau material. Alhasil sistem ini dapat menunjukkan berapakah jarak dari kornea sampai ke retina dan bagian lain di antaranya yang meruapakan penemuan awal dari sistem ini untuk aplikasi medis. Dengan cahaya tampak sebagai media penginduksi, perangkat diagnostik ini dikenal sebagai perangkat non invasive.

    Dalam perkembanganya sistem yang sederhana digabungkan dengan teknologi komputer sehingga dengan transformasi Fouriernya mampu menterjemahkan sinyal -sinyal yang diperoleh dalam data irisan. Sistem ini telah berkembang tidak hanya di sistem optik/mata, namun telah berkembang di endoskopi, kedokteran gigi, dan uji material.

    Ternyata ada lahan fisikawan medis bisa berperanan dalam bidang kesehatan di Indonesia. Dengan berkarya semua akan melihat sebuah keberadaan, birokrasi bukalah halangan walaupun diperlukan.

    BalasHapus
  101. halo @chanda dan @samalanga, makasih dah ninggalin alamat.

    BalasHapus
  102. Salam kenal Mas...

    Lihat blog saya juga dong :
    http://berbagilahrahmatullah.blogspot.com/

    Bagaimana follower bisa ratusan ya....pls masukkannya

    Salam
    Rahmatullah

    BalasHapus
  103. tips mudah : jadi follower blog lain, minta di follow balik, terus update yang rutin, biar follower juga percaya, syukur2 contentnya berkualitas.

    BalasHapus
  104. Saya pernah lakukan semua tip di atas. Tapi di Yahoo kurang berhasil, pernah ter-listing, tapi sekarang gak lagi. Tahu kenapa?
    salam,
    citraindah.site40.net
    citra1ndah.co.cc

    BalasHapus
  105. Yahoo! jarang mengabarkan teknik untuk masuk ke mesin pencarinya. Relatif lebih sulit dibandingkan Google karena panduan yang terbatas.

    BalasHapus
  106. Sejarah fisika sepanjang yang telah diketahui telah dimulai pada tahun sekitar 2400 SM, ketika kebudayaan harapan menggunakan suatu benda untuk memperkirakan dan menghitung sudut bintang di angkasa. Sejak saat itu fisika terus berkembang sampai ke level sekarang. Perkembangan ini tidak hanya membawa perubahan di dalam bidang dunia benda, matematika dan filosofi namun juga, melalui teknologi, membawa perubahan ke dunia sosial masyarakat. Revolusi ilmu yang berlangsung terjadi pada sekitar tahun 1600 dapat dikatakan menjadi batas antara pemikiran purba dan lahirnya fisika klasik. Dan akhirnya berlanjut ke tahun 1900 yang menandakan mulai berlangsungnya era baru yaitu era fisika modern. Di era ini ilmuwan tidak melihat adanya penyempurnaan di bidang ilmu pengetahuan, pertanyaan demi pertanyaan terus bermunculan tanpa henti, dari luasnya galaksi, sifat alami dari kondisi vakum sampai lingkungan subatomik. Daftar persoalan dimana fisikawan harus pecahkan terus bertambah dari waktu ke waktu.

    Fisika Awal

    Sejak zaman dulu, manusia terus memperhatikan bagaimana benda-benda di sekitarnya berinteraksi, kenapa benda yang tanpa disangga jatuh keb bawah, kenapa benda yang berlainan memiliki sifat yang berlainan juga, dan sebagainya. Mereka juga mengira-ira tentang misteri alam semesta, bagaimana bentuk dan posisi bumi di tengah alam yang luas ini dan bagaima sifat-sifat dari matahari dan bulan, dua benda yang memiliki posisi penting dalam kehidupan manusia purba. Secara umum, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini mereka secara mudah langsung mengaitkannya dengan pekerjaan dewa. Akhirnya, jawaban yang mulai ilmiah namun tentu saja masih terlalu berspekulasi, mulai berkembang. Tentu saja jawaban ini kebanyakan masih salah karena tidak didasarkan pada eksperimen, bagaimanapun juga dengan begini ilmu pengetahuan mulai mendapat tempatnya. Fisika pada masa awal ini kebanyakan berkembang dari dunia filosofi, dan bukan dari eksperimen yang

    Kontribusi Islam

    Saat itu kebudayaan didominasi oleh Kekaisaran Roma, ilmu medik dan fisika berkembang sangat pesat yang dipimpin oleh ilmuwan dan filsuf dari Yunani. Runtuhnya Kekaisaran Roma berakibat pada mundurnya perkembangan ilmu pengetahuan di dataran Eropa. Bagaimanapun juga kebudayaan di timur tengah terus berkembang pesat, banyak ilmuwan dari Yunani yang mencari dukungan dan bantuan di timur tengah ini. Akhirnya ilmuwan muslim pun berhasil mengembangkan ilmu astronomi dan matematika, yang akhirnya menemukan bidang ilmu pengetahuan baru yaitu kimia. Setelah bangsa Arab menaklukkan Persia, ilmu pengetahuan berkembang dengan cepat di Persia dan ilmuwan terus bermunculan yang akhirnya dengan giatnya memindahkan ilmu yang telah ada dari kebudayaan Yunani ke timur tengah yang saat itu sedang mundur dari Eropa yang mulai memasuki abad kegelapan.
    Diposkan oleh Putra Jagad (Physics) Label: fisikawan, physics, sejarah, sejarah fisika di 17:48
    0 komentar
    Langgan: Entri (Atom)
    Cari Blog Ini


    didukung oleh

    Arsip Blog

    * ▼ 2009 (7)
    o ▼ Desember (4)
    + Komputer Kuantum Komputer Masa Depan
    + Pengembangan interferometer Michelson?
    + Apa itu Fisika Medis?
    + Peranan Fisika Revolusi dunia Kedokteran
    o ► November (3)
    + Sir Isaac Newton
    + Albert Einstein
    + Sejarah Fisika

    About Us ;
    Foto Saya

    Fendy Alvian Fanani
    Saya adalah salah satu mahasiswa jurusan Fisika UIN Malang. Selain mahasiswa, saya juga menjadi pengajar tetap di yayasan Islamiyah Nurul Huda Dinoyo Malang. Jika anda ingin lebih tahu tentang saya, kirim email d putrajagad@gmail.com

    Lihat profil lengkapku
    Photo
    Physics Video
    didukung oleh
    Bagaimana tampilan blog ini?
    Visitor:
    widgeo.net
    free counters
    Facebook
    Kydnef Laker

    Create Your Badge
    Powered By Blogger
    Gallery

    BalasHapus
  107. http://www.ryocyber.com/ kok ga masuk google za, ada apakah gerangan???

    BalasHapus
  108. trimakasih tutorialnya, sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  109. wah informasinya berguna banged,,makasih yaa,,,

    BalasHapus
  110. Untuk menambah keampuhan jurus ini lanjutkan dengan jurus berikutnya di
    http://mediaedukasi.blogspot.com/2010/02/cara-cepat-terindex-di-google.html

    BalasHapus
  111. terima kasih infonya

    BalasHapus
  112. mas terima kasih ya udah berbagi ilmu....
    tapi sebelumnya saya minta maaf kalu mensadur artikel masnya yg ini, tapi saya juga mencantumkan sumber dan juga backlink blog masnya...... tapi klo masnya merasa dirugikan tolong bls di comment blog saya
    DISINI nanti saya akan segera menghapusnya.... terima kasih

    BalasHapus
  113. Selama mencantumkan sumber tidak masalah kok, malah berterimakasih nih mestinya :)

    BalasHapus
  114. Makasih kang....tutorialnya cocok buat blogger pemula yang penasaran blognya belum diindex search engine.....

    BalasHapus
  115. saya wah pazzz mantap..manfaat banget....
    nah saya juga punya info...
    buat temen temen yang suka ng blog saya punya contohnya dan temen-temen cuman klik tersebar deh.....

    klik aja : www.g-netic.net/?id=kayaraya

    BalasHapus
  116. http://www.alwankomputer.co.cc/

    BalasHapus
  117. thanks tipsnya boz, sgt bguna buat sy yg lg bljr. Btw, buat tmn2, kunjungi blog sy ya, di dlmnya ada info peluang usaha tanpa modal (bkn mlm/sejenisnya), ada bebrapa chord & lirik lagu st12 terbaru, dll

    Klik aja di :
    http://benapikcreativemedia.wordpress.com/

    BalasHapus
  118. Tapi blog saya kok sulit masuk ya?? konfirmasi sama googlenya gmn??

    http://galangticos.blogspot.com/

    BalasHapus
  119. blognya galang sudah terindeks di google kok, seperti tulisan ttg koprol, facebook dan Iron Monger.

    BalasHapus
  120. infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  121. Salam kenal Boss
    Infonya bermanfaat banget dan boleh tahu gmna cara ngeblog yang baik ? pencerehannya dong
    Trimmzz bgt n makin sukses

    from : bener-2 newbie nih

    BalasHapus
  122. keren banget postingannya,,,sangat bermanfaat...salam dri new bie...
    saya tunggu postingan2 keren berikutnya

    BalasHapus
  123. pengen cepet terindex baca disini :
    http://katabudi.blogspot.com/2010/07/5-ways-to-increase-blog-traffic.html

    BalasHapus
  124. seeep... bisa buat informasi lainnya...

    BalasHapus
  125. butuh bantuan nich.......?

    mendatangkan pengunjung he999x.....?

    THANK......

    http://www.besttattooan.blogspot.com/

    BalasHapus
  126. Anonim5:30 PM

    dah dicoba di google.. tapi tak terindex aja ma google.. kalo yahoo dan oke

    BalasHapus
  127. MAntap tipsnya Gan. Sekarang
    http://www.bonekacikampek.info
    sudah bisa terdaftar di google dan yahoo.
    Makasih gan.
    Kalau agan-agan mau pesan boneka tuk sovenir apa dijual kembali silahkan hubungi aja Adi Susanto 0819 0665 9001

    BalasHapus
  128. Thank you infonya, saya baru buat blog ini mudah mudahan bisa jadi nomor satu,,heeeee...

    BalasHapus
  129. makasih infonya. salam kenal

    BalasHapus
  130. info ini sangat membantu sekali bagi pemula..tank

    BalasHapus
  131. thanks atas infonya mas...

    BalasHapus
  132. Terima kasih yg sudah memberi komentar...jgn lupa langsung praktek ya?

    BalasHapus
  133. Info yang sangat bermanfaat... terima kasih banyak Mas/Kang...

    BalasHapus
  134. ★★★★★_NICE-POST_★★★★★

    BalasHapus
  135. Adventure, live, stream, free, online, tv, sports
    http://drewels.blogspot.com/

    BalasHapus
  136. mantavs bro
    www.grosirbajuku.com

    BalasHapus
  137. infonya bagus gan. maturnuwun

    BalasHapus
  138. sami-sami gan, nuhun dah mampir ke sini.

    BalasHapus
  139. Nice info, semoga bermanfaat.
    http://photo.plipplop.com

    BalasHapus
  140. Kunjungan malam membawa $. jangan lupa ditunggu coment dan follownya

    BalasHapus
  141. makasih atas infonya, sangat membantu buat newbie ini...

    BalasHapus
  142. nice info, sangat bermanfaat. kalau berkenan silahkan mampir blog saya
    http://van-tech.blogspot.com

    BalasHapus
  143. Hatur nuhun kang, saya baca trus langsung di praktekkan.
    Alhamdulillah hasilnya memuaskan

    http://bobaronline.com

    BalasHapus
  144. Anonim8:57 AM

    very good,see my site too http://www.macpmedia.com its all about fun and education,antokmacp

    BalasHapus
  145. Kang Agus Hery, Gimana cara memverifikasi menggunakan Insert HTML Code di blogspot? saya pernah add url di www.markosweb.com tapi belum tau cara memverifikasinya.

    Terimakasih

    BalasHapus
  146. makasi gan infonya.. semoga web ane bisa lebih dikenal di seluruh dunia hehehe

    BalasHapus
  147. informatif gan, mau dong blog saya mendapat trafic yang banyak,

    BalasHapus
  148. mantaap,,
    buat yang pasang iklan disini saja http://iklan-terdepan.blogspot.com/

    BalasHapus
  149. Info sangat membantu sekali nih. thanks for sharenya mas. salamkenal ya

    BalasHapus
  150. penting nih infonya... makasih gan...
    kunjungi juga ya di http://elvanoe.blogspot.com
    :D

    BalasHapus
  151. http://alkudriforpadang.blogspot.com

    BalasHapus
  152. mantab nih infonya.
    BLogwalking om, sekalian kunjungi punya saya ya
    http://pengetahuanpintars.blogspot.com/

    BalasHapus
  153. mntabb nihh...
    saya regestrasi duluu ke yahooo,,,

    yang google udah,,

    BalasHapus
  154. Anonim9:18 PM

    thanks,see my site at http://www.macpmedia.com.........

    BalasHapus
  155. thanks banget atas info ini...sangat membantu

    www.merdekapost.com

    BalasHapus
  156. thanks ilmunya
    http://blogtipshidupsehat.blogspot.com

    BalasHapus
  157. mau softlens omega murah @75rb, dan baju-baju fashion murah segera kunjungi.
    http://www.trandyfashion.co.cc

    maaf sambil promosi bro.

    BalasHapus
  158. Thanks ya sob... salam kenal

    BalasHapus
  159. terimakasih gan,atas infonya. saya akan coba, semoga bisa lebih dikenal.

    BalasHapus
  160. infonya bermanfaat mas ..
    terima kasih

    BalasHapus
  161. Bagus jg infonya. Mau saya coba ahh di blog saya http://daftarjssbonus10.blogspot.com/

    BalasHapus
  162. numpang beken yagan , blog anda bagus pr tinggi dan artikel juga sangat bw]ermanfaat ,terbukti dengan banyak komentar, itu membuktikan blog dan artikel anda berkualitas, terimakasih ,janganlupa mampir ke jssindonesia yahh

    BalasHapus
  163. siplah postingannya ,semoga tambah sukses dan salam kenal ya gan

    BalasHapus
  164. makasi gan atas informasinya yang sangat detail dan membantu...kunjungi website saya juga ya di httt://jssmaster.com

    BalasHapus
  165. makasih gan infonya sangat bagus

    BalasHapus
  166. Yahoo sekarang submitnya udah di webmaster bing

    Blog Coverboy

    BalasHapus
  167. sekarang lebih prefer ke google sih mengingat sekarang yahoo sudah tiada by Chaosregion

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer