Pengikut

26 Mei 2006

Blogger : Adding Read More to Your Post

Seakan diingatkan oleh Mbak Hanan karena di blog saya belum pernah menulis tentang bagaimana membuat link read more disetiap postingan blog, akhirnya kesempatan kali ini saya gunakan untuk membahasnya.

Saya percaya bukan satu atau dua kali ini saya dipertemukan dengan pertanyaan ini, mungkin dari sekian banyak pengguna blog yang memiliki kegemaran mengutak atik blog dari layanan Blogger,tips ini paling sering digunakan.Bukan tidak mungkin pula dari beberapa pengguna Blogger yang sudah akrab dengan layanan ini,pertanyaan ini juga masih sering ditanyakan.

Maka tak heran banyak sekali referensi untuk menemukan jawaban ini.Dari mulai pihak penyedia layanan Blogger yang menyertakan tips ini,hingga penggunanya seperti Mbak Melapun pernah menulisnya.Namun senyampang berkunjung ke blog ini lebih mudah mengikutinya dari sini.Paling tidak tak perlu buka browser lagi kan ;).

Mungkin ada baiknya pula bagi yang baru berkenalan dan sedang membuat blog untuk menggunakan tips ini agar nanti menemukan kemudahan dalam menentukan panjang dan pendeknya postingan yang akan ditampilkan, atau sekedar mengelola tampilan blog agar lebih rapi dan indah dipandang.

Ada dua tahapan awal yang dibutuhkan, yakni memasukan tag CSS di bagian style sheet dan pada bagian HTML.Kedua langkah dibawah memerlukan pengeditan di bagian Template.

1.sertakan sintak CSS berikut dalam style sheet (lebih baik diletakkan dibawah informasi nama template agar mudah ditemukan):

a.more{display:none;}
<MainOrArchivepage>
span.fullpost {display:none;}
span.fullpost + a.more{display:inline;}
span.fullpost + div + a.more{display:inline;}
</MainOrArchivePage>
<ItemPage>
span.fullpost {display:inline;}
</ItemPage>


2. menambahkan sintak CSS berikut di bawah <$BlogItemBody$> :

<a class="more" href="<$BlogItemPermalinkUrl$>"title="baca lebih lengkap..."> baca lengkapnya</a>


setelah itu kita save Template kita, dan jangan lupa untuk memPublishnya.

Langkah selanjutnya kita perlu mengedit postingan yang kita kehendaki untuk ditambatkan link "read more". Hal yang perlu diperhatikan dibagian ini adalah mode yang digunakan saat kita mengedit postingan kita.Pastikan kita berada dalam posisi Edit Html (bukan mode Compose).Setelah yakin dengan peringatan ini, selanjutnya kita perlu menyertakan sintak <span class="fullpost"> dan </span> diantara postingan kita.Sintak <span class="fullpost"> bisa kita sertakan di bagian tengah postingan dan tag </span> dibagian paling akhir.Lalu save postingan kita.

Ada baiknya pula sebelum kita memasukan tag diatas, terutama di bagian edit Template, kita sudah memiliki back up template kita yang berisi kode-kode tadi sebelum memulai.

Setelah itu kita uji dengan membuka blog kita.Apabila tidak menemukan perubahan, coba refresh beberapa kali untuk menghilangan cache lamanya.

Pada beberapa kasus, pengeditan ini tidak berpengaruh karena dalam postinganya memiliki banyak sintak yang saling bertolak belakang.Ini banyak ditemukan pada penulis blog yang terbiasa menuliskan artikelnya terlebih dahulu dengan menggunakan editor lain semisal Microsoft Word yang apabila artikelnya dipastekan di dalam Blogger beberapa sintak akan muncul.Ini akan lebih mudah terdeteksi apabila kita selalu menggunakan mode Edit Html dalam setiap postingan kita.

Masih belum mendapatkan hal yang diinginkan di blog Anda? silahkan klik tombol Online di bagian gambar Yahoo Messenger samping ini untuk berbagi cerita.

Info terkait:
- Menambahkan "read more" pada Layout Blogger ada di : http://edittag...beta-version.html.
- Pasang "read more" di wordpress/blogsome.
Tag : membuat read more pada blog, how to make read more on blogspot, make more in blogger, membuat more dalam blog.