Pengikut

06 September 2006

Web : Calculate Page Speed of your Blog

Pernah merasa khawatir dengan blog kita yang dibilang berat bila diakses oleh pengguna lain? Kita boleh segera beralasan bahwa koneksi internet memiliki kuasa penuh sebagai penyebab kejadian itu.Namun ada baiknya bila kita juga perlu berhati-hati dengan konten blog kita.Siapa tahu memang terlalu banyak materi yang berujung pada keluhan lambatnya mengakses blog kita.

Sebagai pemilik mungkin tanpa kita ketahui kita tertipu dengan cache yang menempel di komputer kita.Cache memang membantu memanggil kembali file yang sering kita akses.Maka kita tak kesulitan untuk mengakses blog sendiri.Namun bagi pengguna lain? ada baiknya kita emsti cek kembali.

Banyak sekali materi yang membangun keberadaan blog, mulai dari text, gambar, css, javascript, maupun kode HTML.Nah dari sini kita bisa berhitung berapa jumlah file yang tersusun di blog kita.

Untuk itu kita bisa mecari bantuan dari web lain untuk mengkalkulasi jumlah berat file diblog.Untuk itu buka web berikut : http://www.websiteoptimization.com/services/analyze/.Kita hanya perlu memasukan alamat URL kita disana.Lalu hasil diagnosa pun muncul.

Berikut data yang diterima edittag mengenai hal ini :

Global Statistics

Total HTTP Requests:121
Total Size:264567 bytes


Sedangkan berikut beberapa testing menggunakan koneksi dengan bandwidth yang berbeda ;

Download Times*


Connection RateDownload Time
14.4K 206.25 seconds
28.8K 103.73 seconds
33.6K 89.08 seconds
56K 53.93 seconds
ISDN 128K 17.35 seconds
T1 1.44Mbps 2.60 seconds


Dari data ini kita akan punya gambaran lama waktu yang dibutuhkan oleh pengunjung kita dengan kondisi bandwidth yang berbeda.Sebenarnya blog edittag juga terhitung berat untuk diakses di beberapa warnet yang menggunakan koneksi 128 kpbs dengan kondisi sharing.

Untuk itu kita bisa mencoba mengurangi berat tampilan muka blog kita dengan :

1. mengurangi jumlag gambar yang ditampilkan.
2. tidak menggunakan banyak javascript.
3. hosting gambar di tempat yang sama dengan hosting blog kita.
4. mengurangi jumlah postingan di blogger, dengan cara masuk ke bagian dashboard->settings->formatting->show () posts on the main page.
5. jangan paksakan blog kita memasang sound/suara, video atau multimedia lainnya.
6. gunakan CSS seperlunya.

Semoga dengan begitu blog kita akan semakin familiar dimata pengunjung kita.

Catatan penangkapan Google :
- Berada di posisi ke-3 dengan kata kunci 'how to calculate web page size' di Google Indonesia pada tanggal 24 April 2007.