Pengikut

19 Oktober 2006

Blogger : Be Careful Editing Blogger Template

Rekan blogspot mengaku mendapatkan hasil tak serupa antara preview dan tampilan muka blognya.Awalnya hanya mencurigai cache sebagai penyebabnya.Namun hasilnya tetap tak berpengaruh.Jarak antara konten dan sidebar masih terlihat mencolok.

Ada baiknya kita mengetahui ada hal yang serius dalam fitur editing template milik Blogger, yang mampu mengubah setelan elemen penting blog semisal format tanggal, moderasi komentar, dan lainnya kapan saja saat kita mengganti dan menyimpan templatenya secara manual.

Berikut beberapa deskripsi dari permasalahan yang biasa terjadi akhir-akhir ini:

1.Saat kita mengganti setelan template lalu melihat preview tampilannya, akan ada beberapa celah yang terlihat berbeda antar-kolom.Beberapa tulisan juga mengalami perubahan ukuran.Tampilan ini bisa sangat berbeda saat kita telah menyimpan setelan template dan melihat laman muka blog.Dipersegar berkali-kali perambah juga tidak banyak membantu.Untuk itu jangan segera mengambil kesimpulan bahwa tampilan preview akan terlihat sama.Ada elemen lain yang juga bisa berganti disini, yakni setelan "Enable Post Pages" akan dinonaktifkan.Ini artinya semua alamat URL permanen masing-masing entri kita akan hilang.

2. Kejanggalan ini juga bisa mengakibatkan perubahan format penanggalan pada bagian Arsip, yang bisa berada pada bagian Sidebar.

Untuk itu langkah yang bisa kita pastikan adalah mengecek keberadaan elemen yang tersebut diatas saat menggantinya.