Pengikut

Blogger : Category Management for Blogger Beta

Salah satu isu utama dirilisnya versi Beta dari Blogger adalah diterapkannya manajemen pelabelan entri.Atau bisa pula disebut dengan managemen kategori.Dengan dipasangnya fitur ini maka pemilik akun blogspot dapat dengan mudah mencantumkan nama kategori disetiap entrinya.Lebih jauh keunggulan ini membuat pengunjung lebih mudah untuk menyelami entri dengan kategori yang sejenis.

Beberapa template bawaan blogspot tidak mencantumkannya secara default dihalaman depan.Sepertinya ini hanya salah satu opsi yang oleh pihak developer dikembalikan kepada kepentingan pemilik blog.Kategori bisa kita akali untuk ditampilkan atau disembunyikan.

Berikut langkah untuk memasang kategori di blogger versi Beta.

Langkah 1.Pasanglah nama kategori pada entri yang kita miliki.
Pada saat kita berada di editor untuk menulis entri, maka kita akan menemukan embel-embel nama label/kategori dibawahnya.Isikan dengan nama kategori yang kita kehendaki.Kita bisa memiliki beragam nama kategori.Bahkan satu entripun bisa memiliki lebih dari satu nama kategori.

Bagi mereka yang berstatus pindahan dari versi klasik, atau juga belum sempat memberikan nama kategori pada entri yang sudah ada, maka bisa lakukan cara berikut :
Masuk ke bagian Dashboard, pilih tab manage post, lalu disana kita akan disodorkan beberapa entri dengan pilihan nama kategori diatasnya.Ini seperti layaknya tampilan gmail saat kita berada di inbox dan kita ingin memberikan label bintang didalamnya.Sangat akrab terutama bagi yang sering menggunakannya.Bila tidak, kita pun masih bisa mencoba memberikan nama kategori dengan cara menyeleksi entri yang akan dikelompokan, lalu klik New Label...dan selanjutnya.Berikut tampilannya :

Langkah 2.Masuk kebagian Template,lalu masuk ke sub menu page elements,dan pilih add page elements(Versi beta menyertakan fitur ini sebagai salah satu cara untuk lebih mendekatkan diri dengan pengguna yang kurang memiliki kemampuan teknis HTML dasar.Namun bagi kita ini juga sangat memudahkan untuk membuat navigasi yang lebih cepat).Setelah itu cari di kolom bagian kanan yang menyebut Labels.Klik tombol ADD TO BLOG.

Langkah 3.Berilah nama untuk memudahkan pengunjung melihat daftar kategori yang ada pada halaman muka blogspot.

Dimunculkan dibagian sidebar, karenanya perlu diberikan nama menu yang akan menjadi seksinya.Nama ini sangat fleksibel hingga bisa kita ganti lain kali bila diperlukan.

Selamat menjadi pengelola perpustakaan blog pribadi :)

Entri terkait :
Labels Management for Blogger in Beta

Hasil penangkapan Google :
- Berada di posisi ke-4 pada tanggal 14 April 2007 dengan kata kunci 'blogspot beta templates' di Google Indonesia.
- Berada di posisi ke-1 pada tanggal 25 April 2007 dengan kata kunci 'pasang label pada blogspot' di Google Indonesia.
- Berada di posisi ke-1 pada tanggal 25 April 2007 dengan kata kunci 'widget categories for blogger classic' di Google Indonesia.

17 komentar:

  1. ass wr wb kang pusing juga ya...tapi aku mau coba aah..jadi penasaran gitu

    BalasHapus
  2. Anonim11:12 AM

    Kang, sdh coba & berhasil tetapi template yg lama harus migrasi dulu ke versi beta !. Nah disini ada ganjalan menghadang, karena aku pingin template/design & pernak perniknya di template yg lama tdk berubah!. Abah malas ngutak-ngatik lagi di template yg baru maklum geus kolot & bolot.he.hee.. Any others way around ?

    BalasHapus
  3. nah itu dia...sayang bgt..keunggulan beta ada di label...sedangkan kode tadi utk edit di template beta dengan kondisi widget kayaknya kalo revert ke versi klasik malah repot tuh...kayaknya perlu tugas khusus yg lebih rumit lagi...yaitu mengedit template klasik ke beta..malah lebih rumit lagi tuh bah...:)

    BalasHapus
  4. Anonim10:59 AM

    mas heri aku terlanjur mencet link ini sehingga widgets nya ilang n model edit template nya balik ke blogger yang kayak dulu

    Revert widget templates to default

    * Revert to Classic Template
    * View Classic Template


    gimana ya cara pasang labels nya di side bar/ balik ke widgets lagi...thx

    BalasHapus
  5. sebenernya cara yang bisa dilakukan adalah kembali memasang template yg baru,dari situ nanti kita bisa upgrade template ke versi beta.dan widgetpun bisa kembali ditemukan.
    moga berhasil

    BalasHapus
  6. Anonim12:08 AM

    aku pengen pasang kategori ini...bantuin dong supaya muncul kategori di blogku..

    BalasHapus
  7. pro bintang, bisa gunakan link ini.

    BalasHapus
  8. Anonim12:40 PM

    hi mas, aku udah coba ikutin cara yg mas sebut diatas, terima kasih banyak :)sudah berhasil, cuma ada salah satu kategori yg kurang pas, jadi aku mau menghapus kategori tersebut, caranya gimana ya mas

    BalasHapus
  9. untuk menghapus kategori, masuk ke daftar postingan, lalu klik salah satu postingan yang berlabel, klik Aksi Label, dna pilih Hapus Label.

    BalasHapus
  10. Anonim1:50 PM

    Wah makasih ya sukses nih percobaannya...oiya saya boleh pinjem gambarnya ga? tentu akan saya link-in ke blog edittag favorit saya ini...makasih ya...

    BalasHapus
  11. Anonim10:22 PM

    Mas editag: gimana caranya memposting label dalam category yang berbeda. aku masih bingung mecari pilihan category labelnya.thank

    misal:

    berita (lable 1)
    top berita

    Program (lable 2)
    firefox

    BalasHapus
  12. memposting label dalam category yang berbeda? label adalah istilah untuk kategori di blogger, jadi bila yang dimaksud adalah sub-kategori maaf sampai saat ini belum tersedia di blogger.com, namun bila yang dimaksud adalah satu postingan memiliki 2 label/kategori, baru memungkinkan.

    BalasHapus
  13. Waa, keren mas. Udah tak cobain...
    Informatif sekali, apa lagi buat anak baru kayak saya yang nggak ngerti main HTML
    www.rocco90.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Anonim11:51 AM

    Thanx banget ya!
    Sangat membantu sekali ?
    Terus klo mau nampilkan LastPost sama LastComment Bagaimana ?

    BalasHapus
  15. untuk recent comment, bisa cek di :
    http://edittag.blogspot.com/2006/12/blogger-recent-comments-on-blogger.html, sedangkan untuk recent post, tambahkan saja elemen halaman berjenis archieve, dan centang pilihan harian agar bisa muncul postingan terakhir...

    BalasHapus
  16. oh ya,, mau tanya neh bro..
    gimana menghapus atau me-rename kategori yah ??
    bisa bantu ?

    BalasHapus
  17. mas, pada tab rancangan tata letak, template saya sudah terdapat widget categories, archives dan blogroll pada side barnya, tetapi ketika saya kunjungi blognya kenapa widget2 tersebut tidak muncul yach..? mohon pencerahannya.
    Trima kasih.
    Dewi

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer