Pengikut

Blogger : Layout Vs Template

Ada apa dengan judul diatas?
Sepertinya keduanya merujuk pada hal yang sama, tampilan blog.Namun mengapa ada perbedaan istilah diantara keduanya?Dan keduanya punya kemungkinan tampil di laman yang sama saat kita mengakses Dashboard Blogger versi Beta.Seperti gambar berikut :



Bila kita selami satu persatu perbedaan diantara Layout dan Template akan kita dapatkan hal-hal berikut :

-Layout, didalamnya berisi menu Page Element, Fonts and Colors,Edit HTML dan Pick New Template.Ini adalah versi yang hanya ditemukan di blogger versi beta.Pick New Template memungkinkan kita untuk memilih 16 pilihan template bawaan yang berbeda.

-Template, didalamnya akan kita temukan : Edit HTML, Pick New, Customize Design dan Adsense.Dan dari sini kita akan menemui kembali template-template versi klasik dan juga ada pilihan untuk migrasi ke template versi beta.
Untuk memilih versi klasik, kita bisa mengklik menu Pick New, dimana akan ada 31 jenis template, dan ada juga template versi beta, sekitar 16 jenis template.Ini adalah salah satu langkah yang diberikan blogger kepada penggunannya untuk bermigrasi template.Diantara kemudahan yang ditawarkan setelah berpindah ke template versi beta adalah kemudahan untuk menambahkan tool dari pihak ketiga (seperti halnya shoutbox) dan juga kemudahan untuk menyunting warna font.Keduanya bisa kita lakukan dengan hanya menggunakan mouse.Tanpa perlu penyuntingan manual.

Maka beruntunglah yang bloggernya telah migrasi ke versi Beta.Itu berarti ada 47 (16 versi beta + 31 versi klasik)pilihan template yang tersedia, dan semuanya bebas untuk dipilih.Bila kita lebih familiar dengan versi klasik, kita pun masih bisa menggunakannya.Biasanya ini berlaku pada pengguna blogger lama yang sudah nyaman dengan template yang sudah lama dipakainya.Terpikir akan banyak hal yang mesti disesuaikan bila beralih ke template lain.Menempelkan shoutbox, memasang tautan-tautan rekannya, dan lainnya.


Sepertinya blogger sedang melakukan edukasi untuk lebih memperkenalkan versi template yang digunakan di kedua versi tersebut,yakni penggunaan XML dan XHTML.XHTML diyakini sebagai generasi berikutnya dari HTML dan ini adalah gabungan dari keunggulan HTML dan XML.Jadi untuk mereka yang tertarik untuk menciptakan template yang lebih kompatibel dengan beragam perambah, mungkin sekarang waktunya.

Tautan terkait :
How can I use the new Blogger Layouts features?

Tag : blogger layout, xml blogger layout, lay out blog, layout blog.

28 komentar:

  1. Anonim9:34 AM

    pake beta blogger agak susah ya, meskipun dashboard nya lebih nyaman :) templatenya jg masih terbatas.

    BalasHapus
  2. Beta semakin menarik juga yaaa,...

    BalasHapus
  3. Anonim2:32 AM

    Wah, kalo gak diinfoin sama kang Hery, aku gak akan pernah tahu tuh... Kayaknya beta blogger makin yahud ajah...

    BalasHapus
  4. Anonim10:59 PM

    Saya seminggu ini belajar blog. Waktu saya terbatas sekali untuk ngeblog. Jujur saja, saya merasa kesulitan dengan banyak istilah-istilah baru yang saya temui. Saya sedang pusing bagaimana cara memasang banner tecnocrati dan banner kecil lainnya. Mohon informasi tentang mendesain blog.

    Blog saya masih kosong dan sedang belajar membuat, mendesain dan mengatur tata letak ikon2 yang ada.
    Alamat blog saya travellingaroundbandung.blogspot.com.

    Mohon kritikan dan masukan atas langkah saya yang masih pendek dalam dunia blog ini.

    Salam,

    Salomo Marbun

    BalasHapus
  5. tolong kasih tau gw tentang blogger layout yang menarik donx........

    teman2 pembaca semuanya.......


    kunjungi blog saya dan kasih komentar ya.....

    BalasHapus
  6. thanks ilmunya semoga berkarya terus yaaa

    BalasHapus
  7. BOLEH JUGA INI SEBAGAI SALAH SATU TEMPAT REFERENSI PARA BLOGGER

    BalasHapus
  8. Mas tolong kirim info tentang mendesain blog gue yang masih sederhana alias masih aslinya dari awal terbentuk.

    BalasHapus
  9. ngedit itu ruweTTTTTTTTTTTTTT.
    hhu

    BalasHapus
  10. bantuin apa steffie?

    BalasHapus
  11. Exciting...
    Blogger pemula spt saya sangat membutuhkan yang seperti ini.
    ^^

    BalasHapus
  12. mga cepet2 jadi pemuka blogger ya! :D

    BalasHapus
  13. Ehm gmana toh cranya mengganti template pada blogger???? susah bgt nyari alamatnya,, boleh dunk dksh tau???
    Thanks

    BalasHapus
  14. Anonim3:32 PM

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Anonim3:51 PM

    boss Kalau aku skrg PAKE tEMPLATE kLASIK, TPI AKU MAU GANTI KE YG BARU YG PAKAI XML GIMANA CARANYA

    BalasHapus
  16. gua lagi belajar edit blog biar tampilannya lebih menarik g jadul ........... bantu donk ...... kalau bisa bahasanya yang sederhana ja key..................

    BalasHapus
  17. numpang lewat om....hehe

    BalasHapus
  18. ok, nanti edittag siap membantu ya, baca aja postingnya di blog ini. thx

    BalasHapus
  19. mantab gan..
    ini referensi blogger yang top.
    terima kasih gan, info2 di blog seperti blog agan ini sangat ane cari2 selama ini.

    http://www.valativa.com/

    BalasHapus
  20. eeeeuuu ilmu yang sangat bermanfaat gan.. thanks ya info'a...:P keep blogging

    BalasHapus
  21. info yang bagus ,jangan lupa ikutan yamaha kontes seo

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer