Pengikut

08 November 2006

Blogger : Technorati Ranking and Blogger Habit

"Halo....kemana saja kang Agus?kok blognya ga diupdate lagi?.."

Mungkin itu kira-kira pertanyaan yang sering terlontar oleh pengunjung edittag hari-hari belakangan ini.

Sepi, tak ada kabar dan mati suri.Begitu gambaran mudahnya.Mohon maaf untuk itu.Ada beberapa kegiatan yang memaksa kegiatan blogging tersendat.Rencananya minggu-minggu ini setelah beberapa pekerjaan web dan flashlite selesai, blog edittag akan lebih sering diperbarui.

Jadi teringat akan salah satu slogan blog tetangga yang kira-kira menyebut, "Anda tak menyimak blog ini akan ketinggalan info, tapi terlalu sering berkunjung kamilah yang akan kewalahan".Jargon yang sangat jitu untuk menyimpulkan kegiatan beberapa blogger yang sudah banyak dikenal.Eksistensi blogger memang sangat ditentukan oleh diperbarui tidaknya blog yang dimiliki.

Mengenai hal ini, ada info menarik dari David Sifry beberapa hari yang lalu.Menurut laporannya, ada korelasi yang kuat antara ranking Technorati dari pemilik blog individu dengan volume posting yang ditulis (jumlah posting yang dipublikasikan setiap harinya).





Kesimpulannya : Semakin tinggi rangking di Technorati maka semakin tinggi pula frekuensi posting yang dipunyai.

Berikut beberapa penjelasan dari grafik untuk kasus ekstrim:

» Group Penulis Rendah (berkisar antara 3 hingga 9 blog yang tertaut selama 6 bulan terakhir) - maka blogger tipe ini rata-rata hanya menulis 12 posting perbulannya,berarti perilaku posting mereka umumnya sangat jarang diperbarui.

» Group Penulis Sangat Tinggi (500 atau lebih blog yang tertaut dalam 6 bulan terakhir) - ini mewakili lebih dari 4.000 blogs. Blogger tipe ini rata-rata telah memulai menulis blog satu setengah tahun lebih.Dan mereka menulis posting hampir dua kali sehari.

Catatan tambahan dari hasil penelitian David Sifry:

• Sekitar 100.000 weblog baru tercipta setiap harinya.
• Bahasa Inggris dan Bahasa Spanyol adalah bahasa blog yang sangat sering digunakan daripada dua bahasa lainnya yang termasuk dominan,yakni Bahasa Jepang dan Bahasa Cina, yang sangat terlokalisir penggunanya oleh daerah regional tertentu.

Makanya tak heran bila kita temui beberapa blog yang rankingnya termasuk tinggi adalah mereka yang sangat sering memperbaharui blognya dan terhitung pemain lama.

Sepertinya agak jarang menemukan beberapa analisa mengenai data seperti ini dari penyedia layanan rangking yang sifatnya lokal, seperti Kampungblog atau Blog-Indonesia.Namun dari pengamatan seorang awam kita sering menyimpulkan ada beberapa blog yang rangkingnya juga mengalami penurunan seiring aktivitas blognya yang menurun.

Mungkin ada beberapa yang pernah menemukan data seperti ini?