Pengikut

25 April 2007

Blogger : Use DIV Rather than SPAN in "Read More"

Saat menemui sebuah postingan yang sudah menganut abstraksi namun tak berfungsi sebagaimana mestinya, satu hal yang menjadi kecurigaan utama adalah penggunaan teks warna-warni maupun ukuran huruf yang besar kecil pada kalimat yang dipenggal. Secara teknis, teknik pemformatan teks demikian dalam Blogger menggunakan tag CSS span. Tanpa disadari, terutama bagi yang terbiasa menulis postingan dalam posisi Compose aktif di editornya maka hal ini tak terlihat secara nyata.

Namun hasilnya tak ayal akan membuat kode dalam layout akan tumpul untuk memenggal kalimat. Ini tak lain adalah penggunaan <span class="fullpost">. Sesuai prosedurnya, maka diakhir postingan akan digunakan </span> sebagai tag penutupnya. Tag pembuka span selalu diikuti dengan tag penutupnya. Hal ini juga berlaku dalam pemformatan huruf dengan warna atau ukuran yang berbeda. Penggunaan span masih diberlakukan. Hasilnya saat <span class="fullpost"> bertemu dengan </span> yang mestinya digunakan untuk mengakhiri teks warna, kekuatan pemenggalan ini akan terhenti begitu saja.

Untuk itu ada trik mulus untuk mengakalinya.

Gunakan <div class="fullpost"> daripada <span class="fullpost">. Dengan demikian tak ada kontra fungsi dari abstraksi yang kita pakai.

Terima kasih untuk dani iswara atas infonya.

Catatan : Saat ini baru berlaku untuk abstraksi di Blogger baru.

Tag : mengapa read more tak jalan, read more ga bisa, read more gak bisa.