Pengikut

Web : Read More on Wordpress.com

Satu hal yang tak perlu terlewatkan oleh pemilik blog adalah selalu menginginkan adanya abstraksi di blognya. Cara ini terlanjur manjur untuk memberi kesan yang kuat akan daya tarik postingan yang ditulis.

Setelah sebelumnya kita pernah membahas pemasanganya di platform blogger (baik baru dan lama) serta blogsome, kini ada wordpress yang siap menunggu giliran. Terutama pengguna yang memiliki subdomain di wordpress.com. Secara beberapa saat yang lalu pihak pengelolanya membatasi ruang gerak penyuntingan HTML baik di postingan maupun di theme-nya, maka kini menyisakan fitur yang sangat akrab guna mendukung keinginan penambahan tautan "read more" disana.

Adalah tombol sakti ini pelakunya :


Dengan demikian, saat kita berada di editor guna menulis postingan, klik tautan diatas tepat didepan bagian tulisan kita yang hendak dipenggal. Secara otomatis wordpress akan mengimbuhkan tulisan di bagian yang tadi kita tentukan. Setelah itu postingan bisa Tampilkan dan lihat hasilnya. Sangat memudahkan.
Cara serupa juga bisa digunakan bila kita hendak mengedit postingan sudah ada sebelumnya.

Catatan : Bagi pengguna Blogsome yang masih memiliki masalah mesti sudah mengikuti petunjuk yang ada di blog ini, ada baiknya melakukan cek di bagian Plugins. Pastikan plugin WYSI-Wordpress dalam keadaan deactivate. Setelah itu cek kembali editornya, apakah tombol [More] seperti gambar diatas muncul.

Tautan terkait :

- Pasang "Read more" di Layout blogger.
- Pasang "Read more" di Template blogger.



9 komentar:

  1. Waaahhhh, makin menarik aja pembahasannya...

    Btw, apa mas Agus punya blog dr WP, hhhmmmmm..... :D

    BalasHapus
  2. Anonim10:15 PM

    Ada sedikit masalah untuk yang menginginkan 'full feed'.
    Untuk WP versi terbaru, jika diberi tag 'more', maka feed akan terpotong (di tempat 'more' itu berada) walaupun setting feed sudah pada 'full feed'.

    Kenapa spesifik WP versi terbaru? Karena saya pakai WP 2.0.7, dengan setting 'full feed', menggunakan tag 'more' untuk memotong post (yang biasanya puanjang itu hehe...), dan feed muncul dengan utuh.

    Ini sebab utama kenapa saya ngga upgrade dari WP 2.0.7.
    Hiks, saya cinta pembaca, ingin mereka nyaman dengan feed reader mereka :)

    Dan untuk pengguna WP.com, tidak ada cara lain kecuali pasrah atau protes ke Matt hehe...

    BalasHapus
  3. Anonim1:57 PM

    ass. sykrn jzkllh mas Agus, 'read more' on WP nya manjur. satu lagi kalo boleh nanya (soalnya saya utak-atik sendiri ga ketemu2), kalo supaya postingan kita masuk halaman yang kita inginkan gimana caranya, misalnya ingin tulisanya ada di halaman 'hikmah'.

    BalasHapus
  4. pro yuriko : tentu nih, untuk mencoba fitur mesti ngetes langsung biar afdol kan...

    pro lita: makasih infonya nih....di wp.com memang sangat terbatas skarang ya....

    propurnama : maksudnya bukan halaman kali....namun kategori ya? karena halaman di wp itu statis..sedang kategori dinamis...bisa kita perbarui kontenya...betul kan ke kategori?

    BalasHapus
  5. Anonim3:54 AM

    Salam dari Semarang Kang Agus..
    Sukron yaaa..Ilmu Kang Agus bener2 up to date ya..
    Tau aja yg terbaru dari smua penyedia layanan blog.

    Numpang nanya, merubah beberapa color dari tampilan wordpress, apa harus dari CSSnya? [kalo di blogspot kan mudah yaa...]

    matur suwun...

    BalasHapus
  6. apa yang diperkirakan bunsal benar adasnya....bila di blogspot, kita mengenal shuffle color, atau pengocokan warna untuk mendapatkan pilihan warna secara acak, plus juga bisa edit warna di bagian CSS, maka untuk wordpress memang hanya dimungkinkan melalui CSS. sayang ibu memang layanan terbatas dr wordpress.com ya? jadi sangat terbatas untuk melakukan penyuntingan warna bu. atau ada kemungkinan untuk upgrade ke layanan berbayaranya ;)?

    BalasHapus
  7. Anonim11:56 AM

    gimana merubah tulisan '(more...)' jadi '(baca selengkapnya'?

    BalasHapus
  8. pro gaffar : untuk wordpress dengan hostingan di tempat sendiri coba edit bagian index.php, lalu cari bagian ini :

    <div class=”entry”>
    <?php the_content(__(’<strong>(more …)</strong>’)); ?> </div>

    kata (more …) ganti dengan kata substitusinya.Pastikan file ini sudah diganti ijinya (CHMOD) ke 777 agar bisa berjalan lancar.

    BalasHapus
  9. Anonim10:50 AM

    Thanks ya... 'more' itu sdh sy ganti...

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer