Pengikut

05 Juni 2007

HTML : Marquee

Sajian teks yang tampil secara aktraktif tentu akan sangat menyegarkan. Tentu kita pernah melihat tampilan teks yang berjalan dari bawah ke atas. Atau pula tampilan banner yang berjalan dari bawah ke atas. Sangat memesona dan mengundang perhatian pengunjung.

Semua berkat dukungan teknis Marquee dalam kode HTML. Ya, dengan kata marquee ini kita bisa menjalankan teks maupun gambar sesuai dengan keinginan kita. Menggunakannya pun semenyenangkan melihatnya.

Berikut adalah beberapa kode marquee dasar yang bisa kita gunakan :
teks berjalan ke kiri
<marquee direction=left>teks berjalan ke kiri </marquee>
teks berjalan ke atas
<marquee direction=up>teks berjalan ke atas </marquee>
Keterangan : Untuk mendapatkan efek yang berbeda, kita bisa mengganti 'left' ke 'right' agar teks berjalan ke kanan, atau gantilah 'up' dengan 'down' agar teks berjalan ke bawah.

Marquee juga memiliki atribut lain untuk melengkapi hasil yang bisa ditampilkan.

Misalnya : onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()"
link1
link2

<marquee direction=up onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()"><a href="#">link1</a><br><a href="#">link2</a> </marquee>
Dengan menyelipkan atribut diatas didalam marquee, maka saat teks yang berjalan didekati oleh mouse, maka teks akan tertahan (stop) dan saat mouse maka teks akan kembali berjalan. Sangat membantu bila kita menyertakan tautan (link) di dalam marquee agar mudah dikendalikan pengunjung.

Ok, selamat beranimasi sederhana.

Tag : kode html marquee, marquee.
Add to Technorati Favorites