Pengikut

31 Juli 2007

Blogger : Add Notes to Your Comment Page

Apakah ada lagi yang baru di blogger.com? Beginilah pertanyaan yang sering masuk bila blogspot mania sering mampir ke edittag.

Kali ini kabar berikut tak bisa dianggap sebagai fitur baru, tapi lebih cenderung kepada pelengkap dari fitur yang sudah banyak dikenal sebelumnya. Bila sebelumnya kita sudah sering mengutak-atik bagian penyetelan komentar, dimana dibagian ini kita dibebaskan untuk mengatur tampilan komentar yang masuk, moderasi komentar, atau juga memilih siapa saja yang boleh berkomentar di blog kita, atau apakah perlu menampilkan pop-up bila hendak mengisi komentar, maka kali ini ada sesuatu yang berbeda dari pemandangan biasanya. Berupa sebuah kolom baru dengan label "Pesan Formulir Komentar". Untuk apa keberadaan kolom ini?

Berikut adalah visualisasi dari hasil yang didapat bila kolom ini terisi.

Di gambar pertama, ini adalah tampilan yang bisa ditemui saat kita berada di halaman pengisian/pembacaan isi komentar. Sedang di gambar kedua, (masih di halaman yang sama untuk pengisian komentar) ada penambahan imbuhan beberapa kalimat penyerta. Bagian inilah yang hendak kita bahas. Lalu apa yang bisa kita masukan dibagian ini?

Banyak! misalnya kita ingin memperingatkan calon komentator agar bersabar menunggu jawaban bila mereka meninggalkan komentar berisi pertanyaan. Atau bisa pula kita tambahkan tautan ke halaman forum untuk menghindari pertanyaan yang sama dan sering diajukan (tentunya bila kita sudah memiliki forum lebih dahulu). Atau bisa pula kita sertakan beberapa kalimat untuk meminta secara halus agar calon komentator tidak mengajukan pertanyaan di luar topik bahasan postingan, dan bisa jadi pula bila kita isikan dengan pesan agar mereka membubuhkan alamat email terutama untuk mereka yang tidak memiliki blog, dengan begitu komentar dan jawaban balasan bisa dikirimkan langsung ke inbox mereka.

Tertarik untuk memanfaatkan kelebihanya? segera masuk log (log in), tuju Pengaturan pada blog yang hendak dituju, lalu klik tab Komentar dan gulung halaman ke bawah hingga menemukan kolom dengan pesan berikut Pesan Formulir Komentar. Isikan pesan kita disana, dan akhiri dengan menekan tombol Simpan Pengaturan.

Tag : pesan formulir komentar.

Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com