Pengikut

HTML : Create Dropdown Menu

Tampilan blogroll berupa dropdown memang jitu untuk memangkas ruang blog yang tersisa. Dengan wujudnya yang praktis, hanya perlu mengklik opsi dari alamat-alamat blog teman , maka kita bisa melemparkan halaman ke alamat URL yang dituju.

Sayangnya widget bawaan blogger untuk mengumpulkan alamat URL teman belum dibekali dengan kemampuan ini. Baru sebatas tampilan widget arsip yang bisa diolah tampilanya menjadi dropdown.

Untuk itu kita bisa saja mencantumkan kode dropdown ke dalam wadah widget HTML/Javascript sebagai berikut :

<select name="archivemenu" onchange="document.location.href=this.optionsthis.selectedIndex].value;">

<option selected>- Pilihlah -</option>
<option value="[alamat URL]">nama blog1</option>
<option value="[alamat URL]">nama blog2</option>
<option value="[alamat URL]">nama blog3</option>
</select>
Contoh :



Hanya memang kelemahanya kita mesti menuliskan satu persatu alamat URL bila ada penambahan. Alternatif lain untuk menghemat buka tutup akses widget adalah dengan menggunakan layanan dari Oggix akan Link Manager. Meski masih terhitung memasukan kodenya ke dalam widget HTML/Javascript, namun untuk menambahkan alamat URL kita bisa melakukannya dalam dasbor Oggix. Tentu ini akan lebih irit bila kita masih aktif menggunakan layanan dari Oggix. Semisal layanan Shoutbox tak berbayarnya. Jadi sekali kita balas sapaan melalui shoutbox kita juga bisa memasukan alamat URL teman dan menampilkan menu dropdown sekaligus. Wah...cocok nih buat yang kepincut dengan alamat blog teman baru dan berniat memasukan daftar temannya sekaligus.

Jadi bila kita sudah masuk log ke dalam Oggix, tuju Menu Manage Link, masuk ke submenu Settings, pada daftar isian selanjutnya kita akan menemukan kolom Type. Pilih opsi Dropdown. Lalu Save. Untuk memasukan alamat URL teman, kita buka submenu Manage Link (masih dalam menu utama Manage Link). Masukan nama, alamat URL dan deskripsi blognya. Bila selesai tekan Save. Lalu untuk mendapatkan kode HTML kita tuju menu Install Manage Link, lalu salin kode yang sudah dibuat secara otomatis disitu.

Bila sudah disalin maka pasang pada elemen halaman dengan pilihan HTML/Javascript (layout->penambahan elemen halaman->tambahkan elemen halaman->HTML/Javascript).

Nah, serta merta akan muncul blogroll dalam wujud dropdown disana.

Tag : blogger horizontal drop down menu.


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

8 komentar:

  1. contohnya kaya' gimana yah, gak kebayang nih :D

    BalasHapus
  2. contohnya sudah dipasang, semoga membantu...:)

    BalasHapus
  3. aku baru bikin kok gak sukses yah??

    BalasHapus
  4. boleh tahu, yang gagal di HTML atau di Oggixnya nih?

    BalasHapus
  5. mas agus, thanks ya...kalo mo buat windows scroll down gmn mas? jd yg tampil bukan sebagian aja tapi seluruhnya...kaya tampilan comment box ini loh...

    BalasHapus
  6. Gunakan saja MULTIPLE SIZE dibelakang SELECT NAME="", jadi misalnya menjadi <SELECT NAME="teman" MULTIPLE SIZE=6>

    BalasHapus
  7. kang kok saya ga bisa ya? aneh dagh... hasilnya ga nglink gt... adda saran? tolong review blog sasya ya... yg drop down other journey ga bisa... knp ya?

    BalasHapus
  8. aku lihat [ dan ] masih terpasang, namun begitu postingannya dicoba skali lagi skarang jadi ga efektif nih, ada masalah dengan browsernya....ada baiknya gunakan pilihan serupa dari oggix.com.

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer