Pengikut

Blogger : Show Profile's Icon in Comment Area

Pernah menemukan keganjilan saat kita meninggalkan komentar di blog teman, namun setelah terkirim dan ditampilkan, tak kunjung menemui gambar profile blog kita disana?
Padahal jelas-jelas kita sudah memasukan user dan sandi akun blogspot setelah membubuhkan komentar. Ataukah memang koneksi internetnya yang memaksa gambar profil tak muncul disana?

Untuk menyelidikinya kita bisa menilik komentar-komentar yang ada sebelumnya (bila ada), apakah komentar diatasnya juga sama, tak menampilkan gambar seperti komentar milik kita? bila memang tak ada gambar profil terselip diantaranya, bisa jadi ini kemungkinan kedua :

Pengelola blognya tak mengijinkan gambar profil ikut disertakan ke dalam komentar yang masuk. Apakah itu mungkin?

Secara teknis memang bisa dan diperbolehkan oleh pihak Blogger.com selaku penyedia layananya. Jadi edittag tak berniat untuk menebak dugaan yang muncul sehubungan dengan kasus seperti ini. Semakin dicoba sepertinya selalu gagal mendapat alasan yang tepat untuk sekedar menebaknya. Bagi edittag pribadi, akan sungguh baik memunculkanya daripada menyembunyikanya.

Satu hal yang menjadi pijakan utama mengapa gambar profil perlu dimunculkan adalah : keamanan dan keabsahan penulis komentar. Edittag percaya, kita semua sepakat bahwa dengan mengisi nama dan sandi akun blogspot saat meninggalkan komentar, saat itu pula pihak blogspot akan melakukan verifikasi keabsahan akun yang dimasukan. Dan hasil keabsahan ini akan ditandai dengan dimunculkannya ikon profil di samping komentar yang kita bubuhkan. Sebentar, satu hal yang perlu ditegaskan kembali disini : keabsahan penulis komentar.

Inilah yang memberi garis tebal perbedaan antara kita memasukan akun blogspot dengan hanya meninggalkan nama dan alamat blog pada pilihan saat menulis komentar. Tahu kan? ada 3 pilihan bila opsi semua orang bisa berkomentar di blog kita. Bila kita memilih pilihan yang kedua (yakni hanya meninggalkan nama dan alamat blog), bisa dibilang hal ini sangat rentan diisi hal yang tak semestinya. Anggap saja ada yang secara iseng meninggalkan nama dan alamat blog orang lain untuk menutupi profil sang penulis komentar.

Sekali lagi kita sepakat, komentar semestinya menuntut transparansi penulis komentar sesungguhnya. Apa jadinya bila tanpa kita ketahui ada pihak yang sekendak hatinya menulis komentar yang tak bisa dipertanggungjawabkan.

Nah sekali lagi ikon profile akan dengan mudah menentukan siapa-siapa saja yang memang menulis komentarnya secara sebenarnya. Dengan dimunculkannya ikon ini kita akan tambah yakin bahwa pemberi komentar memang adalah pihak yang berkompeten.

Untuk itu sekali lagi : harap buka opsi memunculkan ikon profil dalam pengaturan blog kita. Caranya adalah setelah masuk ke dasboard, tuju bagian Pengaturan, ke tab Komentar lalu pilih "
Tampilkan gambar profil dalam komentar?" dengan jawaban "Ya".



Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

2 komentar:

  1. yg susah jg jika mengunjungi balik taut profil (bukan taut blognya langsung..ato disertakan keduanya[??]) pemilik komentar..terutama kalo blognya banyak banget (pdhl cuman trial/sekedar contoh coba2)..bales dimana nih.. :D

    Dani Iswara Weblog

    BalasHapus
  2. memang banyak juga nih yang skarang kayaknya punya paham satu blog tak cukup untuk satu akun, jadi merepotkan kalo untuk sekedar balas komentar ya :)
    dibalas dimana saja mungkin bakalan sampe ke tujuan selama dia mengatur semua komentar masuknya di teruskan ke email.
    kalo pun tidak, semoga saja dia kaget ada komentar masuk di blog yang cuman isinya satu postingan :D.

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer