Pengikut

09 April 2008

Google Weblogs

Semakin banyak yang kangen dengan tampilan blog di blogspot yang bisa dikustom lebih jauh. Pertanyaan yang sering diajukan adalah "Bisakah blogspot menerima penyetelan postingan dengan kategori tertentu saja yang bisa ditayangkan di halaman muka, sedangkan postingan dengan kategori lain disembunyikan dengan link kategori saja?", ada juga "Bisakah kita mengurutkan urutan postingan menjadi terbalik, dimana postingan baru dimunculkan di halaman paling belakang?", atau juga "Bagaimana postingan dengan kategori yang kita tentukan menjadi sebuah link-link yang tertata rapi dibagian sidebar?"

Akan menjadi pertanyaan yang sulit dijawab saat ini. Nyatanya tak ada fitur langsung jadi yang bisa menjawab keinginan diatas. Mungkin saja pertanyaan itu terilhami dengan fitur di Wordpress yang memperbolehkan pengaturan kategori tertentu di halaman muka. Atau siapa tahu memang kebutuhan pemilik blog begitu menuntut teknologi baru yang semakin unik dan selalu baru?

Coba apa reaksi Google dengan demand seperti ini? Beberapa hari lalu Google mengabarkan sedang mengembangkan layanan blog terbaru yang jelas berbeda dengan Blogger.com yang dibelinya dari Pyra labs di tahun 2002. Simak tawarannya yang akan membawa aran Google Weblogs atau GWeblogs atau juga Gblogs (jangan salah baca jadi goblog ya :D).

- Tak mesti diurut berdasarkan urutan tanggal, karena secara otomatis layanan ini akan menampilkan postingan paling ramai di bagian atas blog.
- Tak perlu bingung menambahkan sidebar tambahan, karena secara otomatis (lagi) mereka akan menggabungkan postingan yang relevan dalam sidebar tersendiri.
- Tak perlu merisaukan Page Ranking, secara otomatis (lagi) mereka membenamkannya ke pencarian Google agar lebih mudah terlihat pengunjung.
- Tak perlu bingung ingin pasang gambar apa dibagian header, mereka akan secara otomatis (lagi lagi nih...) menampilkan gambar segar setiap kali ada even tertentu (seperti halnya saat kita lihat gambar bunga di mesin pencari google saat valentine ya?)

Bagaimana? puas? Tentu belum bila belum melihat contohnya kan?, sabar ya, bila mereka telah mengabarkan hal ini artinya sudah ada versi beta yang sedang diujikan. Tinggal kita tunggu saja gebrakan mereka.





Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com