Pengikut

16 Juni 2008

Another Benefit of Getting High Page Rank

Minggu lalu sembari mengendorkan urat syaraf sehabis berolah raga, kegiatan blogwalking beberapa kali menemui postingan bertema Page Rank (PR) dari Google. Dari yang mulai bertanya-tanya mengenai langkah-langkah mendapatkan ranking tinggi, keheranana akan PR blognya yang kadang naik namun suatu saat bisa terjun bebas, kekagumana akan blog lain yang bisa mencapai rangking yang sehat, hingga keuntungan memiliki PR yang tinggi.

Edittag selalu punya opini, makin tinggi PR makin tinggi pula keuntungan yang diterima. Tentu nilai blog akan diapresiasi positif bila menyandang PR tinggi. Tak heran tentunya bila banyak yang berlomba-lomba untuk menautkan link blognya ke blog tersebut. Rasanya, mencari teman sesama blogger menjadi kegiatan yang mudah. Mereka bisa datang dari mana saja.

Nah, bila diasumsikan seperti diatas, mestinya juga blog kita menjadi mudah ditemukan oleh semua orang yang beraktifitas di Internet, termasuk juga pengiklan. Nama-nama seperti Google Adsense, Adbrite, TLA, Amazon hingga yang lokal seperti kliksaya dan kumpulblogger tentu dimaklumi bila mereka mensyaratkan keanggotaan denga sistem pendaftaran untuk mengikuti programnya. Namun bagaimana bila suatu saat ada pengiklan yang langsung terpesona oleh kekuatan PR kita.

Inilah yang biasa disebut Direct Advertiser. Mereka lah yang melakukan sistem jemput bola untuk memajang iklan di blog dengan PR tinggi. Jangan tanya dari mana mereka menemukan blog tersebut. Logikanya, PR tinggi menyita perhatian yang tinggi pula.

Edittag termasuk yang beruntung mencicipi sistem iklan seperti diatas. Tiba-tiba ada email masuk dan membawa berita manis yang menyatakan ketertarikan mengiklan dengan imbalan donasi tertentu. Ingat kan, salah satu blog edittag waktu itu punya PR 7? nah mereka (para pengiklan) begitu suka dengan keunggulan ini.

Uniknya, pihak pengiklan juga mengirimkan semacam surat perjanjian (dalam bentuk elektronik tentunya) untuk mengikat kerjasama ini. Disitu nanti akan tertulis syarat-syarat, ketentuan, dan berapa kisaran biaya yang akan kita terima bila mengikuti perjanjian ini. Coba tengok sebentar tangkapan layar berikut :



Lumayan dong, perbulan bisa terima $200 hanya dengan menayangkan iklan saja. Bagusnya juga mereka mengirimkan via Paypal hingga memudahkan penerimanya. Cukup menunggu tanggal tertentu, kita bisa segera withdraw akun paypal ke tabungan di negeri kita sendiri. Cara taktis mengisi tabungan tanpa perlu ke bank.

Selanjutnya usaha yang kita perlu lakukan adalah mengamankan status PR kita agar tetap stabil. Mungkin beberapa bulan berikutnya PR bisa turun. Namun kita bisa percaya satu hal lagi, apapun yang bisa naik tentu bisa turun, dan begitu pula sebaliknya. Kita bisa usahakan untuk naik lagi bila PR kita turun.

Jadi, tetaplah berpegang teguh untuk mengamini bahwa PR tinggi juga akan membawa keuntungan tinggi (terlebih secara finansial kan ;))....