Pengikut

13 Oktober 2009

Pendaftaran Pesta Blogger 2009 Sudah Dibuka

Tepat 11 hari menjelang dilangsungkannya Pesta Blogger 2009, panitia mulai hari ini sudah mulai membuka pendaftaran. Kabar ini juga terlihat banyak ditunggu, hingga siang hari ini kabar ini sudah mulai banyak ditemukan di mikroblog Twitter dan juga situs jejaring Facebook.

Pada saat pendaftaran, terlihat lancar dan begitu mudah. Meski harus mengisi semacam polling terlebih dahulu. Agak khawatir juga awalnya, karena biasanya dengan pengisian polling ini, waktu untuk pendaftaran menjadi molor lebih lama. Masih ingat dengan kejadian sebelumnya di pesta blogger 2008, dimana mendaftar adalah tindakan yang merepotkan.

Sudah beberapa kali coba diakses, saat itu webnya selalu mengalami kesulitan. Hingga panitia merekomendasikan bagi blogger yang ingin turut serta namun terkendala proses pendaftaran, untuk langsung saja datang ke acara tanpa perlu daftar via online.

Inikah pertanda "gaungnya" kurang? bisa jadi. Tapi bisa pula karena bandwidthnya juga diperbesar, agar bisa menampung sebanyak mungkin peserta. Hanya saja memang, edittag sendiri merasa, datang ke acara ini tak segempita keikutsertaan mengikuti yang pertama kali.

Ya, ini kali ketiga (rencananya) datang ke acara tahunan Pesta Blogger. Salah satu daya tarik untuk datang kesini adalah mengikuti kelas-kelas mini yang biasanya menghadirkan pembicara nasional. Alasan yang ekonomis, karena dengan tiket Rp. 50.000 bisa mengikuti sesi blogging yang jauh lebih berharga. Kalau sekedar kumpul-kumpul sesama blogger sih sudah tak begitu semenarik dulu.

Awal-awal ngeblog jelas ingin melihat langsung seberapa banyak teman senasib, namun dengan jumlah blogger yang kabarnya mencapai 1 juta di Indonesia, tentu blogger tak lagi barang baru. Terlebih setelah adanya perkembangan dunia internet yang makin memanjakan. Misalnya menulis lebih pendek melalui Twitter, atau juga lebih mudah berkomunikasi melalui situs jejaring Facebook.

Maka tak heran saat mendaftarkan ke Pesta Blogger, salah satu pertanyaan yang menghiasi polling adalah, sejauh mana Anda mempercayai berita di ranah maya : Google, Blog, Twitter, Facebook? atau juga seberapa sering kamu mengkinikan blog, twitter ataupun facebook.

Tanpa mengintip isian pendaftar lain, sepertinya pada setuju, bila mengupdate blog kini lebih banyak bebannya dibandingkan sebelum ada Twitter dan Facebook. Maka tak salah, untuk urusan update status di keduanya, edittag bisa 5 kali lebih banyak daripada di blog.

Untuk urusan update berita juga dari Twitter. Portal berita juga masih dibaca, tapi kini lebih punya banyak akses untuk mencarinya. Itupun dilakukan via Twitter. Jangan-jangan nanti saat Pesta Blogger malah makin banyak yang mengupdate Facebook dan Twitter dibandingkan buka blog saat acara berlangsung ya?