Pengikut

03 Oktober 2011

AlphaDog, Robot Artileri Terkini

Lupakan kuda, atau hewan lainnya untuk dibawa serta di medan pertempuran. Karena kini, muncul robot sejenis yang bisa memadukan kemampuan teknis kuda, disertai dengan kecanggihan teknologi tempur yang mumpuni.




Boston Dynamics, yang ditunjuk sebagai proyek pemerintah Amerika untuk pengerjaain proyek robot militer baru saja merilis sebuah video. Dalam video ini, ditampilkan sebuah robot berkaki empat yang mampu menopang beban seberat 180 kilogram sejauh 30 kilometer dalam sebuah ujicoba yang dilakukan selama 24 jam tanpa henti, dan tanpa mengisi ulang tenaga.

Hebatnya lagi, AlphaDog ini mampu melintasi medan yang beragam, dari jalan yang rata hingga bebatuan. Lihat pula bagaimana langkah sang robot ketika diganggu dengan dorongan dua orang dewasa dan mampu tetap kokoh berdiri.

Soal kemampuan, robot ini mampu mengikuti jalur ke medan peperangan berkat teknologi GPS yang telah ditanamkan ke tubuhnya. Agar lebih menyatu dengan pasukan, robot ini juga dilengkapi dengan penglihatan komputer untuk bisa mengikuti jalur prajurit di depannya. Pihak DARPA dan juga angkatan laut Amerika dikabarkan akan segera mencoba kemampuan robot ini setelah pihak Boston Dynamics akan menjajalnya di medan sungguhan di tahun 2012.