Pengikut

08 Mei 2006

HTML : Google AdSense (part 2)

Setelah mengetahui posisi terbaik, ukuran iklan yang direkomendasikan, hal yang tak kalah pentingnya dalam menata iklan AdSense adalah warna.Ini menyangkut warna huruf, border,background,dan variannya yang akan ditampilkan.Pada saat kita login, AdSense memberikan keleluasaan dengan pemilihan warna sesuai dengan tampilan web/blog kita secara keseluruhan.Tentu sangat memudahkan bagi pengguna untuk menampilkan nuansa yang serupa untuk hal ini.Namun tentu saja hal ini bukan hal yang tabu untuk dilawan.Bukankah warna yang berbeda tentu akan menawarkan perhatian yang lebih? Bila diingat, pemunculan iklan tentu diharapkan memunculkan godaan untuk segera mengklik dan mengunjunginya.Dari sinilah pundi-pundi dolar kita cepat menggelembung.Untuk itu pandai-pandailah bermain dengan komposisi warna.

Setelah semuanya dirasa cukup, ini saatnya untuk mengkopi sintak HTML dari AdSense ke dalam template web/blog kita.Ini diawali dengan tag <script type="text/javascript"><!-- dan seterusnya...hingga ditutup dengan </script>

Ada keuntungan sendiri bagi pengguna blogger, karena pada saat kita akan mengedit template kita, ada submenu pilihan AdSense dimana kita bisa secara instant memasukkan posisi iklan pada halaman depan blog, tanpa perlu mengcopy paste sintak HTML seperti pada cara diatas.Hanya dibutuhkan login dan selanjutnya blogger akan memandu kita menempatkan iklan sesuai dengan ukuran dan warna.Mungkin kekuranganya hanya posisi yang ditawarkan hanya pada posisi bagian atas/header blog kita.Ini pun sesungguhnya posisi yang menarik untuk ditempatkan.

Bila mendapati hasil yang agak berbeda dengan keinginan kita, mungkin dalam hal ukuran, warna, atau format iklan yang ditampilkan, ada baiknya kita memodifikasinya agar cocok dengan keinginan kita.Parameter seperti google_ad_width,google_ad_height,google_color_border,google_color_text bisa kita ganti secara manual.Tentunya ini membutuhkan kejelian dan ketelitian.Kuncinya berani mencoba!.Perhatikan untuk bagian google_ad_client jangan sekali-kali diganti.Nilai inilah yang menunjukan kepemilikan account di AdSense.

Lalu katakanlah bila kita memiliki web/blog yang lain, apakah kita mesti mendaftarkan kembali untuk mendapatkan account di AdSense? Tidak perlu.Kita bisa mengkopi sintak HTML tadi ke web/blog yang berbeda.Tentunya ini sangat menguntungkan karena kita memiliki lebih banyak "punggawa" yang rela menyebarluaskan iklan kita.

Ada pula rekan yang menanyakan mengapa iklan di blognya belum memunculkan angka kredit di accountnya? angka kredit akan muncul apabila ada iklan AdSense kita yang diklik oleh pengunjung.Hal yang lumrah ditemukan pada kondisi web/blog yang masih baru, atau juga web/blog yang memiliki konten dalam bahasa Indonesia.Google Adsense hanya mendukung 18 bahasa dunia, dan sayangnya bahasa kita tercinta belum mendapatkan dukungan dari pihak Google untuk dipergunakan dalam iklannya.Jangan tanya kenapa hal ini kepada saya, meski sebenarnya saya sering pula menemukan web/blog yang kedapatan memunculkan text berbahasa Indonesia di dalamnya.Bila diperhatikan, AdSense juga menawarkan pihak pemasang iklan untuk memasang iklanya disetiap web/blog yang menampilkan iklan AdSense didalamnya.

Apakah ada tipsnya sehubungan dengan isu bahasa ini? tentu ada.Kita bisa menggunakan bahasa Inggris misalnya disetiap subject blog kita.Atau gunakan bahasa Inggris untuk kata-kata tertentu yang memang familiar kita temukan dalam bahasa ini.AdSense akan menyesuaikan materi iklannya dengan konten yang ada di web/blog kita.Inilah mengapa iklan yang disebut dengan iklan tematik.

Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi tautan berikut.

http://adsense-id.com

Tag : memasang script google adsense, MEMASUKKAN KODE HTML ADSENSE PADA BLOGGER.