Pengikut

03 Mei 2006

HTML : Google AdSense (part 1)

Beberapa diantara kita mungkin belum mengenal Michael Cheney.Seorang tenaga pemasar berkebangsaan Inggris yang berhasil mengumpulkan lebih dari USD $19.000 (setara rp.131.730.000)perbulan hanya dari AdSense.Banyak yang tertarik tentunya dengan berita yang sangat bombastis seperti ini.Ujung-ujungnya tentu membayangkan apa yang bisa kita lakukan dengan uang sebanyak itu.Jangan pula cepat-cepat menuduh ini adalah bisnis MLM.

Lalu apakah itu AdSense?Adalah program dari Google untuk menempatkan iklan berupa text atau gambar pada website selain website Google seperti blog yang sedang Anda baca ini.

Adsense akan menampilkan text maupun gambar yang relevan dengan target dan isi weblog kita.Dan saat kita menambahkan google search di weblog kita, Adsense akan menampilkan iklan text yang relevan dengan hasil pencarian melalui mesin pencari Google.

Kita tidak perlu memiliki situs yang besar atau memiliki traffic yang tinggi untuk menghasilkan uang,Adsense juga bekerja untuk situs-situs perseorangan.Tentu hasilnya akan lebih baik bila kita memiliki situs,bisa berupa blog, yang memiliki traffic yang baik.Ini sesuai dengan gambaran teknis yang menyatakan semakin banyak pengunjung yang datang, semakin banyak kemungkinan iklan yang bermunculan, maka semakin banyak pula kemungkinan iklan tersebut dikunjungi.Laiknya hukum ekonomi ya?

Halnya yang perlu dilakukan pertama kali guna menggunakan program ini adalah memiliki account email (tidak harus email di google).Ini digunakan untuk login ke halaman AdSense.Setelah itu daftarkan account Adsense dengan membuka https://www.google.com/adsense.

Setelah mengisi formulir pendaftaran secara online dan disetujui, Adsense akan mengantarkan kita ke bagian bagaimana tata cara penyetingan dan penempatannya ke web kita.Tinggal copy paste sintakHTMLnya dan iklan yang sesuai dengan target kita akan muncul diweblog kita.

Ada baiknya pada saat penyetingan iklan kita harus memperhatikan posisi, bentuk, warna dan ukuran yang akan ditampilkan.

Penempatan iklan di bagian atas akan jauh mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan di bagian bawah.
(kecuali pada halaman yang pendek, tanpa menampilkan scroller dibagian sisinya)

Tempatkan iklan di bagian yang kaya akan konten/isi atau di bagian navigasi karena dibagian inilah pengunjung biasanya terfokus.

Bayangkan pula bagian-bagian yang kira-kita mata kita (sebagai pengunjung setia) paling sering diperhatikan.Paling tidak ini bisa menjadi acuan bagian mana kira-kira mata pengunjung akan terfokus.

catatan : bagian yang lebih gelap akan menunjukan posisi penempatan iklan yang lebih baik.

lalu ukuran yang mana yang paling banyak direkomendasikan? menurut servise google yang dirilis, berikut ukuran yang paling efektif :

  • 336 * 280
  • 300 * 250
  • 160 * 600
Pilih ukuran yang paling sesuai dengan situs kita.Ukuran lebih lengkapnya bisa dibaca disini.

Berikut adalah hasil yang didapat saya pada hari ini (03-05-06):



Tag : cara memasang HTML GOOGLE ADSENSE, daftar Adsense.
Bersambung..