Pengikut

WEB : Resize Oggix Preferences

Memang tak mudah untuk mendapatkan tampilan shout yang sesuai dengan bentuk blog yang kita miliki.Terlebih bila menggunakan template karya orang lain.Ada keterbatasan dalam memunculkan kreasi tool blog lainnya.Seperti misalnya layanan shout dari Oggix.

Secara default Oggix memberikan tampilan shoutnya dengan ukuran table 170px.Lalu muncul table-table lain di dalamnya yang bila kita lihat dari hasil akhir tampilannya memakan space sekitar 200px.Lalu bagaimana bila kita memiliki space pada sidebar kurang dari 200px? tentu hasilnya tampilan shout kita akan bertentangan dengan tampilan menu-menu pada sidebar.

Pada kasus ini saya coba untuk mengganti ukuran layanan shout di blog temen saya djielz.Pada template blogger yang digunakannya, sidebar hanya menyisakan ruang untuk bagian sidebar sekitar 140px.Lalu bagaimana kita mengubahnya? karena saat kita menginstall kode HTML dalam admin Oggix kita tidak diberi keleluasaan dalam mengatur lebar tampilannya.

dan berikut hasil tampilan sebelum dan sesudah diedit :
Kode sourcenya ada disini : tag-awal.html

Kode sourcenya ada disini : tag-akhir.html

Ukuran smileynya sengaja diperkecil agar ukuran table luarnya masih cukup untuk menggenapkan ukurannya menajadi lebih kecil.Bila perlu ikon smileynya pun bisa kita delete.Saya lebih terbiasa menggunakan smiley word daripada ikon, walaupun hasilnya setelah dipostingan ikonnya pun muncul.
Tampilanpun jadi lebih rapi ya?

Trik selanjutnya : Mengganti tinggi ukuran shoutbox Oggix.

21 komentar:

  1. Makasih banyak lo bang Agus udah nyempetin utak atik Sut Box djielz. Tapi sepertinya djielz juga perlu nyesuaiin dikit deh :D sekalilagi makasih :)

    BalasHapus
  2. wah.. saya baru pake oggix, jadi ga ngerti apa2 and belum explore :D hehehe

    BalasHapus
  3. Anonim8:29 AM

    Table sisi luar ndak bisa dikecilin pak? Saya termasuk yg pusing ngedit oggix. Solusi akhir : ganti shoutbox aja deh :)

    BalasHapus
  4. dikecilin lagi bisa, cuman tampilannya jadi minimalis bgt...alias sempit...ga menarik malah hasilnya.
    oggix emang aneh ya...kasih kodenya HTML table....panjang bener....:D

    BalasHapus
  5. Mas/Pak, makasih, postingannya bagus. Tapi kalo mo mendekin shoutbox gmn ya? liat deh SB-ku, panjang bener... gak ada scroll down-nya, gimana ya?
    Tengkyu yaa... :)

    BalasHapus
  6. ada baiknya log in ke oggix.com, lalu coba masuk ke menu install shoutbox -> lalu saat masuk ke step ke 2 pilih Framed shoutbox with simple smilies...lanjutin sampe selesai...
    nanti kode yg didapat pasang di template blog.isi shoutnya juga ga bakalan ilang kok...ini hanya menukar tampilan aja..smoga membantu,,,

    BalasHapus
  7. siiippp.. mau coba2 dulu ahhh... mudh2n kali ini berhasil ;) thanks yaa mas.. infonya :)

    BalasHapus
  8. aduh.. dewi masih bingung niy.. baru ganti jadi oggix, tapi pengennya lebih panjang lagi.. gimana ya caranya?????

    BalasHapus
  9. pengen lebih panjang? coba disetel lagi, login ke oggix lalu ke bagian install oggix terus HTML code, lalu cari shoutbox type (di langkah ke 2) cari di bagian bawah yakni Embedded shoutbox

    BalasHapus
  10. Anonim2:18 AM

    mas agus, aku coba ngecilin ogix juga agar pas di side bar yang ukurannya mini, aku ambil kodenya dari yang mas agus refer untuk djielz, aku ganti id-nya djielz dengan id punyaku, tampilannya ok! berubah sesuai dengan yang diinginkan, tapi kok jadi gak jalan ogixnya? jadi gak bisa ditulis pesen-nya? tolong penjelasannya mas? :)

    BalasHapus
  11. pro joni, masih dengan komentar yg sama...coba disetel lagi, login ke oggix lalu ke bagian install oggix terus HTML code, lalu cari shoutbox type .....moga berhasil...

    BalasHapus
  12. mas agus kalo di blog friendster masang oggix gimana...soalnya oggix di blog fs aku kelebaran

    blog fs aku :
    http://suwiryo.blogs.friendster.com/my_blog/

    BalasHapus
  13. ukuranya coba dikurangi ke 150, di 170 yg skarang emang jadi melebar, masuk aja ke oggix dan seting ukuran lebar, atau bisa aja kodenya dr oggix diganti, dari angka 170 ke 150, lalu save di fsnya

    BalasHapus
  14. aku sudah coba merubah ukuran dari 170 ke 150 bahkan 130 tidak ada perubahan

    aku sudah coba di bagian edit fs kalo di oggix aku sudah coba juga. Btw di control panel rubah lebar oggix di oggix contol panel sebelah mana ? aku coba di HTML Input (salah kamar ya ?)

    cara pasang shoutbox di OGGIX panduanku dr sini:
    http://reggie_ray10.blogs.friendster.com/my_blog/2007/10/tips_pasang_sho.html#comments

    BalasHapus
  15. Terima kasih atas tutorial yang diberikan. Sangat berguna.

    http://noorhidayat.com

    BalasHapus
  16. trus oggix punya kamu mana???

    BalasHapus
  17. Anonim11:33 PM

    makasih bro infonya...
    trus berkarya sob!!!
    MERDEKA!!!

    BalasHapus
  18. Ok, sama2, aku sudah ga pake oggix lagi, malahan ga ada shoutbox sama sekali.

    BalasHapus
  19. Mf bos,mo nanya aku dah masuk oggix tpi koq ga nemu hmtl nya di mana ya?

    BalasHapus
  20. kode HTMLnya sudah ketemu?

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer