Pengikut

21 September 2006

Web : Blog or Web? Q and A.

Pagi ini edittag menerima email dari seorang yang baru memulai memiliki dan menulis blog.

Berikut daftar pertanyaannya :

T : Bikin Blog bisa dalam keadaan offline ga?seperti bikin web?
J : Bikin blog bila dimaksudkan memiliki engine blog tentu bisa dilakukan secara offline.Ini biasanya dilakukan di PC yang mendapat dukungan server internal, seperti IIS maupun PHPTriad.Selanjutnya kita perlu melakukan pemasangan engine blog seperti Wordpress ataupun program CMS (Content Management System) lainnya menuju database internal.Dan blog ini nantinya hanya bisa diakses di komputer / jaringan lokal.Namun bila bikin blog berarti mendapatkan akun blog artinya kita memerlukan koneksi internet alias online untuk melakukan pendaftaran.

Bikin blog pun bisa berarti menulis blog.Bila ini yang dimaksud, maka blog bisa kita tulis dalam kondisi offline.Hanya saja bila blog kita akan dipublikasikan maka kita perlu mempublikasinya dengan cara mengupload atau menyalinnya ke engine blog.

T.Susah mana bikin web atau blog?
J:Saat ini sepertinya sangat mudah untuk membuat blog atau web.Keduanya banyak ditawarkan secara praktis baik dari segi dukungan maupun teknis dan kita pun tak perlu merogoh kocek.Bandingkan dengan awal-awal tahun 2000-an yang sangat minim dukungan.

T: Saya punya akun di geocities, yang menjadi pertanyaan mengapa saat dipublish laman web hanya memunculkan text, padahal saya pasang gambar plus background, plus music background.
J: Pemunculan file gambar atau multimedia lainnya sangat tergantung pada pengalamatan file.Bisa saja kita yakin tampilan gambarnya muncul saat di buka di komputer lokal, namun harus dimengerti bahwa file gambar tersebut berada di komputer lokal.Artinya bila kita ingin gambar yang dimaksud juga bisa dimunculkan di internet maka pertama yang perlu kita lakukan adalah menguploadnya.Kemudian kita perlu mendapatkan alamat URL file gambar tersebut.Alamat URL ini nantinya akan kita pasang di laman web.

Jadi bila kita mendapatkan alamat gambar kita di lokal seperti //My Documents/web/gambar/header.gif, maka pada saat dipublikasikan kita perlu menggantinya dengan alamat URL yang kita dapatkan saat kita menguploadnya di tempat hosting, menjadi seperti http://hostingku.net/images/header.gif.

T: Bila memang perlu HTML untuk membuat web, dimana saya bisa belajar bikin web yang mudah tanpa pengetahuan HTML?
J:Googlepages.
Bila dibandingkan dengan geocities memang googlepages sangat cocok untuk mereka yang minim pengetahuan HTML.Permasalahan gambar seperti kasus diatas tidak kita temui di googlepages.Ada dukungan editor yang sangat membantu di dalamnya.

Untuk keterangan bisa coba baca kilasan googlepages di blog ini.