Pengikut

22 September 2006

Blogger : Blog Training On Rumah Internet Bandung

Pelatihan Blog lagi? Iya, hari ini edittag mengikuti pelatihan Blog di "Rumah Internet" dengan pembicara tunggal Kang Ikhlasul Amal.Menyenangkan dan tak kalah seru.

Pertama yang menyenangkan tentu mendapat bekal ilmu blog baru dari salah seorang master blog yang mengaku bukan berasal dari generasi pertama Blog di Indonesia.Namun bila ditilik dari keberadaan blognya, siapa sih yang belum pernah dengar blogger yang satu ini.Hampir 3 tahun lebih blognya banyak dikunjungi blogger lainnya.Bahkan pernah beliau mencoba untuk tidak mengkampenyekan blog untuk sekedar ingin mengetahui dari mana saja pengunjung yang singgah.Trik yang sangat aneh, karena sangat berbalikan dengan perilaku blogger lainnya yang menempuh jalan apa saja agar blognya dikenal.Beliau pun tak perlu menulis entri yang kontroversial untuk memancing pengunjung.

Pesan sederhana yang ingin dibagikan untuk peserta pelatihan adalah untuk tetap bertanggung jawab terhadap semua entri yang kita tuliskan.Perhatikan etika-etika yang tak tertulis dalam dunia blog.Tuntutan yang wajar, mengingat banyak sekali yang menggunakan media blog untuk hal-hal negatif.Bahkan menurutnya blog bisa menjadi media yang sangat berbahaya dan membahayakan pemiliknya.Untuk itu, seperti halnya kegiatan lain dalam hidup kita, asas berhati-hati mesti dijunjung tinggi.

Banyak sekali ilmu yang dibahas kali ini.Mulai dari motivasi untuk memiliki blog, istilah di dunia blog, hingga yang terahir mulai memiliki blog.

Acara diselingi berbagai pertanyaan dari pengunjungnya.Kang Amal juga terlihat sigap untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan.Bahkan tak salah bila satu pertanyaan muncul, beliau menambahkan pertanyaan serupa yang sering juga ditanyakan.Satu pertanyaan bisa berarti ilmu yang terhampar luas.

Mudah-mudahan tidak lama lagi kita berkesempatan mengunduh materi pelatihan langsung dari pemiliknya.

Satu lagi kesempatan yang dimiliki edittag untuk bertemu dengan tokoh-tokoh blog indonesia, setelah minggu lalu berkesempatan bertemu dengan Kang Dhika, Bang Jonru dan Kang Iqbal.

Hidup dunia blogging indonesia!.