Pengikut

Blogger : Claim Your Blog

Kekeliruan menulis alamat URL kadang bisa terjadi tanpa kita sadari.Lalu apakah pengaruhnya bila kita meninggalkan alamat blog yang salah ketik tadi dan malah diakses oleh orang lain? Jawabannya mungkin gampang, blognya akan dimunculkan pesan kesalahan seperti :
Blogger: 404- Page not found (bila memang alamat yang dimaksud tidak valid).Namun bila alamat tersebut akhirnya merujuk ke alamat blog yang hampir sama subdomainnya dengan nama blog kita di Blogger atau penyedia layanan blog lain pasti hasilnya bisa lebih mengejutkan.

Edittag pernah menemui kasus penamaan alamat blog yang hampir sama.Coba akses http://silakanbaca.blogspot.com/kemudian dilanjut dengan membuka http://silahkanbaca.blogspot.com/.Perhatikan dengan seksama.Sangat terbuka kemungkinan silahkan ditulis silakan, atau sebaliknya.Padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat nyata.Bila ditilik dari konten, jelas konsep baru MLM dan cerita-cerita risnadewi, sang pemilik blog, sangat tak berhubungan.Belum lagi bila ditilik dari sisi tampilan.Template dengan dominasi warna hijau dan putih jelas terlihat secara mudah mesti dengan mata telanjang.Kesimpulannya? keduanya adalah jelas blog yang berbeda.

Dari sinilah kepemilikan alamat blog menjadi sangat penting.Menilik sifatnya yang sangat personal,maka azas kehati-hatian dalam pemilihan dan kepemilikan alamat blog perlu untuk diperhatikan.Edittag sendiri juga memiliki masalah dengan unsur huruf dalam alamat blognya.Terdapat 2 huruf "t" disana.Bagaimana bila ada pengunjung yang salah menuliskan alamat hingga menjadi http://editag.blogspot.com? Jadi apa yang bisa kita lakukan dengan hal ini?

Ada baiknya bagi mereka yang sadar akan hal ini segera melakukan klaim untuk menutup kemungkinan kepemilikan alamat blog yang hampir sama.Bisa dibayangkan bila alamat tersebut jatuh ke tangan spammer atau lebih repot lagi oleh mereka yang mengisinya dengan hal-hal yang porno.Seram ya?

Contoh konkritnya adalah, edittag mengklaim blog dengan alamat yang hampir sama, yakni editag.blogspot.com.Dengan begitu subdomain edittag dan editag akan berada dalam satu kontrol kepemilikan akun blogger yang sama.Dan kemudia langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengarahkan / (redirect) blog editag menuju edittag.Yang perlu dilakukan adalah menuliskan kode HTML berikut ke dalam template editag.Pemasanganya dilakukan diatas <head>

<meta http-equiv="refresh" content="2;url=http://edittag.blogspot.com">

Dengan penambahan kode ini, maka bila ada pengunjung yang masuk ke editag.blogspot.com maka dalam waktu 2 detik atau kurang setelah semua laman terbuka akan segera diarahkan ke blog edittag.blogspot.com.Dan ini berarti turut membantu pengunjung yang kemungkinan salah menulis alamat blog kita.Lebih penting lagi adalah menghindari pemakaian alamat blog yang hampir sama untuk keperluan yang bisa dinilai merugikan.

Semoga membantu.

8 komentar:

  1. jadi buat blog baru donk... pake add new blog aja...

    Ini sama seperti webnya http://www.klikbca.com/ , supaya ngga ada pelanggan yang salah ketik, klik-bca, klickbca dan bahkan klikbca.co.id dll juga perlu dibuat. Supaya ngga ada customer yang tertipu.

    BalasHapus
  2. Anonim8:23 AM

    nice tips...
    aq juga ngikutin "trik"nya loch

    blog qu ceritaacha dan ceritacha

    hehehehe

    BalasHapus
  3. Anonim8:33 AM

    Tambah satu lagi ilmu baru. Harus sering-sering mampir nih. :)

    BalasHapus
  4. emm. aku dulu pernah ada kasus aneh, blog ku yang http://ech.blogspot.com ternyata ada mirrornya di http://danny.ech.blogspot.com
    tapi sekarang URL tersebut sudah tidak bisa diakses. kenapa bisa begitu ya? kayaknya bugs-nya blogger.

    BalasHapus
  5. utk kang iqbal : betul kang...ini persis kasus typosite-nya klikbca.com....dan utk bikin blog lagi dalam satu kontrol memang bagusnya langsung add new blog dalam dashboardnya langsung.

    utk kang acha : selamat utk blog barunya

    utk kang andirst : silahkan....blognya andirst juga banyak ilmunya

    utk kang ech : saat ini bila kita mendaftar dengan nama blog menggunakan tanda titik(.) utk penamaan blog tidak diperkenankan lagi.sama juga dengan karakter seperti titik, koma, spasi.biasanya mereka memberikan rekomendasi alamat blog dengan tanda garis tengah (-) untuk menyambung dua kata

    BalasHapus
  6. kang.. jadi bagusnya di template ditambahin yah kode tadi..??
    mau ah.. biar blognya aman bukan ??

    makasih yah.. , ini ilmu lho... ilmu yg bermanfaat..,

    BalasHapus
  7. bener banget mas kita ini harus berhati2 jangan sampai ada orang yang mengambil keuntungan dari kita secara ilegal...

    BalasHapus
  8. ada juga yach cara untuk meminimalisirnya..terimakasih atas tipsnya...

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer