Pengikut

26 Januari 2007

Blogger : Show / Hide Title

"Mas, kenapa di blogku tiap kali mau nulis posting bagian title ga ada?"

Bisa dipastikan ini bukan bagian dari hasil migrasi dari blogger lama ke blogger baru. Fitur ini mestinya akan selalu ada di versi manampun blogger yang kita gunakan. Jadi jangan terburu menyimpulkan.Ada baiknya melakukan pengecekan di bagian seting pada saat kita berada di Dashboard.

Pilih submenu Formatting > lalu perhatikan opsi dibagian bawah dengan tampilan seperti berikut :

Pilih Yes. Lalu Save Settings. Lalu ujicobakan segera dengan menulis posting baru.Nah, kolom Title akan terpasang di editor.

Bila opsi Yes dan No ini dimunculkan, pastinya blogger mempersilakan penggunanya yang tak membutuhkan title pada setiap posting. Sepertinya fitur ini menjadi yang paling jarang digunakan. Pula bila kita perhatikan di blogger baru dengan template xml terbarunya, kita biasa menemukan fungsi lain dari title. Yakni diaktifkannya tautan yang didedikasikan secara khusus untuk posting tersebut. Sama fungsinya dengan tautan permanent link di bagian bawah posting yang biasanya digabung dengan penulisan waktu. Tautan permanen yang berupa file dengan ekstensi html ini juga menggunakan title sebagai nama tautan. Jadi bila edittag punya posting dengan judul "Malam", maka tautan permanen akan menjadi http://edittag.blogspot.com/2007/01/malam.html. Bila tak ada judulnya, maka blogger akan mengambil beberapa kata di paragraf awal untuk pengalamatan laman tautan permanen. Janggal kan bila alamatnya menjadi http://edittag.blogspot.com/2007/01/malam-ini-kusendiri-tanpa-dirimu-yang-pergi-ent.html Jadi peranan title/judul dalam sebuah posting terbilang sangat penting..

Jadi untuk apa fungsi ini sebenarnya? Mungkinkah ini hanya berguna untuk mereka yang terbilang malas menuliskan judul di setiap postingannya, lalu siapa mereka itu ya? :D

Add to Technorati Favorites