Pengikut

29 Januari 2007

CSS : CSS Tag on New Blogger Navbar

Ada 2 hal yang menjadikan posting kali ini canggung untuk disampaikan.

Pertama, mengenai kemampuan CSS untuk menghilangkan navbar di blogger baru.

Dan yang kedua (sayangnya, ini pula yang kontradiksinya), adalah cara untuk menghilangkan navbar.

Bila ditanya dari segi teknis, kode CSS untuk menghilangkan navbar di blogger baru (meski kita gunakan mode template klasik) adalah hal yang sangat memungkinkan. Hal yang menjadi kabur adalah digunakannya sintak dengan penamaan yang berbeda oleh Google dibanding di blogger lama. Jadi kedigdayaannya untuk menghilangkan navbar juga setangguh untuk melenyapkannya di versi sebelumnya. Sekaligus ini menjawab pertanyaan rekan yang menemukan kembali navbarnya begitu migrasi ke versi baru (mestikah kita bangga atau sedih karenanya?).

Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya juga untuk mengingat posting sebelumnya untuk menghargai pengalokasian tempat yang berada di bagian paling atas di blog kita untuk diserahkan ke pihak pemiliknya. Dengan demikian edittag tak mau ditunjuk sebagai salah satu penyebar cara untuk menghilangkannya, namun sebatas memberitahukan perbedaan sintak ini. Setuju?

Baiklah kita lanjutkan.

Bila kita gunakan kode CSS untuk menghilangkan bagian navbar, di versi sebelumnya kita temukan sintak #b-navbar, maka di versi barunya hanya diubah menjadi #navbar-iframe.

Jadi perhatikan perbedaan keduanya, dan coba untuk menyesuaikan dengan versi barunya.

Sekali lagi, jangan anggap ini untuk mengajarkan hal yang tak perlu dilakukan ya..karena ini bukan memberitahu bagaimana menghilangkannya, namun mengabarkan penggantian nama sintak CSS saja....:D

Add to Technorati Favorites