Pengikut

Web : No Widget Support for Shout Box on WP.com

Tak dinyana tak diduga postingan sebelumnya mengenai pemasangan shout milik oggix di worpress bisa mendapat perhatian dari yang bersangkutan. Pagi kmarin melalui pesan yang terlampir di shout edittag, oggix berkeinginan memasang berita ini di homepagenya.

Jelas kesempatan langka ini tak sopan untuk diabaikan terlebih ditolak. Ada hutang besar edittag yang memanfaatkan layanan asyik ini dengan banyaknya pengunjung yang meninggalkan pesan melalui oggix. Jadi jelas paginyai edittag melakukan lawatan balik ke blog empunya oggix untuk mendukung rencananya.

Tak ubahnya menjadi pembalikan kenangan mengingat sebelumnya edittag sempat pula menyuplik salah satu artikel di oggix berkenaan dengan pemasangan shoutnya di blogger batu maka kesempatan ini harus pula dipertimbangkan sebagai kesempatan emas untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan langkanya. Tak sembarangan loh menemui kehormatan seperti ini.

Caranya, jelas harus mempertanggungjawabkan keabsahan metode yang ditulis. Ini diperlukan sehubungan dengan adanya keluhan yang dilontarkan luthfi karena adanya penolakan dari wordpress.com. Dia mencurigai penyantuman kode javascript yang dipasang mengakibatkan dibatalkannya penayangan shout oggix di blognya.

Tersadar akan hal ini, edittag mencoba untuk memasangnya di 2 blog dengan tenaga wordpress sebagai pendukungnya. Yakni layanan tak berbayar dan hasil instalasi wordpress di hostingan pribadi (penekanan ini lebih dikhususkan karena sebelumnya hanya diujikan ke wordpress hasil instalasi pribadi). Hasilnya memang terbukti berbeda. Metode yang dipaparkan sebelumnya tak seluruhnya efektif.

Beberapa hari yang lalu edittag sukses memasangnya di ifastnet dengan versi 2.0.2 Namun saat kembali diakses tak nampak utuh. Kali ini kejadian serupa ditemui pula di hostingan pribadi dengan versi terbarunya, 2.1. Pagi hari seusai pemasangan terlihat sukses (bahkan dengan menampilkan kombinasi setelan -baik dengan iframe maupun embeded- keduanya tampak rukun untuk ditampilkan), namun sorenya hanya menyisakan form untuk meninggalkan pesan. Tak nampak pesan-pesan sapaan pengunjung dibagian atasnya. Namun bila kita isikan form-nya, maka pesan kita telah masuk. Untuk itu dari segi amannya, maka edittag menyantumkan kotak shout oggix dengan setelan tanpa javascript, yakni Full Framed shoutbox (baik type 1 maupunke 2)> Hasilnya lebih baik.

Untuk mendapatkan tipe diatas, kita bisa menyetelnya di bagian Install Oggix dan submenu HTML code. Pada langkah ke 2 di bagian ini kita akan menemui Choose shoutbox type, pilihlah Full Framed shoutbox.

Nasib serupa juga berlaku di wordpress.com. Penggunannya bisa menggigit jari. Terlebih pengguna yang baru. Kali ini pemasangan di bagian sidebar akan terbentur dengan kebijakan baru yang menggunakan widget. Berbeda dengan system widget di Blogger, maka kali ini penggunaannya sangat terbatas untuk kepentingan tertentu saja. Dalam artian tidak sembarang widget bisa dicantumkan disini. Sialnya lagi, widgetnyapun tak semuanya bisa di customize. Bagaimana nasib layanan shout dari oggix? sama sekali tak tersebut. Bahkan layanan serupa juga tak didukung sama sekali. Perhatikan, dukungan hanya diberikan kepada pihak ketiga yang sudah mendunia, seperti meebo, flickr dll.

Jadi kesimpulannya? tahan dulu metode ini untuk pengguna wordpress.com. Sepertinya kita harus menunggu untuk melihat kemajuan lebih lanjut. Di versi upgradenya juga tak menyebut tentang pemasangan widget di luar yang telah ditentukan.

Add to Technorati Favorites

9 komentar:

  1. Jadi oggix masih blom bisa dipakai di WP yaa mas Agus???

    BalasHapus
  2. Sorry, we are upgrading the engine of oggix.com. we will down until 16/02/2007 8:00 GMT


    Oggixnya cepat tanggap jg yaa, mungkin dia lg mencoba memperbaiki lg sistemnya :D biar bisa dibuat di WP, hehehehe... semoga saja.

    BalasHapus
  3. he he ....
    *tertawa renyah*

    BalasHapus
  4. Anonim1:33 PM

    kemaren baru pasang shoutbox di blog saya. Jadi ingat postingan ini. Saya paek wordspew plugin. Tp sepertinya cuma bisa di wordpress.org. hehe

    paling tidak ada jg shoutbox buat WP. SOalnya susah nyarinya.

    BalasHapus
  5. Anonim10:43 AM

    Akhirnya terjawab sudah rasa penasaran memasang shoutbox di WP, Matur Nuwun Kang Agus

    BalasHapus
  6. iya nih, wp.com lebih terbatas widgetnya, namun lebih ke alasan keamanan sepertinya, atau juga bisa alasan bisnis semata? karena widget yang didukung beberapa diantaranya memang yang sangat populer dibidangnya....

    BalasHapus
  7. Lebih jauh ,gimana cara buat hosting pribadi tapi mesin tetep pake wordpress??? Jadi pengen pindah ke dotcom :)

    BalasHapus
  8. Saya dah coba pasang widget shoutbox di blog WP saya, saya bingung ko ga keluar yang ada hanya tulisan HTML-nya saja ditampilan blog. Wah ternyata saya baru tw klo WP ga support hal itu ya...

    Nice inpo...

    BalasHapus
  9. @ fiz jombang : coba cari tempat hosting yang menyediakan fitur fantastico. disini akan ada instalasi praktis untuk keperluan menginstal wordpress di hostingnya. dha pindah ke dotcom ya?

    @imamujahid : sama-sama, hanya saja untuk hosting sendiri blog dengan tenaga wordpress bila dimasukan kode HTML untuk shoutbox masih bisa jalan, ga seperti di wp.com.

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer