Pengikut

Web : Setting Shoutbox on Wordpress

Wordpress...tentu penyedia layanan blog ini juga sudah dikenal banyak di kalangan blogger. Ada versi tak berbayarnya hingga kita hanya perlu akun untuk memiliki blog di wordpress.com, ada pula versi engine yang bisa kita install di hostingan milik sendiri.

Tak ada yang menyangkal bila kemudahan navigasi menjadi salah satu penentu pemilihan layanan ini banyak dipakai. Fitur lengkap, pilihan template yang beragam tak pelak menjadikannya banyak pilihan untuk mempercantik blog menjadi semudah harapan.

Bila di blogger versi baru kita mengenal widget untuk memasang layanan dari pihak ke tiga misalnya layanan kotak teriak dari oggix, maka di wordpress kita melihat beberapa bagian dari struktur yang membangun tampilan laman depan terbagi-bagi untuk memudahkan penyuntingan. Dengan begitu untuk menyajikan tampilan laman depan yang berbeda, wordpress tidak menganut satu template untuk keseluruhan laman muka. Jadi untuk mengubah header kita cukup menyuntingnya di template header. Untuk Bangoen yang sedang menyunting wordpressnya, anggap kita ingin memasang shout di wordpress, maka kita bisa masuk ke bagian Sidebar.

Berikut langkah yang perlu diambil.

1. Ambil salinan kode dari Oggix untuk dipasang.
Tentu kita membutuhkannya. Untuk mengambilnya, setelah masuk ke oggix arahkan perhatian ke bagian Install Shoutbox dan masuk ke submenu HTML Code, setel sesuai dengan pilihan yang disukai, lalu salin kode yang muncul dibagian penutup. Kode ini yang akan kita pasang nantinya di bagian Sidebar wordpress.

2. Masuk ke Dashboard Worpress
Cari bagian berikut : lalu masuk ke subpilihan dan tuju bagian kanan bawah yang menampilkan bagian-bagian laman depan yang bisa disunting. Pilih dan pasang kode yang tadi didapat dari Oggix di bagian editornya. Salin dibagian paling bawah agar lebih mudah.

3. Simpan.
Tekan untuk mengakhiri dengan indah :D

Coba lihat hasilnya. Jadi siapkan dirimu untuk membalas pesan yang masuk.

Tag : shoutbox for wordpress, how to put shoutmix on wordpress.
Add to Technorati Favorites

16 komentar:

  1. Anonim4:48 PM

    Waaa, bisa dipraktekkan nih di WP kita...

    Makasih ilmu na Mas Agus...

    BalasHapus
  2. Mas agus ... kmrn aku pasang shoutmix di blog wordpress ku. Bisa sih tampil, tapi bbrp lama kemudian gak bisa tampil lagi.
    Rupanya wp gak mau (gak kompatibel) buat javaskrip. CMIIW

    BalasHapus
  3. aslm kang agus,btw mo nanya nih, skrng blogspot 'nagih' account google tiap kali aku mau login. ribet juga kalo kudu bwt account google,mana ga bisa lama-lama ngompi pagi ini kudu kerja hehehe. nah, gimana cr ngakalinnya supaya aku bisa login kaya biasanya lagi?
    or emang skrg hukumnya kudu wajip punya account google tiap login???

    BalasHapus
  4. Ada beberapa rekan yang menghilangkan javascriptnya utk dipasang di wordpress.com. Bahkan utk pengguna wordpress.com yg baru malah kini tidak diperbolehkan mengedit template selain dari widget yang disediakan.

    BalasHapus
  5. hi dita, skrg semua pengguna blogspot memang diarahkan utk memiliki akun google, skalipun utk login ke blogspot. yakin deh, ga repot bikin akun google itu, karena skarang ga kenal invitasi, jadi bisa langsung bikin sendiri. dan keuntungannya malah banyak bila kita gunakan akun google. baca postingan juga disini ttg kelebihan di blogger yang baru agar bayangan merepotkan ttg akun google bisa buyar...:D
    jadi saran sih, mending ikuti aja prosedurnya. ga rugi.

    BalasHapus
  6. Anonim7:04 AM

    mengakhiri dengan indah? halah..halaaahhh. Aku tak ingin ini berakhir he..he..

    BalasHapus
  7. Thanks nih Bos...lumayan bisa buat ngedit blogku yg gak kar-karuan shoutbox oggixnya :D

    BalasHapus
  8. Anonim10:37 PM

    wah..ini mas agus temen nya pyuriko yah :D
    salam knal deh...
    nemu blognya dari google mas..ternyata bener :D

    BalasHapus
  9. Anonim2:27 PM

    kok saya gak bisa yah? apa karena wordpress saya bukan yang berbayar?

    mohon pencerahan, thanks

    BalasHapus
  10. pro khomeinimuj : betul nih, memang bila dimasukan ke wordpress.com postingan ini tak bisa dipraktekan karena wp.com tak mendukung untuk mengedit source code-nya...

    BalasHapus
  11. Anonim8:05 PM

    jadi gimana ya caranya biar bisa bikin shout di WP? ;-(

    BalasHapus
  12. sayangnya untuk pemakai wordpress.com masih tak diijinkan penggunaan shoutbox dengan pemberian kode html di blognya :(

    BalasHapus
  13. Huh...banyak banget ya kelemahan wordpress
    tidak sepraktis blogspot

    BalasHapus
  14. wadu2..... bagaimana nasib blog saya http://newschannel00.wordpress.com harus kah saya kembali k blogspot? mohon pencerahan

    BalasHapus
  15. Ga ada shoutbox juga blognya masih layak disebut blog, jadi terusin aja....

    BalasHapus
  16. Baru aja trial di Wordpress.Com udah mengalami ini, abis kalo ga ada shoutbox ga asik...

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer