Pengikut

21 Februari 2007

Web: Oggix New Control Panel

Bila beberapa hari terakhir banyak yang menyesalkan tindakan oggix dengan layanan shoutnya, maka kiranya memang pantas untuk dilakukan.

Mulai dari bergantinya control panel yang kini berwajah baru dengan menggunakan metode frame, hingga penyimpanan reply (balasan) yang sering hilang. Sepertinya hal yang sepele ya?, namun tidak dengan faktanya di lapangan.


Metode framing memang dikenal sangat cepet dalam melakukan loading laman sebuah web. Dengan begitu bila kita memiliki banyak menu yang bertaut ke laman tertentu, maka saat memuat laman yang dituju, bagian menu tak perlu lagi dibuka. Karena target lamannya juga berbeda. Metode ini juga sempat dipakai plasa mail. Tak lagi ditemukan penggunannya di layanan terkini tentunya. Karena ternyata untuk membukanya dengan sempurna koneksi internet juga sangat punya pengaruh. Maka tak salah bila membukanya dengan keadaan koneksi yang fakir bandwidth, maka untuk kasus oggix bisa jadi dalam satu tampilan jendela dimunculkan 2 control panel yang sama. Atau secara teknis biasa kita sebut frame dalam frame. Mungkin alasan ini pula yang menyebabkan banyak teman edittag juga lebih suka menggunakan layanan email kantor dengan bantuan Horde dibanding layanan serupa dari Squirre Mail. Alasannya juga pemilihan framing.

Nah buruknya yang kedua bila kita belum log out dan kembali mengunjungi oggix maka tampilan laman muka pun masih terjebak masih menggunakan tata letak yang sama. Perhatikan gambar berikut :



Kemana perginya control panel? bahkan disinipun kita mesti log in untuk sekedar log out!

Tadinya edittag lebih menyukai mengakses oggix langsung ke laman log in di http://oggix.com/index.php?action=manageShout.manageEntry.Di kondisi sebelumnya, laman ini hanya akan memuat form untuk log in. Sangat membantu bagi mereka yang tak mau diperlama dengan laman depannya yang sangat penuh dengan konten lainnya. Kini? bila diakses hanya akan merujuk ke frame2, yang mana adalah laman isi saja dari menu yang bisa kita temukan di Manage entries. Lagi-lagi tak ada tautan untuk sekedar log out. Sangat disayangkan.

Ayo dong, kembali lakukan langkah positifmu. Semoga oggix cepat membenahi kekurangannya.


Add to Technorati Favorites