Pengikut

Blogger : Insert Flash (swf) File

Tak henti-hentinya batasan itu ingin dilalui. Namun itulah indahnya punya keinginan lebih. Manusia senantiasa dibekali rasa serba ingin lebih. Sangat manusiawi malah. Wah pembuka yang berlebihan bila selesai membaca seluruh maksud postingan ini :D.

Ya, Blogger hanya membatasi file dengan ekstensi tertentu sebagai materi gambarnya. Tentu ini juga tahu. Lalu bagaimana bila kita sudah berkreasi dengan Adobe (dulu Macromedia) Flash dan ingin segera menampilkannya di blog dengan platform Blogspot? tentu sayang seribu sayang bila hasil animasi yang dipandang lebih menarik ditinggalkan begitu saja bila tak mengerti trik memasangnya.

Materi gambar yang kita tahu dalam komposisi tata letak blog bisa berada di bagian header, sidebar, maupun footer. Tentu tanpa melupakan kemampuan gambar untuk disertakan dalam sebuah postingan. Maka ada baiknya kita akan coba memasangnya satu persatu di bagian tadi. Dengan asumsi bahwa header, sidebar dan footer memiliki kesamaan proses yang sama, maka berikut caranya :

1. Memasang di bagian header, footer atau sidebar.
Seperti cara yang pernah ditulis sebelumnya, maka cara yang sama bisa digunakan disini. Dengan anggapan bahwa penggunanya menggunakan Layout tentunya. Maka saat kita sudah siap menempatkan widget baru, klik submenu Page Element pada layout blog yang ingin dipasang, klik Add a Page Elements lalu saat jendela mini terbuka pilih bagian HTML/Javascript. Dibagian ini kita salin kode hasil dari publikasi flash yang telah diunggah (upload) di tempat hostingan (Sayangnya hingga saat ini Blogger masih belum menerima file dengan ekstensi swf sebagai materi gambar, untuk itu bisa gunakan hostingan lain yang tak berbayar dalam keluarga Google semisal googlepages.com.).
Kode pemasangan file swf ke dalam file HTML bisa kita dapatkan saat kita berada di lingkungan Flash dengan cara File -> Publish dan pastikan file dengan ekstensi HTML juga turut dipublish. Dalam file HTML ini kita bisa menyalin kode yang diperlukan untuk memanggil flash, seperti misalnya :

<object classid="clsid:d27cdb6e-ae6d-11cf-96b8-444553540000" codebase="http://fpdownload.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=7,0,0,0" width="120" height="60" id="edittag" align="middle">
<param name="allowScriptAccess" value="sameDomain" />
<param name="movie" value="file.swf" />
<param name="quality" value="high" />
<param name="bgcolor" value="#ffffff" />
<embed src="file.swf" quality="high" bgcolor="#ffffff" width="120" height="60" name="edittag" align="middle" allowScriptAccess="sameDomain" type="application/x-shockwave-flash" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" />
</object>

Kode diatas lalu kita salin di widget HTML/Javascript.

2. Memasang file swf dalam postingan.
Cara kali ini hampir tak sesulit saat kita memasang gambar dalam postingan. Hanya saja ada satu bagian yang tak boleh dilewatkan. Bagian ini begitu pentingnya hingga bila kita melupakannya, jangan harap file swf kita berhasil ditampilkan. Saat kita berada di editor postingan (setelah menekan menu Create) perhatikan bagian kanan atas yang memunculkan menu Edit HTML dan Compose. Kali ini kita harus memilih menu Edit HTML. Klik untuk mengaktifkannya. Lalu selanjutnya kode yang didapat dari flash seperti kode yang ditulis diatas langsung salin di editor seperti halnya kita menulis postingan biasanya.

Perhatikan, bila dalam prosedur ini saat menekan tombol Publish lalu Blogger memunculkan pesan kesalahan hingga postingan kita tertahan, coba perhatikan pesan tersebut. Bila yang keluar adalah adanya pesan kesalahan pada kode HTML, maka kita bisa menambahkan kode </embed > sebelum <embed.

Bila ingin melihat hasil pemasangannya, bisa melihat contohnya di betapakai

Add to Technorati Favorites

3 komentar:

  1. Anonim1:24 AM

    ga bisa

    BalasHapus
  2. sampai dmana gagalnya?

    BalasHapus
  3. maaaaassss..ndak bisaaaa
    aku mau naroh swf di header
    trus aku coba dulu pake widget html/javascript
    aku bikin flash yang ringan dulu pke swish trus ak export html+swf,udah kaaann...edit html pke notepad..udah aku copy/paste tuh smua..eh ga bisa
    trus aku sama2in kaya tutornya mas di postingan ini..ga bisa juga..pas di jendela "Mengkonfigurasi HTML/JavaScript" filenya bisa di upload..tp pas diliat di blognya ga keluar gambarnya..mohon bimbingannya ya mas..
    klo mau jawab lwat ym juga sgt berterimakasih..
    ade_chrizzz@yahoo.com

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer