Pengikut

31 Mei 2007

Adsense : Language Issues

"wah kang, gagal lagi nih, blogku ditolak adsense...."

Begitu kira-kira keluhan yang sering mampir di pesan luring (offline) di messenger edittagagus. Sebuah keluhan yang mesti dirunut kejelasannya. Ini mengingat adanya beberapa ketentuan dan persyaratan yang diajukan Google Adsense untuk menghibahkan akun Adsense.

Adsense memang menjadi fenomena yang sangat menggugah keinginan untuk memiliki blog. Tak heran kini banyak bermunculan blog-blog dengan usia hitungan hari sudah ramai-ramai mendaftar ke adsense demi mencicipi masuknya dollar ke rekening mereka.

Namun ada baiknya mereka mengetahui hal dasar yang sering membawa mereka kepada kegagalan dengan masuknya pesan dari penyedia Adsense :
"Thank you for your interest in Google AdSense. Unfortunately, after reviewing your application, we're unable to accept you into Google AdSense at this time.

We did not approve your application for the reasons listed below.

Issues:

- Unsupported language
"
.

Yah, isu penggunaan bahasa menjadi kendala utama beberapa blog ditolak oleh Adsense. Bila meretas kondisi ini, maka salah satu jalan tercepat untuk segera mendapat akun adsense adalah dengan mendaftarkan blog dengan bahasa yang hanya dikenal Adsense.

Untuk mudahnya, buat blog baru dalam akun blogger yang sama, dan tuliskan artikel di dalamnya dengan Bahasa Inggris. Tentu ini berlaku bila kita kurang beruntung menguasai bahasa asing lainnya. Namun boleh-boleh saja bila kita memang menjadi mahasiswa Bahasa Jepang atau Bahasa Belanda dan ingin menuliskan materi perkuliahan menjadi rangkain tulisan di blog misalnya :D.

Kurang "PD" dengan tulisan berbahasa Inggris? tak perlu surut. Tak perlu melakukan test TOEFL untuk memulai langkah baru. Gunakan saja beberapa kata yang melekat di ingatan kita saat kita belajar Bahasa Inggris kala menggunakan seragam SMP misalnya. Karena mesin Adsense tak mengecek arti keseluruhan dari untaian kalimat yang kita tulis dalam Bahasa Inggris. Selama kata-kata yang kita tulis tak salah eja selama itu pula tulisan kita dikenali sebagai Bahasa Inggris.

Atau bila ingin serius menulis konten ke dalam bahasa Inggris, gunakan bantuan kamus (baik secara online maupun offline) atau gunakan editor kata seperti Microsoft Word yang membenamkan fitur spell checker agar luput dari kesalahan pengejaan.

Setelah blog baru kita diisi dengan beberapa artikel berbahasa asing tadi, daftarkan kembali ke penyedia Adsense. Masuk ke https://www.google.com/adsense?hl=en_US dan masuk log (log in) pada 'Existing Customer Login' menggunakan alamat email dan password yang telah kita daftar sebelumnya. Dalam pengisian alamat blog yang akan didaftarkan, masukan alamat blog baru ini. Bila beberapa hari kemudian ada berita gembira, maka kode Adsense yang kita terima juga bisa kita kenakan pada blog lainnya dalam akun kita. Semoga berguna.

Tautan terkait :
https://www.google.com/support/adsense/.

Tag : 1 adsense 2 blog, agar tak ditolak adsense, kiat diterima adsesne, blog dengan bahasa indonesia di adsense.
Add to Technorati Favorites