Pengikut

16 Mei 2007

WEB : Counter with Different Counting System

Banyak diantara kita yang merasa wajib memiliki alat bantu berupa counter di blognya. Alat bantu ini memang terhitung berguna untuk melihat sejauh mana pengunjung yang telah mampir ke blog kita. Namun meski begitu berarti masih jarang penyedia layanan blog yang membekali alat penghitung ini sebagai fitur dasar.

Maka tak heran bila bermunculan banyak penyedia counter yang menyediakan layanan tak berbayar bagi pemilik blog. Googling saja dengan kata kunci "free web counter", tak kurang 112.000.000 tautan yang merujuk pada layanan pemberi counter. Jumlah yang menjamin pencarinya kelabakan memilih layanan terbaiknya. Sebut saja dari webstat, rightstat, mywebstat dan domain-domain lain yang menggabungkan kata stat dan counter tampak menyeruk didalamnya.

Dari sekian banyak itu maka tak mengherankan banyak blogger akhirnya menggunakan metode pasang tempel untuk dicobakan di blognya. Untuk sekedar memastikan pilihannya memanglah tepat. Hingga akhirnya menyisakan pertanyaan seperti "Mengapa hasil penghitungan berbeda antara penyedia yang satu dan lainnya?".

Ada baiknya kita mempelajari proses pengitungan yang dilakukan saat kita hendak mendaftar. Beberapa penyedia menggunakan 2 metode yang lumrah digunakan sebagai dasar penghitungan.

Pertama adalah penghitungan berdasar jumlah pengunjung yang masuk (every page hit). Disini semua pengunjung tanpa terkecuali akan dihitung sebagai nilai penambah penghitungan.

Kedua yakni penghitungan berdasar pengunjung berbasis alamat IP yang berbeda, atau biasa disebut Unique User. Jadi bila pengunjung yang berasal dari alamat yang sama tak akan dihitung lebih dari sekali. Jelas cara ini akan menghasilkan nilai yang berbeda bila dibanding dengan penghitungan yang pertama. Tinggal kita sendiri yang menentukan layana penghitungan seperti apa yang sekiranya berguna.

Sitemeter yang beberapa hari lalu menaikan tingkat layanan tak berbayarnya menyediakan pilihan baru untuk menghitung berdasarkan cara yang kedua. Bila secara default penggunanya akan dihitung sebagai angka penambah setiap kali mengakses blognya, kini ada pilihan untuk menghapus kunjungan pemiliknya. Dengan demikian tak ada penghitungan tambahan bila pemiliknya mampir ke blognya sendiri. Cara yang cukup adil untuk tidak mengelabuhi jumlah pengunjung pada blognya.

Caranya adalah : setelah masuk log, pilih menu [Manager] di baris paling atas. Lalu
masuk ke submenu Ignore Visits dan disitu sitemeter akan menangkap alamat IP kita sebagai bagian dari penghilangan alamat IP yang valid masuk nilai penghitungan. Atau ada cara praktis dengan mepersilahkan sitemeter memasang cookies agar nantinya Sitemeter menonaktifkan komputer yang kita gunakan agar tak terhitung kembali.

Ini tentu akan lebih memudahkan penggunanya untuk melihat sejauh mana efektifitas blognya dilirik orang.

Catatan penangkapan Google :
- Berada di posisi pertama dengan kata kunci 'menambah web counter' di Google Indonesia pada 24 Mei 2007.
- Berada di posisi kedua dengan kata kunci 'blogger.com webstat' di Google Indonesia pada 12 Juni 2007.
Add to Technorati Favorites