Pengikut

15 Mei 2007

Web : Protect Image with Inserting Name

Tak dipungkiri bahwa bila kita menulis postingan dan menutupnya dengan mengklik "Publish" artinya semua materi yang kita tulis sudah tersebar di dunia maya. Tanpa batasan teritori, postingan kita yang berisikan teks (dan juga gambar) tadi sudah bisa diakses dan dilahap kalangan umum.

Imbasnya kadang ada beberapa materi kita yang digunakan oleh orang lain, baik yang ingin meneruskan dengan mempublikasikan ulang maupun hanya sekedar di simpan di dalam flash disk. Akhirnya materi tersebut akan diaku menjadi milik umum hingga semua orang bebas menggunakannya.

Untuk itu ada beberapa pemilik materi berusaha untuk melindungi tulisan maupun gambar yang akan dipublikasikan. Cara yang paling popular untuk melindungi sumber gambar adalah dengan membuat tulisan water mark diatas gambar. Atau juga mencantumkan sumber URL atau pemilik gambar pada bagian bawah gambar. Cara ini terhitung lebih sopan dari melindunginya dibanding misalnya menggunakan bantuan kode javascript atau menjadikannya menjadi file multimedia (meski kedua cara ini juga hanya berhasil bagi pengguna awam, namun gagal bagi kalangan yang terbiasa membongkar skrip).

Nah bila anda ingin mencantumkan nama atau URL pada gambar, lebih baik kita menggunakan editor gambar yang kita kenal. Meski pada dasarnya kita juga bisa menggunakan bantuan CSS untuk menempelkan teks diatas gambar, cara ini biasanya tak akan terbawa saat gambar tersimpan dalam hardisk. Gunakan saja Adobe Photoshop atau Microsoft Paint seperti saat kita mencobanya untuk menangkap gambar di desktop.


Gambar diambil dari v-recipes.
Bila gambar tak muncul bisa klik disini.
Add to Technorati Favorites