Pengikut

Blogger : Add Search Widget to Layout

Bila berharap ada menu pencarian di dalam blogspot, maka pilihan paling mudah dan mengemuka saat ini adalah penggunaan elemen halaman Search Box. Sangat mudah untuk memanggil widget ini, terutama bagi pengguna mode Layout untuk kulit blognya.

Hanya saja kali ini kita tak bisa langsung mencarinya ketika masuk log (log in) ke Blogger biasa, namun harus melalui pintu Blogger Draft. Alasan utama karena widget ini masih dalam tahap beta. Namun tak perlu khawatir dengan hasilnya. Widget ini dilengkapi dengan kemampuan yang terbilang lengkap. Mengapa begitu? karena hasil pencarian yang dilakukan begitu luas cakupanya hingga ke tautan web atau blog lain yang sempat terpanggil dalam postingan atau daftar blog teman kita sendiri. Pasti pernah 'kan menyentil tautan blog teman saat kita menuliskan sesuatu dalam postingan?

Nah untuk memulainya, bukalah http://draft.blogger.com. Masuk log dengan akun blogspot dan ketika berada di Dasbor klik Layout. Saat berada di halaman Elemen Halaman pilih tautan Tambahkan sebuah Elemen Halaman. Kemudian akan muncul jendela mini. Perhatikan widget yang berlabel Baru!. Pilih bagian Search Box. Lalu halaman akan berganti ke pengisian kolom untuk mengkustomasi tampilan dn pilihan pencarian.


Pada kolom judul masukan dengan nama judul untuk kotak pencarian. Pada kolom tabs masukan pilihan yang tersedia. Ada 3 pilihan yakni this blog, Linked from here dan the web. Untuk memperluan cakupan pencarian, kita bisa saja mencentang semua pilihan yang ada. Lalu pada Link List akan muncul semua nama widget yang berisikan tautan pada blog kita. Kita boleh saja memilih semua opsi ini. Dan terakhir kita akan melihat Pratinjau untuk memastikan hasil kustomisasi yang baru saja kita lakukan. Sudah puas dan yakin dengan semuanya, akhiri dengan mengklik tombol Simpan Perubahan.

Untuk penempatan, ada baiknya pilih di bagian Header ataupun di bagian atas Sidebar.

Add to Technorati Favorites
Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

8 komentar:

  1. boleh dicoba kapan2

    BalasHapus
  2. lebih lambat dalam loading..
    saya lebih suka dengan kode yang lama. namum displaynya lebih keren yang baru :)

    BalasHapus
  3. udah dicoba dan lumayan bagus featurenya ... thanks atas infonya kang agus :)

    BalasHapus
  4. Matur suwun mas..

    BalasHapus
  5. sama sama...makasih semuanya sudah mencoba :D

    BalasHapus
  6. mas saya mau tanya adsense for search boleh kita pake sendiri ga ? soalnya aku takut click fraud

    BalasHapus
  7. boleh, pake aja, selama kita ga klik iklannya aja ;)

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer