Pengikut

23 Juli 2007

Edittag : Poll closed

Polling yang digelar Edittag sudah ditutup. Hasilnya? seperti yang tertera diatas postingan ini. Sebanyak 35 pemberi suara menganggap tampilan terbarunya lebih bagus dari sebelumnya. Bila diprosentasikan dari total 76 pemberi suara yang masuk, ini hanya 46% suara. Kurang dari separuh yang berasumsi tampilanya lebih baik dari sebelumnya. Polling ini seakan bicara "Tampilan yang ini bagus, begitu juga yang kmarin, tapi aku lebih suka yang kmarin!", nah repot juga kan?. Paling tidak capaian ini tak buruk, namun juga terlalu jauh bila dibilang bagus. Sepertinya tampilan yang lalu memang membuat standar penilaianya menjadi lebih sulit (upss..tak berhendak untuk menyombongkan tampilan yang lalu loh ya...). Maaf teman-teman bila tampilan kali ini mengecewakan.

Tapi, inilah saatnya untuk menjelaskan mengapa perlunya perubahan tampilan di "tubuh" edittag. Alasanya agak teknis sedikit ya? tak mengapa 'kan? bila alergi terhadap alasan yang demikian, cukup lewatkan kebagian akhir tulisan ini pun tak mengapa :D.

1. Kemudahan pengelolaan di Blogger baru.
Layout!, itu maksud saya. Bila kita gunakan mode penampilan blog dengan versi terbaru -layout (bukan template)- maka akan didapati sebuah perbedaan nyata yang tak terelakan lagi efektifitasnya. Dulu bila hendak menyisipkan alamat teman maka kita mesti masuk ke edit HTML secara manual. Itu sama halnya bila hendak mengedit tampilan keseluruhan!. Padahal untuk keperluan sepraktis itu tak perlu repot untuk mengedit kode. Hanya bagian tertentu (dalam hal ini disebut sebagai widget) maka keperluan kita pun tertuntaskan. Klik elemen halaman lalu tambahkan alamat URL-nya.

2. Kehadiran elemen-elemen halaman yang makin mumpuni.
Contoh paling gampang adalah dibagian Label/Kategori. Dengan template lama kita hanya dibekali nama label, dan inipun terhitung perlu ketelitian karena memasukan secara manual. Terbayang nih bagi yang punya nama label terdiri dari spasi didalamnya. Kadang kesalahan sangat mudah ditemui. Nah di layout ini, selain tak perlu berkeringat, kita pun disuguhi angka-angka aktual sebagai penunjuk seberapa banyak postingan kita yang terkategorikan. Angka-angka yang cukup menyemangati penulis dan sangat menggoda pengunjung untuk membacanya (yah paling tidak reaksi kekaguman cukuplah dibagian ini :D ).

Bila kedua alasan "rahasia umum" diatas sebenarnya bisa dijawab dengan mencoba menerapkan template lama ke layout baru, maka ini jawaban sesungguhnya :

3. Mencari pembuktian.
Ini yang sesungguhnya ingin diujicobakan. Pernah dengar tentang NetRating? itu loh, perusahaan yang melakukan pengukuran terhadap situs internet. Belum? Hm...mungkin bisa mampir ke detikinet.com kalo begitu. Malas? ok, begini nih. Baru-baru ini mereka pernah bilang bila patokan utama keunggulan sebuah situs itu bukan lagi pada page views (longokan halaman), tapi pada lamanya kunjungan. Bila benar begitu artinya kita harus lebih agresif lagi untuk menahan kunjungan pengunjung di blog agar disebut sebagai "yang berhasil" kan? Nah logikanya agar mereka betah kita mesti suguhi dengan sebanyak mungkin obrolan (postingan) dan "kudapan segar" (yang dalam hal ini tautan-tautan). Lalu tak perlu jauh-jauh 'lah berharap menunggu titel dari NetRating, tapi lihatlah efeknya langsung di blog. Ini yang pernah edittag temui semenjak pergantian kulit :

Lama kunjungan pun mengalami perubahan. Ini artinya blog kita sudah menjalankan tugasnya dengan baik, lebih akrab dan familiar. Blog kita dibaca! Itu yang utama.

Terima kasih kepada semua pengunjung edittag, baik yang mengikuti polling atau berjabatan melalui shoutbox. Komentar dan sarannya selalu ditunggu.

Add to Technorati Favorites
Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com