Pengikut

11 Juli 2007

Optimizer : Google Simulator

Seorang pengunjung edittag tertangkap "kering" mengunjungi blog ini hanya karena terekomendasikan oleh hasil pencarian mesin Google. Kata kunci yang dipakai terbilang sangat usil, hanya mengetikan kata kunci "Agus". Bukannya tak terbuka pandangan menyadari banyaknya pengguna mesin secanggih Google untuk kegiatan iseng, namun penggunaan kata kunci seperti disebut diatas memang memaksa edittag untuk menarik mulut lebih lebar untuk tertawa. Apalagi bila melihat hasil penemuannya, sama-sama seunik kata pencarianya :)

Terdengar narsis memang ya, curiganya sih ini dari salah satu anggota milis Agus yang hanya satu-satunya di dunia itu :D.

Bila kita terbiasa menemukan kata kunci yang tercetak tebal pada hasil penemuan di halaman Google, tengoklah apa yang bisa kita temukan disini. Keganjilan (bila tak mendengar lagi kata aneh disini :D ) Tak satupun kata-kata "Agus" yang berada di dalam keterangan hasil pencarian, meski hasilnya mengusung blog edittag di urutan pertama di Google Indonesia.

Apakah pelajaran kita sebelumnya dengan penggunaan "meta-tag" bisa dipatahkan dengan teori hasil temuan ini?

Jangan bersegera menyimpulkan hal ini. Sadarkah kita bahwa banyak sekali variabel yang digunakan mesin Google untuk bisa menampilkan sekaligus mengurutkan hasil temuanya hingga bisa tersaji di depan mata kita? Tak berkehendak menulis lebih detail mengenai proses yang dilakukan Google, namun apa yang kita temukan disini sekali lagi menegaskan bahwa semua materi (ya, sekali lagi untuk lebih menegaskan : semua materi, baik tulisan, gambar dll) yang tertampil di blog kita sudah selayaknya "termakan" mentah-mentah oleh monster yang bernama GoogleBot.

Untuk meyakinkan hal ini, edittag menggunakan simulator mesin pencari Google. Alat bantu yang sangat berguna. Ada 11 kata yang menyebut Agus didalamnya (meski ini data yang ditemukan hari ini, bisa sangat berbeda hasilnya bila dicek kembali hari besok.) Lihat kan? betapa rakusnya Google dalam menjalankan tugasnya.

Kesimpulannya? bila nama kita mestinya menjadi bagian tak terpisahkan dengan blog unggulan kita, ada baiknya (dan jelas bermanfaat) bila kita menuliskan nama yang lengkap pada bagian profil, kode CSS, blogroll maupun hal sepele seperti memunculkan nama kita setiap kali pada catatan kaki postingan.

Wah jangan-jangan kata Agus juga sudah ada di wikipedia indonesia ya?
Add to Technorati Favorites
Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com