Pengikut

02 Agustus 2007

Blogger : Mobile-Description

Pernahkah memperhatikan bila kita mencoba mengakses blog kita di blogspot melalui telepon bergerak (handphone) akan ada perbedaan? Bedanya adalah munculnya deksripsi blog dikala membukanya dengan handphone, dimana deksripsi ini tak muncul tatkala diakses menggunakan piranti komputer (PC).

Memang 'sih ini juga butuh kejelasan spesifikasi lebih lanjut untuk melakukan pengecekan akan type handset dan juga perambah (browser) yang digunakan. Terlebih dengan dibenamkanya beberapa perambah yang biasa dikenal di PC ikut digunakan di beberapa seri Nokia seri-N (Nokia N-series)terbarunya.

Kita ambil generalisasinya saja. Untuk beberapa handset yang terbilang tak terlalu baru namun dibekali dengan perambah berkemampuan membaca file HTML, disitu akan dengan mudah kita bisa melihat deskripsi blog yang sebelumnya hanya kita isi saja di bagian Pengaturan - Dasar (mungkin tanpa kita tahu kegunaanya sebelumnya). Nah melalui serangkaian penglihatan, deskripsi ini memang sengaja oleh pihak Blogger.com untuk menjembatani informasi yang disuguhkan melalui piranti bergerak seperti handphone.

Bila diperhatikan pula, ini menyerupai meta-tag dengan tipe content description. Jelas sekali terlihat bila misalnya kita menggunakan blog dengan mode layout. Bila kita memilih widget "Header Halaman", maka akan memunculkan deksripsi blog sesuai dengan apa yang kita tulis di bagian Uraian pada tab Dasar di Pengaturan.

Bagaimana bila kita merasa lebih penting untuk menampilkan deskripsi blog ini agar terlihat di PC daripada hanya bisa dilihat di handphone? terutama untuk mereka yang menggunakan mode Template untuk kulit blognya, nah berikut ada tips untuk mengganti agar deksripsi justru muncul di PC.

Cari bagian berikut (untuk template yang menggunakan tambahan kode CSS bermedia mobile ) :


<h1 id="blog-mobile-title">
<ItemPage><a href="<$BlogURL$>"></ItemPage>
<$BlogTitle$>
<ItemPage></a></ItemPage>
</h1>
<p id="description-mobile"><$BlogDescription$></p>

Menjadi :

<h1>
<ItemPage><a href="<$BlogURL$>"></ItemPage>
<$BlogTitle$>
<ItemPage></a></ItemPage></font>
</h2>
<p><$BlogDescription$></p>

Dengan begitu, kita men-disable fungsi CSS untuk membacanya di piranti bergerak. Dan bagi mereka yang ingin menampilkanya baik di PC maupun di handphone, cukup tambahkan kedua kode diatas di templatenya.

Tag : mobile, description, mobile-description.

Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com