Pengikut

03 Agustus 2007

Googlepages : Use as Your Free Space on Internet

Diantara beberapa dokumen yang kita miliki ada kalanya ingin dibagikan secara online di blog sendiri. Dengan harapan agar file tersebut dapat lebih mudah diakses oleh kalangan yang lebih luas tanpa perlu repot kita mengirimkanya satu persatu lewat email.

Bagi pendamba ruang tempat penyimpanan file (space) gratisan, tentu menginginkan tempat yang lega dan mudah dalam pengelolaan. Salah satunya adalah pengelolaan alamat file yang kita unggah (upload). Akan lebih mudah diingat dan praktis diurutkan bila file yang kita simpan memiliki alamat file yang jelas. Misalnya http://namadomain.com/akunku/fileku.zip. Singkat, namun punya kelebihan.

Dulu edittag juga sempat menulis tentang keunggulan googlepages sebagai wahana mencipta situs dengan instan dan mudah. Kali ini, kita akan melihatnya sebagai ruang tempat penyimpanan file yang praktis. Kepraktisan ini tentu karena kemudahan kepemilikan akun. Jadi dengan satu akun google, kita bisa serta merta menerima hibahan fitur yang beragam dari Google. Anggaplah dengan sekali masuk log (log in), maka tak perlu lagi membubuhkan nama pengguna dan kata sandi pada saat masuk ke dalam layanan mereka. Tentu selama tuntutan teknisnya mendukung. Dalam arti kita mengaktifkan Javascript dan cookies dalam perambah yang digunakan. Minimal Internet Explorer 6.0 atau Firefox 1.0 atau versi terbarunya. Dan jangan lupakan kemampuan penyimpanannya yang mencapai 100MB untuk semua halaman dan file disini. Cukup lega untuk layanan gratisan.

Ok, bila semuanya sudah siap, segera tuju http://pages.google.com. Masuk dengan akun Gmail. Perhatikan bagian kolom sebelah kanan saat masuk, atau di bagian Site Manager. Akan terpampang bagian berlabel Uploaded Stuff. Unggah file kita disini. Akan lebih baik bila file yang kita miliki diluar file grafis, -misalnya file dokumen- kita mampatkan terlebih dahulu ke dalam bentuk zip. Ini tentu akan lebih memperkecil ukuran filenya. Bila selesai maka nama file itu akan muncul di bagian bawah kolom File. Untuk mengetahui alamat URL filenya, cukup dekatkan mouse pada file yang dituju (tak perlu diklik) lalu klik kanan dan pilih Properties (di IE maupun Firefox). Maka akan muncul alamat URL secara lengkap. Misalnya http://akunku.googlepages.com/filekui.zip. Salin alamat URL ini.

Kali ini kita akan coba memasangnya sebagai salah satu elemen di blogspot. Misalkan di bagian Header. Cari elemen halaman berjenis HTML/Javascript, lalu dengan bantuan HTML kita pasang kode :
<a href="http://akunku.googlepages.com/filekui.zip">Unduh dokumen blogku</a>.
Keterangan : Ganti alamat URL file http://akunku.googlepages.com/filekui.zip dengan alamat URL milik sendiri yang telah tersalin tadi.
Selesai. Maka akan terlihat ada tautan file di googlepages kita dengan tampilan dibagian Header blog.
Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com