Pengikut

29 Agustus 2007

Blogger : Use English Subject in Post just for Adsense?

"saya juga baru aja nemu blog pake bhs indonesia, tapi bisa nampilin full adsense, mungkin karena google ngenalin url dari tiap postingan di blogspot, saya lihat blog ini, semua judul postingnya pake english. ini trik baru kali ya..."
(pesan dicukil darisini.)


Paragraf diatas edittag temukan dari Komunitas Forum Joomla Indonesia. Ditulis oleh blogger Jogja yang aktif menjalankan beragam situs dengan platform joomla. Blogger ini juga sering mampir ke edittag untuk sekedar meninggalkan pesan di Shoutbox.

Perhatikan pada kalimat yang diselimuti tautan yang merujuk ke blog ini. Sang penulis berencana menanyakan tentang keabsahan trik yang (diduga) digunakan oleh edittag kepada mejelis forum. Namun semenjak postingan kalimat diatas tak tampak lagi ada reaksi dari anggotya forum lainnya. Entah karena tak sempat, atau sekedar tak penting untuk dibahas, atau memang tak ada yang tahu kebenaran trik ini.

Sayang sekali edittag tak terjalin sebagai anggota forum disana. Jadi tak punya kuasa untuk sekedar memberikan pendapat. Jadi maaf bila ditulis di blog ini.

Ada dua alasan mengapa edittag menggunakan judul postingan berbahasa Inggris :

1. Alasan konten. Dari sejak pertama (tanggal 15 maret 2006) edittag memang sering menulis postingan mengenai penggunaan kode HTML dan CSS. Dengan konten seperti ini maka akan mudah diingat bila hanya mencantumkan subyek postingan yang pendek dan bernas. Misalnya mencantumkan judul "HTML : UL List" dibagian ini. Daripada misalnya "Cara mencantumkan kode HTML LI ke dalam blog". Terlalu panjang dan bisa merusak maksud yang ingin ditegaskan dalam sebuah postingan. Jadi ini tak ada kaitanya dengan program Adsense.

2. Alasan pengkategorian. Semoga para pengguna blogspot di awal-awal penggunaanya masih ingat akan keterbatasan fitur yang disajikan pihak pengelola. Maka dengan alasan agar memudahkan pengunjung akan akses ke halaman lain, terbesitlah ide untuk memajang label atau kategori. Nah dari sini memang akhirnya menemukan ide berupa pencantuman subyek tertentu guna memudahkan javascript (yang kala itu dipakai) untuk bekerja mengkategorikan postingan. Kali ini pun tak ada kaitan dengan Adsense.

Bila dilihat dari kronologis postingan diatas dengan dimulainya penggunaan Adsense di blog ini, maka semoga ini bisa menggugurkan dugaan. Namun bila ditanya "apakah edittag merasa menyesal akan penggunaan Bahasa Inggris" bila kaitanya sebagai bagian dari optimalisasi keberadaan iklan Adsense? jawabannya tentu tidak. Bahkan bersyukur sudah memulainya dari awal. Berita bagusnya, kini makin banyak edittag temukan postingan pada blog berbahasa Indonesia menggunakan Bahasa Inggris di bagian subyek. Semoga ikut tertular ramai blognya dikerubuti Adsense ya......

Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com