Pengikut

06 Agustus 2007

Mybloglog : Setting to Fix Columns

"Recent Readers-ku kok jumlah kolomnya ga bisa keubah ya? padahal width nya udh diganti2!, terus knapa tampilanya malah memanjang ke bawah, bukan menyamping?"

Bila pernah mengalami masalah serupa dengan pengaturan lebar kolom pada widget recent reader bawaan dari Mybloglog, berikut ada cara untuk mengakalinya.

Pertama kita harus sepakat terlebih dahulu bahwasanya Mybloglog hanya menyediakan penyusunan berdasarkan jumlah baris (rows) yang akan ditampilkan. Misalnya 1 baris, 2, hingga 10 baris. Begitu pula untuk menyusun lebar tampilan, mybloglog menyediakan kolom lebar (width) di dalam setinganya.

Dan bila kita masih menjadi pengguna awalnya (dengan perhitungan jumlah pembaca yang tergabung dalam mybloglog masih sedikit), maka tampilan ikon jumlah pembacanya akan ikut mengikuti jumlah baris yang disediakan. Dalam hal ini ikon-ikon tersebut tunduk pada aturan kuota baris yang disediakan. Mengerti kan? Atau ikuti analogi berikut untuk lebih memudahkan.

Anggap kita telah menyediakan 5 baris untuk menampilkan recent reader. Pada saat setelah widget dipasang, misalnya tertangkap 5 pengunjung yang masuk. Maka masing-masing ikon akan mengisi jumlah baris yang tersedia. Dengan begitu hasilnya akan muncul 5 baris ikon yang memannjang ke bawah. Artinya tampilan widget pun hanya memunculkan satu kolom. Padahal kita berencana agar tampilanya memanjang ke samping (horisontal).

Tentu itu akan menimbulkan masalah estetika, terutama yang sengaja memasangnya dibagian Sidebar dengan harapan tampilanya akan lebih rapi bila dijajar memanjang kesamping. Bila demikian hasilnya, maka jangan tergesa menyalahkan pihak Mybloglog karena tak menyediakan opsi jumlah kolom pada setinganya. Atau juga segera menggerutu karena tampilan tak segera mengikuti kemauan pemiliknya.

Untuk itu ada baiknya bagi mereka yang mendambakan tampilan ikon pengunjungnya tertata menyamping, gunakan sedikit baris pada setinganya. Misalnya dua baris saja. Dengan demikian pada kasus diatas 5 ikon tadi akan ditampilkan menjadi dua baris menyamping atau malah satu baris menyamping (tergantung lebar widget yang tersedia). Dan itu tentu menimbulkan hasil yang lebih dekat dengan keinginan. Setelah muncul banyak ikon, kita bisa saja mengganti setinganya agar bisa menyesuaikan di kemudian hari.

Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com