Pengikut

Blogger : Carefully When Using Free Template/Layout

Sebuah template ataupun layout mestinya memuat semua variabel yang telah ditentukan oleh pihak pengembangnya. Bila kita melirik contoh template maupun layout bawaan dari Blogger.com, maka semua variabel ini akan ditampilkan seutuhnya.

Kita bisa menyebut misalnya <$BlogDescription$> pada template, atau <data:description/> pada layout untuk memunculkan deskripsi blog. Penamaan variabel ini memang berbeda menyesuaikan dengan tipe "kulit" yang digunakan. Atau mudahnya, kita bisa mengamati dari file ekstensi dari penyedia layout atau template yang banyak kita temukan di google. File berekstensi .xml merujuk pada tipe layout, sedang sisanya (baik txt, doc maupun htm/html) biasanya diberikan untuk menyebut tipe template.

Kembali ke template atau layout bawaan blogger, maka kita dengan mudahnya akan menemukan bahwa semua variabel akan tetap digunakan mesti oleh pencipta yang berbeda. Ini seakan mengingatkan bahwa secara baku, smeua variabel tadi akan terbaca dan diterjemahkan menjadi nilai yang berbeda sesuai dengan yang kita isikan. Dalam contoh tadi misalnya, bila blog kita memiliki isi deskripsi sebagai : "blog tutorial yang tak perlu disangsikan lagi", maka nilai ini akan tetap dibaca sama meski kita menggunakan tipe layout atau template.

Masalahnya, ada diantara beberapa penyedia layout atau template yang tak menggunakan semua variabel ini sebagai bagian dari kode yang dibuatnya. Maka bila kita gunakan kode dari mereka kita akan kehilangan berbagai fitur yang bisa merugikan.

Cobalah tengok sebuah template Garfield dari blogskins.com. Dari pratinjau yang diberikan dalam situsnya, maka kita bisa mengamati ada beragam nilai variabel yang tak digunakan. Dari mulai profil, title blog, bahkan hingga judul postingan, dan barisan tautan yang biasa kita temukan dibagian kaki postingan. Semisal tautan komentar, jumlah komentar dan juga permanent link. Penciptanya hanya menyisakan nama penulis dan tanggal penulisan dibagian bawah postingan.

Terhitung pelit untuk sekedar menyebut sebagai sebuah template yang baku. Akibatnya pun bisa fatal, kita akan kehilangan sejumlah potensi pengunjung yang ingin mengomentari tulisan kita. Mungkin terlalu jauh bila hanya mengandalkan pengandaian (mungkin tak semua postingan kita berpotensi dikomentari pengunjung ya..). Namun 'kan kita masih punya postingan sebelumnya yang sudah dikomentari pengunjung lain. Sesaat setelah mengenakan template ini, pengunjung pun tak lagi bisa melihat komentar yang masuk sebelumnya. Hanya kita sebagai pemilik blog ini saja yang bisa melongoknya. Itupun hanya bisa kita lakukan ketika berada di dalam dasbor. Wah tentu merepotkan ya?

Untuk itu ada baiknya menguji sebuah template atau layout sebelum digunakan. Misalnya dengan memaksimalkan fitur Pratinjau di bagian Edit HTML. Bila kita ingin mencoba sebuah template/layout, coba salin di bagian edit HTML dan lakukan pratinjau. Dengan ini kita bisa melihat sejauh mana bagian dari blog kita yang masih bisa terlihat.

Atau bila kita tak ingin repot, kita juga bisa melakukan "studi banding" dengan mengintip tampilan contoh blog yang menggunakannya. Atau bila penyedianya tak melengkapinya dengan menautkan contoh blog yang terpasang template/layoutnya, beberapa blogger justru jatuh hati kepada sebuah tampilan saat mereka berkunjung ke blog lain. Kita bisa meminta salinan kodenya atau juga meminta referensi situs penyedianya.

Dengan demikian kita masih bisa menghidupkan tampilan blog dengan aman dan tanpa takut akan konsekwensi kekurangannya.


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

11 komentar:

  1. Mas, mau tanya, pada saat banyak blogger yang memakai 3 column template, kenapa mas herry memilih pakai yang 2 column template. Terima kasih .

    BalasHapus
  2. pro herru : kalo ketertarikan sih mau banget pake yang 3 kolom. akhirnya menggunakan 2 kolom karena pertimbangan teknis saja, sidebarnya kadang masih berat untuk dibuka. namun nanti akan menuju ke 3 kolom. makasih herru.

    BalasHapus
  3. om minta tolong dong....boleh ga?

    emang bener ya template yg kita download itu bisa expired? jadi ngerubah total tampilan yg dah kita buat ulang...

    blog saya yang http://diagnosa.blogspot.com

    tampilannya jadi aneh om...kira-kira kenapa ya?

    mhon pencerahannya...

    thanks
    om

    BalasHapus
  4. pro man : template yang diunduh tak kenal masa berlaku (kecuali metode atau variabelnya berubah), barusan mampir ke blog yang ditunjuk, keanehannya dmana ya?

    BalasHapus
  5. Anonim9:31 AM

    halo mas agushery, saya wasita dari Gmb mau membuat blog dan ini pertama kali saya membuat tapi saya mau menanyakan mengenai :
    bisakah blog saya menyimpan file file spt file dengan tipe.jpg .doc .pdf .mp3 .mpg/.mpeg tapi hanya bisa diakses dengan user/pasword yang saya perbolehkan. Dan berapa user yang bisa di handle oleh blog tersebut.
    Kalo bisa saya minta alamat blog untuk contohan saya yang ada file .jpg/.doc/.pdf/.mp3 yang bisa di download tapi pake user dan pasword dan yang tanpa pasword.
    Sebelumnya saya ucakan terima kasih banyak atas pencerahanya.
    wasita adinugraha
    email w_ashita_at_yahoo_dot_com

    BalasHapus
  6. Anonim1:07 PM

    Mas Agushery, artikel2 ta donlod ya. utk bahan belajar blogspot. trima kasih diberi kesempatan belajar. maju terus, terus maju!!!.

    BalasHapus
  7. silakan adeska, tak lupa berkunjung terus disini ya...sukses!

    BalasHapus
  8. Mas Agushery, bagai mana mengubah tampilan blog.thy

    susantoeffendi.blogspot.com

    BalasHapus
  9. coba misalnya masuk ke blogcrowds.com, nanti file yang di donlot untuk dipasang di blog akan diberikan pengarahan cara memasangnya.
    misalnya masuk ke dasbor, klik bagian tata letak, lalu masuk ke Edit HTML dan unggah file xml yang kita donlot sebelumnya.

    oh ya, ini berlaku untuk file dengan ekstensi .xml. sedangkan bila file berekstensi selain itu, bisa saja langsung copy paste di bagian edit html langsung.

    BalasHapus
  10. om saia mo tnya caranya caranya kasi layouts ke Blog gmn ya??saia dh nyoba kok g' sukses"???

    mohon bimbingannya^^ n thanks b4^^

    BalasHapus
  11. masih pake template ya? coba masuk ke Edit HTML lalu klik pilihan upgrade di bagian bawah, untuk menuju ke layout.

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer