Pengikut

Web : Blogbookmarks

Kita pasti tak asing dengan istilah bookmark. Saat kita menemukan sebuah blog atau situs yang menarik dan rindu untuk mengunjungi suatu saat nanti, secara motorik kita akan menggerakan mouse ke bagian pencatat bookmark yang ada di browser. Misal bila kita gunakan Mozilla Firefox maka akan ada menu Bookmarks dibagian paling atas, selajur dengan menu File, Edit dan kawan-kawannya.

Lalu apa kaitanya judul diatas dengan istilah ini? blogbookmark? apakah ini semacam alat bantu untuk merekam alamat sebuah blog?

Dugaan yang nyaris mendekati jawaban sesungguhnya. Pada dasarnya, bookmarks yang ini akan bertugas menyambungkan tautan bookmark dengan penyedia layanan yang terasosiasikan dengan logo dalam tautanya. Hm, mungkin terlalu teknis ungkapanya ya? begini saja :

Anggap kita sering berganti-ganti komputer saat melakukan blogwalking. Nah kemudian kita tertarik untuk menyimpan sebuah alamat blog yang sedang kita kunjungi untuk dipelajari lebih lanjut. Tentu akan menjadi percuma bila kita bookmark pada komputer yang ada di warnet. Padahal nantinya kita akan mengaksesnya di komputer kampus. Nah, blogbookmarks bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini. Sekali kita terhubung dengan misalnya Google Bookmarks, maka dimanapun selama kita masih bisa tersambung dengan internet, bookmark kita akan lebih mudah ditemukan.

Untuk itu ada baiknya pula bila kita melengkapi dengan jasa penyedia bookmarks yang tersebar di internet. Ada yang diantaranya harus menjadi anggota terlebih dahulu, ada pula yang bebas keangotaan. Untuk itu kita bisa menyediakan ikon yang masing-masing bisa dengan mudah menghubungkannya dengan bookmark yang digunakan oleh pembaca kita.

Agar tak repot untuk mencari penyedia blogbookmarks, ada baiknya pula kita gunakan layanan dari Oggix. Disitu dengan sekali instalasi, maka kita bisa mendapatkan kode yang dengan mudah akan menterjemahkanya menjadi ikon-ikon penyedia blogbookmark terkemuka. Sebut saja Google Bookmarks, del.icio.us, hingga Yahoo My Web.

Caranya adalah masuk log (log in) ke Oggix. Lalu tuju tautan InstalBlogBookmarks, kemudian salin kode yang didapat ke dalam blog kita. Kode ini bisa kita selipkan kedalam pengaturan > format > salin kodenya di Template Posting, lalu simpan. Maka ikon-ikon ini akan ikut terbawa disetiap akhir postingan. Tentu memudahkan pembaca yang ingin menyimpan alamat blog kita di bookmarks mereka kan?



oggix.com : Free Shoutbox & Complete Blog Tools


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

5 komentar:

  1. wah langsung meluncur ke TKP..trims mas.

    BalasHapus
  2. blog saya yg di luthfi.web.id dah ada logo imut2 itu
    langsung dr templetnya :p

    BalasHapus
  3. Anonim8:42 AM

    infonya sangat bermanfaat....

    wersolucky

    BalasHapus
  4. maksih ilmunya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2, makasih juga buat yg sudah komen di atas

      Hapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer