Pengikut

06 November 2007

Tips : When You Get Different Look of Your Post

Ketika kita yakin bahwa postingan kita telah diatur dengan rapi saat berada di editor postingan, setiap paragraf memiliki jeda yang cukup tegas, lalu kitapun dengan tenang menekan tombol Mempublikasikan Posting. Lalu saat yang mencengangkan itupun tiba, postingan kita tak menampakan batas paragraf dengan jelas. Semua postingan serasa lengket menjadi satu tanpa ada jeda baris kosong. Adakah yang salah dengan proses menulis postingan tadi?

Bila pertanyaan tadi membutuhkan jawaban, maka tentu bisa ditebak bahwa memang postingan kita bermasalah. Apa yang kita tulis di editor menjadi pemandangan yang berbeda dengan saat membuka postingan yang telah dipublikasi. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya?

Banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kejadian seperti diatas. Berikut beberapa tips yang bisa dicobakan :

1. Gunakan mode Compose saat berada di editor postingan. Seperti bisa kita lihat di bagian kanan atas diatas tulisan Pratinjau, akan tampil 2 tautan disana. Edit HTML dan Compose. Dengan mengaktifkan mode Compose maka mestinya kita akan mendapati hasil yang sama seperti saat kita mengaturnya di editor. Mode ini memperkenankan kita untuk mendapatkan sesuai dengan yang kita atur (WYSIWYG:What You See Is What You Get).

2. Hindari penyetelan huruf tebal, miring, blockquote atau paragraf tengah misalnya sebelum kita mengatur setiap paragraf dengan baik. Atur terlebih dahulu agar tiap paragraf berada di tempat yang benar sebelum kita melakukan penyuntingan kata, gambar dan lainnya. Ini berguna untuk menghindari konflik yang bisa muncul dengan munculnya kode-kode yang mungkin bertabrakan maksud. Mudahnya, kadang kita memblokir kata-kata yang sudah disunting namun kita juga melakukan penyuntingan lain untuk kata serupa yang sudah diedit sebelumnya. Kegiatan ini justru bisa memicu kontra produksi kode-kode HTML didalamnya.

3. Hindari peng-copy-an file dari dokumen non-HTML secara langsung ke editor posting. Semisal file word, wordpad bahkan notepad sekalipun. File-file diatas seringkali membawa kode-kode penyuntingan yang akan diperlakukan beda oleh browser. Beberapa file notepad yang kita anggap bersih sekalipun kadang menyertakan masalah karena mengaktifkan Format Word-wrap di dalamnya. Jadi bersihkan terlebih dahulu file tersebut diatas agar editor posting hanya menerima teks yang murni tanpa campur tangan editor lainnya.

4. Bila hendak mengaktifkan read more, dimana kita mesti menempelkan kode span class, maka lakukan setelah penyuntingan di mode Compose telah paripurna. Ini adalah langkah terakhir untuk menggunakan mode Edit HTML.

5. Optimalkan menu Pratinjau sebelum kita mempublikasikan postingan. Ini bisa menjadi tolak ukur sejauh mana postingan kita telah tunduk pada apa yang kita kehendaki.

Jadi, semoga postingan Anda rapi!

Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com