Pengikut

22 April 2008

Link Exchange and Link Farm

"ngomong-ngomong link teman-teman mas sebanyak gitu gak takut kena link farm ya mas....?"


Link farm? wah apalagi nih? istilah yang menggunakan kata-kata link, seperti link exchange pasti sudah tak asing lagi. Tapi bagaimana dengan link farm?

Merujuk pada pengertiannya, link farm adalah tindakan menciptakan website (termasuk blog) yang nyata-nyata dikukuhkan guna peruntukan mengumpulkan link. Link-link dari alamat-alamat situs tertentu tentunya. Dulu sih kegemaran mengumpulkan alamat-alamat situs yang berguna sering dilakukan dengan menyimpannya ke dalam file notepad. Untuk kemudian dibuka lagi saat browsing di internet. Belakangan setelah banyak sekali media online yang dengan instan bisa mempublikasikan catatan penting (termasuk kumpulan link tadi), akhirnya banyak yang terlena dengan keranjingan menggunakan blog sebagai tempat penyimpanan link. Tanpa disadari, tindakan demikian bisa disebut sebagai link farm.

Lalu berbahayakah link farm itu?

Coba kalau jawabannya berikut ini "Dengan indikasi link farm, pihak mesin pencari seperti Google akan dengan mudah menutup akses (banned) hasil pencariannya ke situs link farm tersebut". Ini mengingat link farm sangat mudah disalahgunakan sebagai upaya untuk mendongkrak ranking suatu situs/blog secara brutal (dengar istilah brutal saja sudah menyeramkan ya...).

Dengan demikian yang membaca tulisan ini setuju untuk menghindari tindakan berbahaya diatas. Lalu apakah ini berarti kita mesti menolak setiap ajakan untuk tukar link misalnya? tentunya tidak. Memasang link dan juga bertukar link juga masih sangat bermanfaat untuk menaikan ranking dan popularitas. Untuk itu, hal yang penting untuk dilakukan adalah memilah milah link mana saja yang baik untuk "kesehatan" blog kita. Link ke situs atau blog yang berkualitas dari segi popularitas tentu menjadi hal yang perlu dipertimbangkan nomer satu. Selanjutnya, bila memang usaha ini sepertinya menyenangkan buat pihak yang memiliki ranking lebih tinggi, kita boleh saja untuk bertukar link dengan alamat lain yang memiliki persamaan tema dengan yang kita kelola. Usaha ini memang bisa dibilang sulit bagi blog yang temanya campur-campur ya, tapi paling tidak kesamaan materi yang diusung bisa sangat membantu blog kita ikut terangkat di mesin pencari.

Ok, lalu kembali ke edittag, mengapa edittag berani memasang link banyak sekali (ada 300-an lebih loh!)? apa tak takut jadi link farm? ya jelas berabe kalo dicurigai sebagai link farm. Tapi kalau boleh beralasan positif, tukar link yang dilakukan edittag memang berharap agar link yang masuk bisa ikut ketularan nasibnya mendapatkan ranking yang lebih baik. Jadi semua link boleh dimasukan ke edittag? Oh tunggu dulu. Ini alasan selanjutnya : tak semua ajakan tukar link akan dimuluskan jalannya untuk ditampilkan di edittag. Alasan yang dikemukakan diatas menjadi alasan pokoknya. Meskipun memang link teman-teman disini berbeda tema, tapi tergolong masih "aman" untuk ditautkan. Jadi, yang sekiranya tak cocok, seperti mengandung pornografi, menyebarkan link download yang tak jelas sumbernya, akan ditinggali pesan "terima kasih untuk memberikan link ke edittag" di shoutboxnya, tanpa ada tindakan tukar link (Ups, maaf ya, moga bisa dimengerti). Lalu alasan selanjutnya, tampilan kumpulan link di edittag disajikan dalam bentuk frame. Ini adalah halaman pendukung yang "hidup secara terpisah". Artinya, kumpulan link tadi tak serta merta tergabung dalam indeks blog edittag, jadi masih "jauh panggang dari api" untuk dicurigai sebagai link farm.

Kesimpulanya? tak perlu takut dengan tukar link. Gunakan hak untuk menerima dan menolak. Tak perlu ragu karenanya. Senin siang kmarin saja edittag menerima permintaan untuk dilink dari seorang staff Adobe (yang rajin menyambangi negara-negara lain untuk presentasi flashlite) untuk dipasang di blog edittag lainnya. Nah, dari sini kita bisa lihat, usaha bertukar link juga sah dilakukan oleh siap saja, dan lumrah untuk kepentingan kemaslahatan sebuat situs/blog. Dan satu lagi, hindari link farm ya, kecuali memang tak peduli dengan mesin pencari.





Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com