Pengikut

Link Exchange and Link Farm

"ngomong-ngomong link teman-teman mas sebanyak gitu gak takut kena link farm ya mas....?"


Link farm? wah apalagi nih? istilah yang menggunakan kata-kata link, seperti link exchange pasti sudah tak asing lagi. Tapi bagaimana dengan link farm?

Merujuk pada pengertiannya, link farm adalah tindakan menciptakan website (termasuk blog) yang nyata-nyata dikukuhkan guna peruntukan mengumpulkan link. Link-link dari alamat-alamat situs tertentu tentunya. Dulu sih kegemaran mengumpulkan alamat-alamat situs yang berguna sering dilakukan dengan menyimpannya ke dalam file notepad. Untuk kemudian dibuka lagi saat browsing di internet. Belakangan setelah banyak sekali media online yang dengan instan bisa mempublikasikan catatan penting (termasuk kumpulan link tadi), akhirnya banyak yang terlena dengan keranjingan menggunakan blog sebagai tempat penyimpanan link. Tanpa disadari, tindakan demikian bisa disebut sebagai link farm.

Lalu berbahayakah link farm itu?

Coba kalau jawabannya berikut ini "Dengan indikasi link farm, pihak mesin pencari seperti Google akan dengan mudah menutup akses (banned) hasil pencariannya ke situs link farm tersebut". Ini mengingat link farm sangat mudah disalahgunakan sebagai upaya untuk mendongkrak ranking suatu situs/blog secara brutal (dengar istilah brutal saja sudah menyeramkan ya...).

Dengan demikian yang membaca tulisan ini setuju untuk menghindari tindakan berbahaya diatas. Lalu apakah ini berarti kita mesti menolak setiap ajakan untuk tukar link misalnya? tentunya tidak. Memasang link dan juga bertukar link juga masih sangat bermanfaat untuk menaikan ranking dan popularitas. Untuk itu, hal yang penting untuk dilakukan adalah memilah milah link mana saja yang baik untuk "kesehatan" blog kita. Link ke situs atau blog yang berkualitas dari segi popularitas tentu menjadi hal yang perlu dipertimbangkan nomer satu. Selanjutnya, bila memang usaha ini sepertinya menyenangkan buat pihak yang memiliki ranking lebih tinggi, kita boleh saja untuk bertukar link dengan alamat lain yang memiliki persamaan tema dengan yang kita kelola. Usaha ini memang bisa dibilang sulit bagi blog yang temanya campur-campur ya, tapi paling tidak kesamaan materi yang diusung bisa sangat membantu blog kita ikut terangkat di mesin pencari.

Ok, lalu kembali ke edittag, mengapa edittag berani memasang link banyak sekali (ada 300-an lebih loh!)? apa tak takut jadi link farm? ya jelas berabe kalo dicurigai sebagai link farm. Tapi kalau boleh beralasan positif, tukar link yang dilakukan edittag memang berharap agar link yang masuk bisa ikut ketularan nasibnya mendapatkan ranking yang lebih baik. Jadi semua link boleh dimasukan ke edittag? Oh tunggu dulu. Ini alasan selanjutnya : tak semua ajakan tukar link akan dimuluskan jalannya untuk ditampilkan di edittag. Alasan yang dikemukakan diatas menjadi alasan pokoknya. Meskipun memang link teman-teman disini berbeda tema, tapi tergolong masih "aman" untuk ditautkan. Jadi, yang sekiranya tak cocok, seperti mengandung pornografi, menyebarkan link download yang tak jelas sumbernya, akan ditinggali pesan "terima kasih untuk memberikan link ke edittag" di shoutboxnya, tanpa ada tindakan tukar link (Ups, maaf ya, moga bisa dimengerti). Lalu alasan selanjutnya, tampilan kumpulan link di edittag disajikan dalam bentuk frame. Ini adalah halaman pendukung yang "hidup secara terpisah". Artinya, kumpulan link tadi tak serta merta tergabung dalam indeks blog edittag, jadi masih "jauh panggang dari api" untuk dicurigai sebagai link farm.

Kesimpulanya? tak perlu takut dengan tukar link. Gunakan hak untuk menerima dan menolak. Tak perlu ragu karenanya. Senin siang kmarin saja edittag menerima permintaan untuk dilink dari seorang staff Adobe (yang rajin menyambangi negara-negara lain untuk presentasi flashlite) untuk dipasang di blog edittag lainnya. Nah, dari sini kita bisa lihat, usaha bertukar link juga sah dilakukan oleh siap saja, dan lumrah untuk kepentingan kemaslahatan sebuat situs/blog. Dan satu lagi, hindari link farm ya, kecuali memang tak peduli dengan mesin pencari.





Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

43 komentar:

  1. bang, saya pengguna baru blogspot. tolong dong kunjungi blog saya biar gampang kedeteksi google. oh ya aku ada masalah, awalnya saya bikin blog di multiply. terus saya bikin lagi di blogspot dg nama yg sama. celakanya kalo saya mau cari lewat google. yang muncul blog saya yg di multiply. yang di blogspot gak kedetek. gimana ya?

    BalasHapus
  2. oooo ... gitu ya kang. baru tau lho meity kalo punya link banyak gitu belum tentu dianggap bagus.

    nuhun buat sharingnya kang.

    btw, janjinya udah ditepati hari minggu kemaren dengan beli bukunya kang agus :D ... jadi kapan atuh jagung bakar rasa pedas + kejunya? ***menagih janji***

    BalasHapus
  3. baru tahu nih ada istilah link farm= kebun link hehehe, wah mas blog saya termasuk link farm gak yah. agak bingung nih, sebab kalau termasuk link farm saya akan hapus link linknya

    BalasHapus
  4. Setelah baca artikel ini jadi nambah pengetahuan bagi saya yg sedang berusaha untuk menjadikan blog saya menjadi lebih baik lagi dari sisi rangking dan pencarian di Search Engine/SEO. Tapi saya tetep masih bingung ngelola blog saya selain posting apalagi ya yg harus dilakukan terhadap blog saya agar banyak yg ngunjungi. Btw thx pisan

    BalasHapus
  5. ga perduli nih yang jelas kita blogger bukan webber hehehehe buat blog untuk nyari teman dan postingan gratisan hehehe.... link farm cape deee..... tapi kalo di banned ngeri juga yah mas :) kalau blog pemula seperti saya wellcome aja yang mau tukar link ayo semua tukar link lagi :)

    BalasHapus
  6. Link di letakkan dalam bentuk frame itu apa ya mas? Cara membuat nya bagaimana?

    BalasHapus
  7. wah terima kasih buat infona pak,wah sekarang ga berani deh banyak2 ngelink ,,takut disangkain link farm :D

    BalasHapus
  8. Anonim5:50 PM

    Aslkm.

    setuju Kang Agus..

    oiya Kang, sy Biaca ganti blog, kalo nggak keberatan di ganti dong linknya ke blog biaca yg baru..hehe

    thanks kang.

    BalasHapus
  9. Thanks mas buat infonya. Soalnya selama ini selalu nerima link terus.

    BalasHapus
  10. pro akumukita : masih bisa dipahami tuh, sebab lebih duluan blog di multiply daripada di blogspot bikinnya. nah artinya kemungkinan blog di mp lebih populer lebih besar, itu yang bikin mesin pencari juga lebih mudah menemukannya. untuk itu optimalisasi terus blog di bloggernya, bisa juga dgn tidak cross-posting agar lebih unik konten di bloggernya.

    pro meity : kmaren sabtu ditungguin loh, kan katanya pas maen ke bdg...gimana aacaranya disini?

    pro gopaan : kalo sudah tau peringatan begini kan jadi lebih hati2 kang :)

    pro aerge's : coba gabung dan temukan pembaca yang sesuai dengan mencari direkktori blog yang tepat, atau juga lirik mesin pencari untuk membantu mempopulerkan blognya nih..

    pro kesehatan gigi : ayo unjuk gigi dengan perbanyak link :D

    pro tony : coba cari artikle di edittag dengan keyword blogrolling.

    pro koolsonic : hehehe, berani menolak kan skarang :D

    pro guaja : akan segera diupdate bos...

    pro sani : memang blolg sani keren sih, pantesan banyak terima ajakan link :D

    BalasHapus
  11. nice blog http://www.luckybano.net

    BalasHapus
  12. jadi serba salah nih,.,. kbanyakan link dianggep link farm, klo nolak diajak tukeran takut dibilang pelit,.,.haduh2,.,. tp waspada aja deh,.,.hehe,.,.
    sukses teyus kang,.,.

    BalasHapus
  13. Tulisan yang bagus.. yang penting kita bisa memilah yang mana baik dan tidak untuk blog kita daripada harus medelete semua link teman karena itu bisa menyakitkan.

    BalasHapus
  14. Udah sering dengar yang beginian, tapi tetap aja sampai sekarang aku masih bingung tentang pastinya kriteria link farm. Untuk menaikkan PR kita butuh backlink, tapi kalo terlalu banyak kena link farm... pusing deh.. Tapi makasih kang artikelnya...

    BalasHapus
  15. pro khotib : benar apa kata bang napi : "waspadalah,,,waspadalah!" :D

    pro shaleh : alasan blogger yang shaleh tuh, untuk menghindari menyakiti pihak lain....

    pro yasrama : asas berhak untuk menolak link yang mungkin bisa merepotkan harus tetap dipertahankan kang.....

    BalasHapus
  16. masih simpang siur masalah link farm tentang seberapa banyak link yang dianggar link farm. Tapi menurut pendapat saya link farm hanya berakibat pada halam itu saja yang tidak bakal diindex oleh google, sedangkan postingan yang lain tetap diindex. Hal ini berdasakan pengalaman saya sewaktu melihat status index saya yang anda juga bisa lihat disini www. google.com/webmaster

    salam kenal dari http://mysriwijaya.blogspot.com

    BalasHapus
  17. berkunjung utk pertama kali nih mas..waduh,tips2nya membantu bgt..
    aq jg pgn di-link dog mas..

    http://michaelmajolivan.blogspot.com/

    BalasHapus
  18. hello...
    salam kenal mas agushery...

    saya blogger pemula nih..
    Tolong saran & bantuannya ya...

    Alamat saya di (http://universal-computer.blogspot.com)

    Thx

    BalasHapus
  19. saya pemula banget ni mas, mohon bantuan n' pencerahannya..
    saya mau mgedit template blog saya, gmana caranya yaa????? bingung nich soalnya nggak ada dasar bhs pemrograman:( tolong bantuannya
    alamat saya: adynesta.blogspot.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  20. uhmmm... dimata manusia jelas blm tentu ngaruh ato ngga, buat orang ngeclick ato ngeliat link kita yg 1 dari 300.

    nah terus ini make frame, klo make frame kemungkinan linknya juga bukan dari blog ini kan?

    BalasHapus
  21. ooo gitu to yang namanya link farm
    sempat bingung saya .
    info bagus mas tambah terus ya mas

    BalasHapus
  22. Anonim4:56 AM

    ooo begitu ya (baru ngeh maksud link farm itu bagaimana), kebetulan Evy lagi ikut kontes SEO, jadi kalau kita buat dalam bentuk "page" khusus di blog kita daftar link kita pak, trus dalam bentuk frame ga bakal dicurigai link farm ya? Soalnya link teman-teman kan banyak yang Evy taroh di blogroll. Kalau ga dalam frame, nyatu ama page, berarti bisa dicurigai dung yah? (penasaran mode on)

    Evyta alias hanan2jahid - http://evytaar.com

    BalasHapus
  23. Akan lebih baik begitu, namun kalo yang dimaksud itu di blog yang dikasih link dibawah komentar, jumlah blogrollnya masih dikit, belum bisa dicurigai sebagai link farm.

    Oh ya, sukses ya semoga di kontesnya!

    BalasHapus
  24. Mas.... saya mau tanya sedikit.

    Saya beberapa waktu lalu, menyediakan halaman khusus bagi teman-teman yang mau tukeran link. Wew, dua hari setelahnya, blog saya di banned. Walah.... heuheuheu.....

    Sebelumnya saya ga tau apa itu link farm sebelum baca tulisan mas yg ini, akhirnya.... Saya ingin sedikit mencontek yang mas lakukan.

    Gimana cara bikin daftar link, hingga 300-an, dan tak dianggap link farm.

    Frame itu apa dan gimana masangnya? Terima kasih banyak mas.....

    Atas jawabannya, saya akan sangat menghargainya. Semoga mas berkenan menanggapi.....

    BalasHapus
  25. selamat pagi mas...
    wah...terima kasih banget infonya mas...

    ^_^

    BalasHapus
  26. oia mas..kelupaan nanya...
    di blogger kan disediakan fasilitas untuk daftar blog tu...
    itu boleh ga' kita pasang alamat blog-blog yang sudah kita kunjungi mas...
    terima kasih sebelumnya

    ^_^

    BalasHapus
  27. kalo ada fasilitas untuk itu di blog artinya memang silakan saja digunakan, pastikan saja blognya memang tak melulu berisikan link.

    BalasHapus
  28. thanks infonya ya mas..
    jadi ketir2 nih... blogku masuk kategori link farm gak ya..
    tapi nyimpen blogroll nya caranya sama spt di blog ini kok.. dlm frame..

    BalasHapus
  29. aman ko tyas kalo gitu.

    BalasHapus
  30. Coba deh tukeran link sama saya...
    http://www.putrabintangtimur.com
    http//putrabintangtimur.blogspot.com
    http://www.sinkretek.webs.com
    Pokoknya berkaitan dengan ROKOK HERBAL & ROKOK KESEHATAN....

    BalasHapus
  31. wah takut dianggap link farm juga ya blog ane, makasih kang agus, tipsnya bermanfaat...biar gak brutal lagi, heu heu

    BalasHapus
  32. aku rasa tidak semua pengumpul link dianggap link farm contohnya saja www.tukeranlink.blogspot.com sudah memiliki ribuan link dipagenya malah menjadi page rank 4 dan terindex digoogle.

    mampir : http://antik-bendabertuah.blogspot.com

    BalasHapus
  33. menarik, konsistensi bisa jadi antara keyword, alamat dan update, eh terakhir posting 2009 ya?

    BalasHapus
  34. tips yg begitu baik sekali.keep posting..

    BalasHapus
  35. maksudnya apa ya mas, kalau di frame link tersebut tidak terbaca robot google? atau alias tidak terindex?
    mohon diperjelas yaa..?
    maklum rodo bingung nak pikir koyo ngono.
    http://onlinebusinessclick.blogspot.com

    BalasHapus
  36. smoga saja tidak dianggap link farm blog saya. masih newbie, pengen ngumpulin link, smoga tdiak salah jalan... hehehe

    BalasHapus
  37. informatif sekali postingannya.. gimana sekarang udah 2011, apa masih sesuai.. btw, tuker link yuk.. hehe.. thanks yah..

    BalasHapus
  38. Terimakasih atas ilmunya. Mantep nih buat memperdalam ilmu SEO saya.

    BalasHapus
  39. sharing yang bermanfaat. baru tahu kalo ada link farm. Kalo saya sih tahunya linkin farm, grup musik asal amrik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saingannya linkin park yah...:)

      Hapus
  40. teruskan posting yang ginian gan...menarik

    BalasHapus
  41. saya sangat tertarik dengan info2 yg dipaparkan blognya gan,..salam kenal, tolong liat2 blog saya donk di http://adhityangeblog9.blogspot.com

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer