Pengikut

Different Page Rank Result

Ada dua pertanyaan terkait permasalah pemberian nilai Page Rank dari pihak Google yang masuk ke kotak pesan blog ini.

Pertama adalah keheranan atas perbedaan nilai Page Rank yang ditemui pada plug in di Firefox dengan beberapa penyedia informasi status Page Rank di situs-situs terkemuka. Sedang sisanya adalah informasi mengenai hasil update terakhir yang dilakukan pihak Google. Bagian kedua inilah yang menjadi perhatian Edittag, karena sudah terlanjur ditulis pihak lain bahwasanya nilainya turun.

Beberapa blog memang mengalami penggantian peringkat. Ada yang naik, begitu juga sebaliknya. Semoga pula pembahasan selanjutnya bisa merangkum untuk menjawab dua permasalahan di atas.

Begini, sehari yang lalu, tanggal 29 April 2008, edittag tercatat masih memegang peringkat 6 oleh penyedia mypagerank.net. Sehari kemudian, nilainya tergerus menjadi 5. Tak segera yakin akan hal ini, edittag mencoba mengecek ulang di website lainnya. Hasilnya memang terdapat perbedaan yang nyata. Di Checkpagerank Net, edittag masih dianggap pantas untuk bertahan di posisi 6. Begitu juga dengan hasil yang diberikan oleh Googlepagerankchecker. Masih di angka 6. Membingungkan ya? pasti itu juga yang bisa dirasakan saat penunjuk angka di plug in Firefox mencuatkan nilai yang berlainan dengan informasi page rank yang menempel pada sebuah blog.

Lalu dari mana kita mesti mengambil keyakinan untuk menentukan nilai mana yang sahih? mengkonfirmasikan ke google langsung?
wah ini juga bukan perkara yang gampang. Mypagerank, Checkpagerank Net maupun Googlepagerankchecker sejatinya hanya bertindak sebagai agen penyebar informasi. Mereka hanya akan melakukan pengkinian nilai Page Rank bila mendapatkan kabar dari pihak google sendiri. Nah, dari sinilah para penyedia tadi sangat bergantung pada Google. Tak cukup dari situ, mereka juga mesti mengkinikan database informasi page rank di situs masing-masing. Disinilah letak perbedaanya. Jadi berangkat dari alasan ini, perbedaan pengkinian lah yang memicu hal ini terjadi.

Tentu ini juga tak akan cukup untuk membulatkan pikiran untuk sekedar menentukan informasi mana yang bisa kita pakai. Mau pakai hasil pembacaan dari Mypagerank atau checkpagerank net, atau juga penyedia lain yang mudah ditemukan di Google? Edittag pikir, ada baiknya tunggu beberapa hari untuk menyeragamkan nilai Page Rank di masing-masing situs. Ambil hitungan 6 minggu. Rata-rata dalam kurun waktu ini pengkinian database sudah tersebar secara merata.

Coba tengok informasi penanggalan yang diberlakukan oleh penyedia googlepagerankchecker. Di halaman muka, mereka menambahkan informasi pelengkap sebagai berikut :

News: Google PageRank Update has begun 30.04.2008.
Google PageRank Update finished-29.02.2008.
Google™ Pagerank™ Update finished. 12.01.2008


Ada tiga kata "Google PageRank Update" dalam tiga kalimat! Kok aneh ya, -sama menyebut "Google PageRank Update" namun hasilnya berbeda.

Pada kalimat pertama, merujuk pada kata 'begun' yang berarti kegiatan yang telah dilalui, ini berarti pihaknya telah mulai mencatat pergerakan nilai page rank di database internnya sejak 30 April 2008. Di bawahnya, adalah hasil pengkinian internnya telah selesai dilakukan pada tanggal 29 Februari 2008. Ini berarti mereka secara berkala melakukan pengamatan dan juga pengkinian status page rank. Dua hal yang sama-sama membutuhkan waktu. Ini yang (kembali lagi) menjadikannya alasan bahwa pemberian nilai bisa berarti berbeda di masing-masing penyedia. Sedangkan kalimat yang paling akhir, sepertinya sih merujuk pada hasil yang didapat dari mesin Google secara langsung. Coba cek pelabelan merek di belakang kata Google dan Pagerank.

Kesimpulan apa yang bisa diambil? pertama, kita tak perlu kaget saat melihat penurunan nilai page rank. Atau tak perlu segera potong tumpeng saat nilainya merambah naik. Segeralah melakukan cek silang ke penyedia lain. Bila pun masih beragam, tunggu hingga semuanya reda dengan secara serempak memunculkan nilai yang sama. Masih tak kunjung sama? pegang saja nilai yang paling tinggi, toh dengan bekal ini membuat kita tak segera berkecil hati. Page rank hanya sekedar angka, mengelola blog adalah perkara yang mestinya bisa dibawa dengan gembira. Page Rank kecil namun bisa memuaskan pengelolanya tentu akan lebih membanggakan. Menulis blog itu menyenangkan kan? :D







Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

27 komentar:

  1. Hhe... Pertama!! (Bangga)
    Blog saya mah tetep mas..

    BalasHapus
  2. tiap kali aku chek pakai mypagerank.net kang..aku lebih yakin hasil PR yang ini..update kali ini lumayan blog ku banyak yang dapat PR :)

    BalasHapus
  3. wah mas agus punyaku yang 0 sekarang uda 3 ney...thx atas semua bantuannya ya mas...

    BalasHapus
  4. Sempat bingung oleh hasil yang berbeda, dibeberapa tempat PR saya masih 0 tapi lebih banyak yang memberi nilai 2. Hah.. Akhirnya!

    Mau tanya neh mas Agus, kalo alamat blog yang diblogger pake custom domain, PRnya jadi 0 lagi ya?

    BalasHapus
  5. yup saat ini eagle juga mengalamai hal yang sama dengan akang.. di cek di checkpagerank.net posisi nya 4 tapi di blog posisinya masih 5 binggung kang... sama kayaknya masalah kita kang

    BalasHapus
  6. pro banibiasa : wah tetep? ndak ada masalah ya blognya..sukur...deh :)

    pro tony : wah panen dong kalo banyak nih...

    pro mick : sama-sama...

    pro putra eka : betul ka, bakalan balik lagi ke 0, memulai dr awal dengan alamat yg barunya...

    pro eagle : coba kita tunggu kabar di hari2 mendatang kang...

    BalasHapus
  7. Anonim4:22 AM

    @ putra eka:
    kl ngga salah, pake teknik redirect yg legal sesuai standar web sptnya bs pake nama domain sendiri tanpa membuang PR yg dah didpt..
    backlinks ama PR blog lama dialihkan ke nama domain yg baru..
    cmiiw ya

    BalasHapus
  8. Sekarang jadi 5 ya Mas. Tapi tak apa yang penting terus berkarya.

    BalasHapus
  9. wah.. PR-nya turun ya mas, kalau PR saya gak ada perubahan. PR ini memenag senjata bagi yang suka jualan Link dan paidreview, jadi harus selalu di kontrol

    BalasHapus
  10. @daniiswara.net thanks bos atas sarannya, tapi cara redirect yang legal itu gimana ya? Biasanya redirect domain gratisan pake co.cc, kaya gitu ya?

    BalasHapus
  11. Anonim6:17 PM

    @putra eka: dl nemu di google dgn kata kunci "how to redirect web" :)

    BalasHapus
  12. mas agus, gimana caranya bisa dapet pagerank tinggi

    salam
    http://mysriwijaya.blogspot.com

    BalasHapus
  13. lho bukannya yang penting kualitas content?

    BalasHapus
  14. Sekalian di buat post ttg penyebab turunnya PR dong mas. Makasih ya.

    BalasHapus
  15. percaya yang mana hayooo..??yang pasti jangan percaya pada anggota dewan dan para politisi.. mereka tukang ngibulin kawulo alit..

    BalasHapus
  16. Kalo punyaku naik drastis mas, dari Januari cuma 0 mulu, eh tiba-tiba akhir April kemaren jadi 4, wah senengnya..... Tapi takutnya cuma bertahan bentar aja.... besok "telor" lagi, hehe... Mungkin ini karena ikut member blogcatalog ama entrecard kale ya, emang datengin traffic tuh.....

    BalasHapus
  17. Anonim12:25 AM

    Wayah, berat, saya masi baru niii, pagerank iku panganan opo om dan buat apa ya ?

    Jamber

    BalasHapus
  18. pagerank itu makanannya mesin pencari,jadi bisa sangat menentukan posisi di hasil pencariannya google (untuk PR). jangan heran nantinya bila PR bagus bisa muncul di halaman muka hasil pencarian.
    gunanya tentu terkait dengan tingkat kepopuleran sebuah web/blog, kalo sudah gini,blog menjadi lebih efektif jangkauanya dan juga terbuka kesempatan untuk mendulang kesuksesan di ranah maya dalam urusan finansial misalnya.

    BalasHapus
  19. kalo menurut saya pagerank nggak penting. yang paling penting itu seberapa banyak pengunujung yang datang ke blog kita. Saya sering melihat page rank yang tinggi (diatas 5) tapi pengunjungnya sedikit. Pagerank saya cuma 0, tapi pengunjungnya minimal tiga ratus orang perhari dengan page vier 1.500 an.

    yang paling penting adalah blog tidak membahas satu materi aja, supaya pengunjung juga banyak dan bervariasi dari berbagai kalangan peminat.

    BalasHapus
  20. Anonim7:38 PM

    Mas Agus, maaf ya kl pertanyaan saya agak menyimpang dari judul posting.
    Begini, sebelumnya saya punya account adsense berbahasa Indonesia, bagaimana untuk menggantinya dengan bahasa inggris? Karena setelah aku baca di keterangan google tidak bisa membuat 2 account adsense dan di menu account adsense saya tidak ada konfigurasi perubahan bahasa?

    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  21. belum ada pilihan upgrade dari pihak adsense untuk mendapatkan produk yang lebih lengkap dari yang dimiliki saat ini. ini lebih kepada permasalahan produk yang masih terbatas untuk mereka yang mendapatkan akun dari mendaftarkan blog/web dengan konten bahasa indonesia.
    bila memang menunggu pengumuman resmi pihak adsense yang akan memberikan produk tambahan dirasa lama, cara praktisnya tentu dengan mendaftarkan akun baru. bisa dengan kombinasi nama dan alamat yang berbeda dengan sebelumnya.

    BalasHapus
  22. Anonim2:20 PM

    Saya udah coba daftar account bhs inggris. Alhamdulillah udah Approved

    Terima kasih atas infonya :)

    BalasHapus
  23. Anonim8:01 PM

    waduh susah juga ya menyeimbangi antara pagerank dan visitor...

    BalasHapus
  24. wah ane gak ngerti banget masalah PR..blog ane aja dari 1 naik 2 trust jd 0.sebenarnya pa sih bos..penyebab pr turun? thank

    BalasHapus
  25. Bila ada yang turun, pasti ada yang naik, begitu juga di PR. Ada banyak sih yang dirahasiaain (loh tau dari mana "banyak" kalo sifatnya rahasia ya? hehhehe), tapi untuk mudahnya, biasanya di logika seperti ini, google itu kan besar karena pencarian, sedang pencarian sangat tergantung dengan kata kunci, kata kunci itu juga bisa tergantung sama sesuatu yang happening, jumlah alamat web yang menyebut kata kunci tersebut, atau juga karena ada penyebab teknis lainnya.

    sudah ke 0? coba baikan lagi sama google :D

    BalasHapus
  26. nasib yg PR 1 malah terasa lbh menyedihkan,,
    dari 1 tahu2 0.,,,,
    rasanya kepingin di hidden dulu widgetnya mas agus,,hehe

    BalasHapus
  27. hidden aja dulu, biar ga malu :D

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer