Pengikut

01 Mei 2008

Different Page Rank Result

Ada dua pertanyaan terkait permasalah pemberian nilai Page Rank dari pihak Google yang masuk ke kotak pesan blog ini.

Pertama adalah keheranan atas perbedaan nilai Page Rank yang ditemui pada plug in di Firefox dengan beberapa penyedia informasi status Page Rank di situs-situs terkemuka. Sedang sisanya adalah informasi mengenai hasil update terakhir yang dilakukan pihak Google. Bagian kedua inilah yang menjadi perhatian Edittag, karena sudah terlanjur ditulis pihak lain bahwasanya nilainya turun.

Beberapa blog memang mengalami penggantian peringkat. Ada yang naik, begitu juga sebaliknya. Semoga pula pembahasan selanjutnya bisa merangkum untuk menjawab dua permasalahan di atas.

Begini, sehari yang lalu, tanggal 29 April 2008, edittag tercatat masih memegang peringkat 6 oleh penyedia mypagerank.net. Sehari kemudian, nilainya tergerus menjadi 5. Tak segera yakin akan hal ini, edittag mencoba mengecek ulang di website lainnya. Hasilnya memang terdapat perbedaan yang nyata. Di Checkpagerank Net, edittag masih dianggap pantas untuk bertahan di posisi 6. Begitu juga dengan hasil yang diberikan oleh Googlepagerankchecker. Masih di angka 6. Membingungkan ya? pasti itu juga yang bisa dirasakan saat penunjuk angka di plug in Firefox mencuatkan nilai yang berlainan dengan informasi page rank yang menempel pada sebuah blog.

Lalu dari mana kita mesti mengambil keyakinan untuk menentukan nilai mana yang sahih? mengkonfirmasikan ke google langsung?
wah ini juga bukan perkara yang gampang. Mypagerank, Checkpagerank Net maupun Googlepagerankchecker sejatinya hanya bertindak sebagai agen penyebar informasi. Mereka hanya akan melakukan pengkinian nilai Page Rank bila mendapatkan kabar dari pihak google sendiri. Nah, dari sinilah para penyedia tadi sangat bergantung pada Google. Tak cukup dari situ, mereka juga mesti mengkinikan database informasi page rank di situs masing-masing. Disinilah letak perbedaanya. Jadi berangkat dari alasan ini, perbedaan pengkinian lah yang memicu hal ini terjadi.

Tentu ini juga tak akan cukup untuk membulatkan pikiran untuk sekedar menentukan informasi mana yang bisa kita pakai. Mau pakai hasil pembacaan dari Mypagerank atau checkpagerank net, atau juga penyedia lain yang mudah ditemukan di Google? Edittag pikir, ada baiknya tunggu beberapa hari untuk menyeragamkan nilai Page Rank di masing-masing situs. Ambil hitungan 6 minggu. Rata-rata dalam kurun waktu ini pengkinian database sudah tersebar secara merata.

Coba tengok informasi penanggalan yang diberlakukan oleh penyedia googlepagerankchecker. Di halaman muka, mereka menambahkan informasi pelengkap sebagai berikut :

News: Google PageRank Update has begun 30.04.2008.
Google PageRank Update finished-29.02.2008.
Google™ Pagerank™ Update finished. 12.01.2008


Ada tiga kata "Google PageRank Update" dalam tiga kalimat! Kok aneh ya, -sama menyebut "Google PageRank Update" namun hasilnya berbeda.

Pada kalimat pertama, merujuk pada kata 'begun' yang berarti kegiatan yang telah dilalui, ini berarti pihaknya telah mulai mencatat pergerakan nilai page rank di database internnya sejak 30 April 2008. Di bawahnya, adalah hasil pengkinian internnya telah selesai dilakukan pada tanggal 29 Februari 2008. Ini berarti mereka secara berkala melakukan pengamatan dan juga pengkinian status page rank. Dua hal yang sama-sama membutuhkan waktu. Ini yang (kembali lagi) menjadikannya alasan bahwa pemberian nilai bisa berarti berbeda di masing-masing penyedia. Sedangkan kalimat yang paling akhir, sepertinya sih merujuk pada hasil yang didapat dari mesin Google secara langsung. Coba cek pelabelan merek di belakang kata Google dan Pagerank.

Kesimpulan apa yang bisa diambil? pertama, kita tak perlu kaget saat melihat penurunan nilai page rank. Atau tak perlu segera potong tumpeng saat nilainya merambah naik. Segeralah melakukan cek silang ke penyedia lain. Bila pun masih beragam, tunggu hingga semuanya reda dengan secara serempak memunculkan nilai yang sama. Masih tak kunjung sama? pegang saja nilai yang paling tinggi, toh dengan bekal ini membuat kita tak segera berkecil hati. Page rank hanya sekedar angka, mengelola blog adalah perkara yang mestinya bisa dibawa dengan gembira. Page Rank kecil namun bisa memuaskan pengelolanya tentu akan lebih membanggakan. Menulis blog itu menyenangkan kan? :D







Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com