Pengikut

Adsense Plugins for Wordpress

Bicara mengenai isu memang tak ada habisnya. Terlebih bila mencatut nama Google Adsense di dalamnya. Misalkan saja isu mengenai dukungan penyedia blog Wordpress.com terkait munculnya iklan Adsense di dalamnya.

Pastinya pemberitahuan berikut bisa saja membuat penggunanya meringis. Hingga tulisan ini dibuat, pihak pengembang belum secara resmi mendukung keberadaan iklan dari Google Adsense kepada setiap angggotanya. Mengenai kemunculan iklan Adsense pada beberapa blog di wordpress.com, ini ditengarai sebagai uji coba semata. Pihak pengembangnya melalui pemberitahuan resminya, menegaskan akan isu ini.

Masih diambil dari sumber yang sama, pihaknya tak menutup kemungkinan akan ada dukungan pada iklan Adsense di kelak kemudian hari. Tentunya, diperlukan kegiatan mengupgrade keanggotaanya agar mereka bisa mengaktifkan fitur ini.

Fitur ini sebenarnya sudah disediakan melalui plugin yang bisa dipasangkan di mesin wordpress. Adalah plugin yang diberi aran MightyAdsense 4.1 yang dirilis oleh mightyhitter. Bila plugin ini sudah terinstall dalam direktori wp-content/plugins, kita bisa saja diberi opsi untuk mengatur penampilan iklan adsense di blog yang dikelola. Sayangnya untuk menginstall plugin ini akan lebih mudah dilakukan untuk mereka yang memiliki hosting sendiri.

Lalu bagaimana untuk mereka yang menggantungkan kegiatan bloggingnya dengan fasilitas gratisan?
yang biasanya menyediakan hosting dalam satu paketnya minus dukungan mengakses direktori wp-content/plugins?

Ini juga sulit dilakukan. Sebut saja penyedia lain (tak berbayar) yang juga menggunakan tenaga wordpress untuk menjalankan layanan blognya : blogsome. Di blogsome kita tak akan menemui plugins ini. Lalu bagaimana dengan penyedia lokal? dagdigdug misalnya. Masih setali tiga uang dengan blogsome, mereka juga tak menyediakan plugins ini di dalamnya. Tapi tunggu, ada satu layanan lokal yang kini langsung muncul dengan dukungan plugin ini.

Indoweblog namanya. Beralamat di http://www.indoweblog.com, bagi anggotanya yang memiliki blog dengan format http://(namablog).indoweblog.com, bisa menemui plugin ini dibagian Manage - Plugins. Gulung ke bawah untuk melihat semua plugin yang tersedia, niscaya di bagian tengah bisa kita temui teks bertuliskan "MightyAdsense 4.1". Dengan deskripsi "Keep your adsense code & output it in posts", kita akan menemui pilihan untuk mengaktifkan akun Adsense. Jadi jangan heran bila saat memilih theme di layanan ini, beberapa theme telah menyertakan kode iklan adsense di dalamnya. Tentunya iklan adsense yang ada di sini adalah kode adsense dengan kepemilikan akun milik pencipta themenya. Untuk menggantinya, kita memerlukan nomer ID akun adsense, dan menyetelnya di bagian Presentation - Widget. Tarik widgets Google Adsense ke bagian Sidebar, lalu klik sekali widget yang baru saja ditambahkan untuk membuka jendela penyetelan ID Google Adsense.

Wah, makin banyak blog yang bisa dioptimalkan untuk meraup dollar dari Adsense dong ya?


14 komentar:

  1. terima kasih mas..
    informasi yg sangat berharga sekali..

    BalasHapus
  2. sama - sama, nama virtue mengingatkan akan produk HP premium nih :)

    BalasHapus
  3. Salam kenal Mas..
    saya seorang pemula
    beberapa waktu yang lalu saya beli buku mas yang berjudul "meraup dollar lewat blog". dan tertarik dengan bisnis ini.kemudian saya coba bikin blog di wordpress.com dan saya daftarkan ke google adsense. kemudian aplikasi google adsense saya di setujui.tapi kemudian saya dapat kesulitan menerapkan kode adsense ke blog saya.
    tolong minta solusinya dong mas.

    BalasHapus
  4. salam kenal Deni,
    Makasih pembelian bukunya.
    Mau pasang di blog yang wordpress.com ya? pastinya akan kesulitan nih, wp.com ga mengijinkan kita pasang kode adsense.
    Knapa tidak pasang di blog yang blogspotnya, sudah punya akun di blogspot kan?
    untuk pemasangan di blogspot gunakan saja gadget -adsense atau html/javascripts.

    BalasHapus
  5. Mas mau tanya lagi nih...
    akun google adsense yang udah di setujui itu bisa ga di gunain di blog saya yang di blogspot?
    kalo ga bisa gimana cara menghapus/membatalkan akun google adsense nya, soalnya saya mau mengajukan lagi pake blog yang di blogspot

    BalasHapus
  6. bisa, jadi silakan pasang di blogspotnya. tanpa perlu mendaftarkan blognya atau mendaftar akun adsense lagi. ini legal ko.

    BalasHapus
  7. Hatur Nuhun.. mas Agus

    BalasHapus
  8. Loh jadi utk pasang adsense di engine wordpress gmn mas? Saya hosting sndiri... Mohon pencerahannya bagi sesama warga bandung, hohoho.. :D


    - s L i K e R s -

    BalasHapus
  9. Coba masuk ke dasbordnya, klik design, lalu klik widgets, lalu tambahkan widget berjenis Text. Di bagian ini paste aja kode yang di dapat dari akun adsensenya.
    Pake wp versi berapa?

    BalasHapus
  10. untuk optimasi seo nya susah / gampang mas pake indoweblog ?

    BalasHapus
  11. SEO untuk wp memang lebih mudah, jadi sangat memungkinkan pengoptimalannya.

    BalasHapus
  12. Anonim11:38 PM

    pake aja hosting yang gratis kayak di 000webhost atau di 000space dan install wp disitu, pasti iklanya muncul

    BalasHapus
  13. Thank's yah infonya mantap banget nih

    BalasHapus
  14. mau nanya kang, kalau plugin yang aman untuk adsense apa ya? saya pernah baca bahwa salah satu plugin yang digunakan untuk adsense, tampilnya bukan PUB kita...? mohon saranya

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer