Pengikut

Love and Passion In Blogging

Meski tak sempat ketemu dengan Pak Darto seperti janji sebelumnya, penggantinya tak kalah seru. Arahan obrolan pun beralih. Tak lagi membicarakan tentang scam, yang dilirik adalah fanatisme bola!

Loh ko jauh ya? harus dong, karena memang kali ini yang diajak ngobrol di BTC adalah fans Persib sejati. Bobotoh, begitu biasa kita mengenalnya. Semangatnya terlihat jelas di baju yang dikenakannya malam itu. Penuh tulisan Persib Bandung. Lantas bagaimana dengan semangatnya dalam ngeblog?

Boleh percaya boleh tidak. Dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan, Pak Rendy ini sudah berani mengelola 2 blog. Angka segitu mungkin tak begitu fantastis ya dibanding blogger pemula lainnya. Namun bila melongok kegitan keseharian, boleh jadi ini adalah isyarat keseriusannya di dunia yang baru digeluti.

Yakni mampu mendapatkan persetujuan dari Google Adsense hanya dalam waktu 2 jam (waktu tercepat yang pernah ditemui edittag), dan pengumpulan dollar di Adsense senilai $5 dalam waktu kurang dari sebulan. Masih menilai itu poin yang rendah? mungkin yang merasakan hal ini adalah yang pernah melakukan click fraud di blog sendiri :). Menurut pengakuannya, hal ini sangat dipahami benar akan merugikan nasib akun di Adsense (terima kasih untuk buku edittag yang mengingatkan hal ini,hehheehe). Belum lagi, biasanya para pemula Adsense masih gelisah bagaimana memecahkan "telur" agar bisa mandapat nilai klik dari pengunjungnya. Mau tahu triknya?

Pendekatan tema yang terbilang "provokatif" untuk mendapat perhatian simpatisan kelompok tertentu. Jangan buru-buru berpikir tema yang klasik : download lagu gratis, foto bugil atau video murahan. Tak mesti berpikir demikian untuk bisa secara instan mendapatkan pengunjung bejibun. Langkah yang beliau pikirkan sangat sederhana.

Menulis tentang bola. Persib, untuk singkatnya. Tahukah alasan memilih tema ini? jelas karena beliau memahami benar tentang persib. Ini adalah alasan "pintar" untuk membuat kegiatan menulis blognya bergairah. Menulis dengan cinta tentu akan beda hasilnya dengan menulis karena terpaksa. Alasan kedua (dan ini terbilang fantastis): pemilihan sepakbola adalah karena kepercayaan bahwa bola adalah salah satu hal di dunia yang memiliki fanatisme tinggi. Coba lihat sebelah kanan kiri kita, siapa yang tak mengenal Manchester Uniter, Chelsea, atau Arsenal. Demi bisa menonton liga Inggris sekalipun di Indonesia, beberapa diantaranya rela beralih TV kabel. Benar kan?

Jadi jangan remehkan sepabola bung, termasuk untuk urusan ngeblog. Lalu apakah ini menjadi jaminan akan mendapat reaksi pengunjung yang positif? tentu. Tapi bukan di sepakbolanya, tapi dalam gairahnya. Kita bisa merasakannya saat kita menikmati tulisan dari penulis yang begitu menyenangi apa yang ditulisnya. Bila digabung dengan fanatisme? tentu bisa jadi catatan yang patut diperhatikan.

Ingin berbagi kisah dalam menulis blog? atau mendengar kisah rekan blog dalam mengelola blognya? atau ingin belajar blog dari sesama blogger bandung? makanya mampir ke BTC ya :D



11 komentar:

  1. trimakasih infonya soal bisnis e-commerce ini ya..
    soalnya slama ini bbrp x dpt ajakan ikutan,tapi ga ngerti :)

    BalasHapus
  2. awalnya juga kan karena tau ilmunya dikit dikit....lama-lama juga mudah ko dipahami....makasih komentarnya ya!

    BalasHapus
  3. masih bingung dengan tema buat bikin blog e-commerce, hehe

    ngomong2 aku udah beli domain di Andalan om, dan sesuai anjuran om, meskipun aku bukan cowok komersil tapi ga apalah beli dotcom, hehehe

    BalasHapus
  4. mas edit idolanya persib, bunda persiba...(halah..la wong tinggal disana ya mesti dukung..)

    BalasHapus
  5. Anonim7:22 PM

    bener kang hrs dgn cinta btw klo bola memang banyak fansnya jadi kemungkinan blognya ramai besar terbuka

    BalasHapus
  6. hehehehe... salam kenal
    ternyata ada yang baca.

    bener yah blog bisa dijadikan tempat mendulang rezeki. semoga makin sukses aja deh...

    sama-sama di bandung nih :D

    BalasHapus
  7. hi dien...
    betul tuh, jadi ada motivasi tambahan untuk mengelola blog...
    salam kenal juga ya...

    BalasHapus
  8. Anonim4:03 PM

    Blog saya juga tentang bolah loh, hehe

    BalasHapus
  9. Anonim3:01 PM

    awal buat blog membosankan ,namun setelah baca artikel di edittag aku jadi dapat banyak artikel terutama tentang mengedit blog.bagaimana cara mengubah blog supaya bisa jadi blog komersil

    BalasHapus
  10. makin keren aja mas agus ini,,,btw link saya (A-to-Z) diganti dung mas pliz...*ngarep*

    BalasHapus
  11. oh linknya ganti kmana?

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer