Pengikut

25 Agustus 2008

Google :Hidden Search Result

Bagi yang memperhatikannya, memulai blog memang lebih mudah daripada mengelolanya. Saat memulai sekalipun,tak sedikit yang sudah merasa khawatir. Apakah blognya akan terbaca (beda dengan dibaca) orang lain,atau hanya sekedar numpang nulis lalu dinikmati sendiri.Hm,pasti membosankan tentunya bila yang membaca blog juga sekaligus penulis blognya :)

Nah, dari sini disadari bahwa, blog juga perlu publikasi. Malah kadang heran juga membaca reaksi sang pemiliki blog yang terheran-heran ketika salah satu postingnya dikomentari pembaca : "Loh ko bisa tahu alamatku sih?" Sepertinya menguatkan kesan bahwa blognya memang tak semestinya dikunjungi :).

Mending bila memang ditujukan untuk konsumsi pribadi,mending gunakan privat blog ya? paling tidak kalaupun tulisan ingin dibaca, kita bisa mengajak teman yang sudah dikenal untuk berpartisipasi.

Namun jelas,motivasi blog privat dianggap angin lalu di blogosphere. Tak ada yang bangga melakukannya secara terang-terangan. Selain karena ini berlawanan arus dengan teknologi web 2.0 yang diusung platform blog, jelas dari segi manfaat,akan lebih banyak hal yang terlewatkan. Dari mulai semangat kebersamaan, semangat berbagi informasi hingga mendulang kenikmatan dari program berbayar. Intinya, eksistensi sosial bisa terpenuhi dengan ngeblog "normal".

Bila sepakat demikian,maka usaha diatas akan lebih berhasil bila blog kita terindeks di Google. Menambahkan alamat blog di direktori Google bisa jadi salah satu jembatannya. Usaha ini juga perlu diimbangi dengan mencatatkan alamat blog kita di web atau blog yang banyak terindeks oleh Google. Maka disarankan pula untuk sering mendekati blog yang relatif lebih besar nilai Page Rank atau juga postingan yang sering diupdate. Biasanya blog dengan nilai PR mulai dari 4 akan lebih sering terindek ke Google.

Cukup bubuhkan alamat kita disana melalui pengisian komentar. Tak perlu repot-repot dengan memberikan link di alamat blog yang kita sisipkan. Beberapa blog modern kini menggunakan rel no-follow di layanannya. Jadi intinya adalah untuk meninggalkan jejak agar teks yang bertuliskan alamat blog kita juga bisa dilahap oleh mesin bot Google.

Tidak lupa untuk melakukan pengecekan dengan melakukan pencarian secara langsung ke mesin pencari Google. Gunakan nama blog kita sebagai kata kuncinya. Bila masih belum menemukan hasil yang memuaskan,coba tilik teks paling bawah di halaman hasil pencarian. Adakah tulisan seperti :
"Supaya hasil yang terlihat benar-benar relevan, kami telah menyingkirkan beberapa entri yang sangat mirip dengan 3 hasil temuan yang sudah ditampilkan.
Jika diinginkan, silakan ulangi pencarian dengan mengikutsertakan hasil temuan yang tadinya disingkirkan."
muncul.

Seperti gambar berikut :


Sebab bisa jadi halaman blog kita terselip diantara hasil pencarian Google. Mungkin karena kesamaan teks atau isi blognya dengan konten blog lain yang mengakibatkan Google hanya menampilkan hasil dari halaman yang serupa. Bila memang ada tulisa seperti diatas,cobalah klik untuk memunculkan semuanya. Terkadang hasilnya memang menggembirakan, alamat blog kita dibaca leh Google dengan lebih baik,dan sekali kita membuka hasil tersembunyinya,maka secara otomatis hasil pencarian ini juga akan terbuka selanjutnya di hasil pencarian dari komputer lain akan kata kunci yang serupa.Jadi, jangan remehkan link sederhana ini ya...