Pengikut

23 Oktober 2008

Ketika Kecurigaan Klik di Google Adsense Timbul

Makin lama bergelut dengan Google Adsense, makin memunculkan kesadaran (atau kecurigaan) bahwa bisa saja akun Adsense di blokir tiba-tiba oleh suatu keadaan yang tak kita sadari sebelumnya.

Okelah kita sudah benar faham, bahwa mengklik iklan adsense milik sendiri adalah "DOSA BESAR". Dan telah nyata-nyata bisa berimbas buruk pada kesehatan akun Adsense. Lalu bagaimana bila yang mengklik secara rutin adalah orang di luar sana?

Mungkin kita sadar akan kondisi kesehatan akun adsense milik sendiri. Kita pasang kodenya dengan cara yang benar, tanpa ada permintaan untuk mengklik misalnya. Atau juga dengan tidak menambahkan kode tambahan yang juga dijadikan larangan paling sering dilanggar oleh publisher yang ingin memunculkan iklan di blog berbahasa Indonesia.

Lalu bila tiba-tiba akun adsense ditutup oleh sepihak oleh Google, kecurigaan yang paling sering disebutkan adalah adanya "klik serangan dari pihak lain". Maksudnya adalah kemungkinan ada orang jahat yang merugikan tindak tanduk dengan kegiatan kliknya. Tentu pihak Google juga curiga dong bila ada klik yang "aneh" di suatu akun Adsense.

Untuk itu, amankan hal tersebut dengan membuatnya melakukan tindakan preventif berikut :

1. Senantiasa memonitor log, stats (baik di blog maupun di akun Adsense).
Dengan tindakan ini, kita bisa melihat sejauh mana kegiatan lalu lintas blog, jumlah pageview, jumlah klik rata-rata dan memonitor apakah ada usaha klik yang aneh di akun blog kita.

2. Aktifkan channel.
Seiring dengan usaha di atas, maka penggunaan channel juga efektif untuk melihat kesehatan kegiatan klik pada lokasi-lokasi yang telah kita identifikasikan posisinya pada blog.

3. Berhati-hatilah bila kita menggunakan IP di jaringan yang sama.
Ini yang sering kurang diperhatikan. Mengingat banyak yang menggunakan jaringan internet dengan alamat IP yang sama, terkadang kita kurang memperhatikan kejadian yang dilakukan oleh pengguna dalam jaringan yang sama.

4. Jangan asal pasang di sembarang blog.
Hindari pemasangan kode Adsense di blog yang mengandung konten negatif. Misalnya konten bokep, judi, atau juga download materi/file yang kemungkinan ada pelanggaran kekayaan intelektual.

5. Bila ada klik yang dicurigai, segera kabarkan ke Google Adsense dengan menghubunginya melalui :

https://www.google.com/adsense/support/bin/request.py?contact=invalid_clicks_contact

Jadilah Advertiser yang senantiasa mawas diri ya :)